Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor

111
Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor

Apa yang Anda bayangkan ketika membicarakan tentang furniture ourdoor? Furniture outdoor yang banyak dijumpai saat ini serat elastis atau plastik, namun sayangnya bahan furniture tersebut tidak bisa bertahan lama terutama jika terpapar sinar matahari setiap hari maupun air hujan. Bahkan tampilannya pun juga cepat memudar ketika terpapar matahari setiap hari.

Sedangkan untuk bahan furniture outdoor yang lebih tahan lama adalah kayu. Namun tidak semua jenis kayu memiliki ketahanan dan keawetan yang baik sehingga dibutuhkan jenis kayu tertentu agar furniture bagian outdoor. Karena pada pasalnya, furniture outdoor adalah furniture yang selalu terpapar sinar matahari maupun hujan sehingga sangat rawan terhadap serangan jamur dan serangga.

Melihat faktor diatas, tentunya membutuhkan kayu yang kuat dan tahan cuaca yakni kayu jati atau kayu sonokeling. Kedua jenis kayu ini cukup berbeda jika dilihat dari tampilan, namun keduanya sangat baik jika digunakan untuk furniture outdoor. Terlebih, material alam ini memberikan kesan yang apik dan natural. Tampilan natural ini sangat cocok untuk furniure outdoor karena menyatu dengan lingkungan.

CS Biovarnish

Lantas, untuk memaksimalkan tampilan natural tersebut pasti memerlukan tahan finishing atau pengecatan. Hal ini bertujuan tidak hanya mempercantik tampilan saja melainkan juga melindungi kayu dari cuaca, jamur maupun serangga. Maka dari itu, pemilihan cat harus memiliki proteksi yang cukup tinggi mengingat furniture yang digunakan adalah furniture outdoor.

Tips Memilih Cat Yang Tepat

Lapisan cat pada furniture akan sangat membantu menjaga furniture tersebut dari paparan sinar matahari maupun hujan. Dengan lapisan cat, membuat  tampilan furniture tampak lebih tajam dan menarik maka dari itu proses finishing tidak bisa lepas pada furniture.

Namun, cat yang digunakan pada furniture pada umumnya berbeda-beda berdasarkan kegunaannya. Jika membahas furniture oudoor maka cat yang harus digunakan memiliki karakter tahan cuaca agar furniture tersebut tidak mudah memudar dan menjaga kelembaban kayu.

Berikut tips untuk memilih cat yang benar:

  • Ukuran Furniture

Sebelum memilih cat, kita harus mengetahui ukuran furniture. Langkah ini sangat penting dalam memilih cat karena dengan mengetahui ukuran furniture maka kita akan tahu seberapa banyak cat yang kia butuhkan. Biasanya satu kaleng cat bisa digunakan untuk 8 hingga 12 meter.

  • Pemilihan Warna Yang Tepat
Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor
mengecat dengan kuas

Pastikan untuk memilih warna yang cocok untuk furniture Anda. Memilih tampilan dengan warna natural atau kah solid? Jika menginginkan warna natural maka Anda bisa menggunakan pernnis atau plitur namun jika menginginkan cacat pada kayu tersamarkan maka Anda bisa memilih cat untuk tampilan solid.  Pemilihan warna cat ini harus disesuaikan dengan gaya rumah, suasana yang ingin dicapai dan material yang akan dilapisi cat.

  • Bahan Pelarut Cat

Furniture outdoor sangat cocok jika menggunakan cat dengan bahan pelarut air. Sebab, cat ini tidak bergantung pada sinar matahari agar cepat kering melainkan hanya didiamkan saja dalam ruangan yang teduh. Selain itu, cat berbahan pelarut air juga aman digunakan dan tidak meninggalkan efek memutih maupun mengembun karena hasilnya yang transparan.

