Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor

26
Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor

Furniture kayu outdoor, berbeda dengan jenis furniture outdoor yang terbuat dari bahan lainnya. Anda bisa saja menemukan furniture berbahan plastik namun apakah cocok digunakan dan tahan lama. Furniture yang terbuat dari plastik sangat rentan terhadap serangan cuaca terutama perubahannya.

Bahan plastik untuk furniture biasanya akan mudah memudar warnanya, mengelupas lapisan luarnya hingga tidak dapat digunakan kembali. Berbeda dengan kayu, ketika digunakan sebagai furniture outdoor, kayu tahan terhadap panas dan hujan bahkan kayu memiliki tampilan natural yang menyatu dengan alam pada halaman rumah.

Kunci furniture kayu outdoor bisa bertahan lebih lama adalah karena furniture sudah diberikan lapisan cat. Ada banyak sekali merk cat untuk furniture outdoor yang bisa Anda pilih. Namun memilihnya harus penuh dengan ketelitian karena cat kayu yang bagus akan menentukan ketahanan dari sebuah furniture.

Apakah Anda sudah menemukan furniture kayu dengan kekuatan yang terbaik menghadapi panas dan hujan? Jika belum maka Anda harus mencari salah satu diantaranya. Manakah jenis produk cat yang terbaik untuk furniture outdoor di rumah?

Ada beberapa tips memilih cat untuk finishing furniture outdoor di rumah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Ukuran furniture

Pertama kali yang harus dipertimbangkan adalah berapa ukuran furniture Anda. Jika perlu hitung luasan dari furniture. Cara ini sangat penting untuk mengukur seberapa banyak Anda akan membeli cat. Setiap cat akan tertera seberapa banyak hasil finishingnya untuk satu kaleng cat. Biasanya rentang ukuran adalah 8 hingga 10 m2.

  • Pemilihan warna yang tepat
Memilih Cat untuk Furniture Kayu Outdoor
mengecat dengan kuas

Apakah warna yang akan Anda aplikasikan pada furniture. Apakah Anda akan menggunakan warna natural atau warna solid. Jika Anda ingin memberikan kesan natural maka pernis dan plitur lebih baik digunakan. Namun jika Anda ingin menutupi cacat kayu atau warna kayu yang kurang menarik sebaiknya pilihlah warna solid. Pemilihan warna perlu disesuaikan dengan gaya rumah, suasana yang ingin dicapai dan juga material yang akan dilapisi oleh cat.

  • Bahan pelarut cat

Anda yang ingin menggunakan cat pada furniture outdoor, sebaiknya pilihlah cat yang menggunakan bahan pelarut air. Jenis cat ini sangat aman digunakan selain itu cat tersebut mudah diaplikasikan. Hasil finishing tidak tergantung panas matahari maka dalam waktu semalam saja furniture akan selesai di finishing. Anda tidak perlu bingung lagi masalah hasil mengembun dan efek memutih karena warna dari bahan pelarut air akan menghasilkan finishing yang transparan.

  • Tingkat glossy

Furniture outdoor sebaiknya menggunakan jenis cat yang memberikan hasil tampilan mengkilap. Tingkat glossy pada furniture akan membuat penampilanya tahan terhadap goresan. Glossy adalah hasil akhir yang banyak digunakan untuk furniture outdoor hingga lantai kayu.

  • Alat untuk aplikasi

Tips terakhir adalah memilih alat aplikasi. Pada kemasan cat akan tertera berbagai jenis alat yang bisa digunakan. Sebaiknya selalu pilih alat yang sudah bisa Anda gunakan. Jenis alat ini bisa bermacam-macam, seperti kuas, alat semprot, roll dan kain. Pilihlah salah satu jenis alat yang paling mudah didapatkan dan murah. Semakin cepat Anda mempelajari cara aplikasi dengan alat-alat tersebut maka proses finishing akan segera selesai.

Jika mengikuti tips di atas maka akan lebih mudah dan juga cepat mendapatkan hasil finishing yang diinginkan. Warna kayu yang natural sangat cocok diaplikasikan dengan wood filler, wood stain hingga clear coat. Sedangkan bagi Anda yang suka menggunakan warna solid maka Anda bisa menggunakan cat kayu enamel yang juga bisa diaplikasikan pada kayu.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here