Memilih Cat Kayu Yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor

495
Memilih Cat Kayu Yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor

Entah itu di dalam atau di luar ruangan, lapisan cat yang baru dapat sangat meningkatkan penampilan rumah Anda. Namun, memilih warna yang tepat tidak semua yang harus Anda pertimbangkan – Anda perlu memilih jenis cat yang tepat untuk mencapai hasil jangka panjang. Luangkan waktu untuk mempelajari sedikit tentang cat sebelum Anda terjun ke pekerjaan.

Memilih Cat Kayu Yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor
Seorang pria sedang melihat pilihanw arna di dinding sambil memegang kuas.

Jika Anda ingin pekerjaan Anda bertahan, belilah cat kualitas tertinggi yang mampu Anda beli. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah jika Anda secara rutin mengubah warna setiap tahun atau berencana untuk pindah dalam enam bulan. Juga, kecuali Anda hanya menyegarkan area yang Anda lukis dalam satu atau dua tahun terakhir, Anda harus mempertimbangkan cat dan primer all-in-one. Meskipun sedikit lebih mahal per galon daripada cat biasa, Anda menghemat waktu dan uang dengan tidak mengaplikasikan cat dasar dan cat secara terpisah.

Memilih Cat Dalam Ruangan

CS Biovarnish

Cat hadir dalam berbagai sentuhan akhir termasuk flat, satin atau kilau rendah, gloss, dan semi-gloss. Cat datar menyembunyikan ketidaksempurnaan dengan baik, tetapi sulit dibersihkan. Flat paint sering digunakan untuk langit-langit, karena mereka biasanya tidak perlu dibersihkan secara ekstensif.

Satins adalah pilihan terbaik untuk sebagian besar kamar di rumah Anda. Jenis kilau yang lebih rendah memang menyembunyikan ketidaksempurnaan, tetapi mungkin membutuhkan pembersihan rutin. Untuk area lalu lintas tinggi, carilah cat satin dengan fitur tambahan untuk membersihkan atau mengurangi pewarnaan. Cat ini sering menyatakan bahwa mereka dirancang untuk area anak-anak.

Cat high gloss sering digunakan untuk pekerjaan trim. Namun, jika Anda ingin mempertahankan tingkat kemilau seragam dalam seluruh proyek pengecatan Anda, memiliki dinding yang rata dan trim gloss tinggi mungkin tidak cocok untuk Anda. Perhatikan bahwa papan alas harus memiliki cat semut yang digunakan karena area ini dapat disalahgunakan.

Cat semi-gloss biasanya digunakan di area dapur dan kamar mandi. Selesai ini menawarkan permukaan yang tahan untuk menahan penggosokan berulang. Sementara tingkat kilap yang lebih tinggi akan menunjukkan ketidaksempurnaan permukaan, cat menawarkan daya tahan lebih.

Cat berbasis air adalah pilihan yang cocok untuk aplikasi interior. Cat enamel berbasis minyak lebih sulit dibersihkan daripada berbasis air dan tidak menawarkan daya tahan. Ketika mencari cat minyak berbasis-air berbasis-minyak, cari juga label yang menyatakan senyawa organik rendah atau tidak stabil (VOC), yang melepaskan bahan kimia saat cat mengering yang bisa berbahaya.

Memilih Cat Luar Ruangan

Ketika memilih cat eksterior, Anda harus mempertimbangkan lingkungan Anda dan material eksterior yang Anda lukis: kayu, logam, atau batu. Lapisan primer diperlukan untuk setiap permukaan telanjang termasuk kayu. Anda akan memiliki pilihan yang sama dalam finishing sebagai cat interior termasuk gloss, semi-gloss, dan datar.

Cat berbasis minyak atau air dapat digunakan untuk aplikasi eksterior. Cat alkyd berbasis minyak menawarkan daya rekat yang kuat dan keausan panjang dengan hasil akhir yang halus. Cat berbasis air adalah lateks atau akrilik. Ini cepat kering dan tahan warna lebih lama dari pangkalan minyak. Perlu diingat bahwa Anda dapat menerapkan cat berbasis air di atas dasar minyak asli, tetapi Anda harus menerapkan sealer terlebih dahulu. Saat menutupi cat yang ada, jangan mengaplikasikan cat berbasis minyak di atas cat berbasis air.

Memilih Cat Kayu Yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor
Peralatan mengecat dari roll, kuas serta color swatch.

Secara umum, cat berbasis minyak adalah pilihan yang tepat untuk sebagian besar bahan logam. Jenis lateks lebih baik untuk beton dan batu. Untuk memihak, Anda dapat menggunakan salah satu jenis. Pastikan untuk mencocokkan pilihan Anda dengan kondisi cuaca normal Anda. Cat dapat diformulasikan untuk menahan kelembaban ekstra, dingin, matahari, atau panas. Untuk menghindari terik, pastikan kondisi cuaca tepat sebelum Anda mulai melukis.

Luangkan Waktu untuk Persiapan

Ingat bahwa persiapan sangat penting untuk mendapatkan hasil terbaik. Mencuci area apa pun yang ingin Anda cat akan memberikan tampilan akhir yang lebih baik. Perbaiki kerusakan dinding dan biarkan perbaikan mengering sebelum melukis. Hapus sebanyak mungkin furnitur dan lekatkan area di mana Anda tidak ingin melukis. Untuk pekerjaan eksterior, bersihkan cat yang berkarat atau mengelupas sebelum memulai.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here