  • Tingkat Glosy

Furniture outdoor sebaiknya menggunakan cat yang bisa memberikan efek glossy. Sebab, efek ini akan lebih tahan terhadap goresan sehingga sangat baik jika digunakan pada furniture. Tampilan glossy bisa digunakan pada  furniture maupun lantai.

  • Alat Untuk Aplikasi

Bagi penghobi maupun DIY, alat yang dibutuhkan untuk finishing biasanya kuas atau hanya sekedar dioles karena car ini lebih mudah diaplikasikan. Namun, untuk industri mebel cara yang paling banyak digunakan adalah disemprot karena lebih cepat untuk diaplikasikan. Dengan cat berbahan dasar air, semua cara diatas bisa dilakukan karena tidak meninggalkan brush marking serta mampu menjangkau tempat yang sulit.

Cat Water Based Untuk Finishing Furniure Outdoor

Furniture outdoor dengan bahan baku kayu memang membutuhkan aplikasi cat yang bertujuan sebagai memberikan nilai estetika sekaligus melindungi kayu dari faktor-faktor perusak kayu. Nah, setelah mengetahui beberapa tips dalam memilih cat kayu diatas tentunya kita akan bisa memilih jenis cat yang benar.

Cat yang saat ini mulai berkembang di Indonesia adalah cat water based atau cat berbahan dasar air. Ya, seperti yang sudah kita ketahui bahwa cat solvent based atau dikenal dengan cat berbahan pelaru thinner, methanol maupun sejenisnya. Mungkin sebagian besar masyarakat akan lebih mengenal jenis cat ini daripada cat water based karena memang cat yang paling banyak dijumpai di pasaran adalah cat solvent based.

Namun, cat ini sudah tidak direkomendasikan lagi karena kandungan bahannya yang berbahaya. Berbeda dengan cat water based, bahkan cat water based juga merupakan jenis cat yang banyak digunakan oleh negara-negara maju karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga lebih aman dan ramah lingkungan.

Salah satu jenis cat water based di Indonesia yang aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish. Cat ini sangat cocok diaplikasikan pada furniture outdoor karena memiliki fitur tahan cuaca dan air, selain itu memiliki daya rekat film yang kuat serta mudah diaplikasikan baik dengan cara oles, kuas maupun disemprot.

Menariknya adalah Biovarnish merupakan jenis cat water based di Indonesia yang sudah diformulasikan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan ECHA-REACH Regulations. Kedua regulasi tersebut yang menentukan kandungan bahan kimia serta VOC yang aman untuk digunakan pada bahan finishing.

Varian Biovarnish terdiri dari rangakai bahan finishing yang lengkap mulai dari base coat hingga topcoat diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain maupun Biovarnish Clear Coat. Jika menginginkan tahapan yang lebih simple, maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Liquid. Car ini sangat cocok untuk refinishing furniture Anda yang sudah mengusam atau ingin tampilan baru pada furniture lama Anda.

Faktanya, Biovarnish tidak hanya cocok digunakan pada kayu melainkan juga pada subsrat lain seperti rotan, bambu, enceng gondok, pelepah pisang dan jenis serat alam lainnya. Karena memiliki daya rekat film yang kuat, tampilan akhir cat ini cenderung lebih tajam serta transparansinya baik. Nah, tidak hanya bagian pewarnaan saja melainkan untuk dempulnya pun juga sangat praktis karena sangat mudah diaplikasikan dan bahkan mudah untuk diamplas.

Berbicara tentang tahap pengamplasan, kami memiliki tips agar hasilnya lebih baik yakni amplas media searah dengan serat kayu agar seratnya tidak keluar dan hasilnya pun lebih halus. Sebab, jika pengamplasan dilakukan dengan benar maka untuk proses finishing selanjutnya pun akan lebih mudah.

Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan sejak dini. Sebab, dengan penggunaan produk yang aman akan menghindari berbagai kerusakan lingkungan serta gangguan kesehatan yang biasanya diakibatkan oleh bahan kimia yang terkandung didalamnya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here