Memilih Peralatan Panahan yang Murah

153
Memilih Peralatan Panahan yang Murah

Olah raga panahan adalah salah satu kegiatan olah raga yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan banyak sekali komunitas yang muncul dari aktvitas memanah ini. Bagi Anda yang sedang ingin menggeluti dunia panahan maka Anda perlu memilih jenis alat yang mudah digunakan dan juga murah.

Anda yang ingin mengikuti beberapa komunitas memanah di daerah Anda maka perlu mempelajari apa saja alat yang digunakan dan bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah. Tidak perlu takut bertanya karena kini peralatan memanah sudah dijual dengan mudah dan cepat melalui online.

Namun hati-hati juga agar jangan mudah tertipu dan mendapatkan peralatan yang tidak berkualitas. Berikut ini beberapa cara agar Anda dapat memilih alat memanah yang murah dan berkualitas:

  1. Bow atau busur
CS Biovarnish

Pemilihan alat ini tergantung dengan bahan yang digunakan. Ada berbagai macam material dari busur yang dijual di pasaran. Anak panah sangat bergantung dengan busur sehingga Anda harus memilih dengan benar. Busur yang terbuat laminasi atau sentershoot akan memiliki working recurve.

Memilih Peralatan Panahan yang MurahAda dua jenis busur yang bisa Anda pilih yaitu single piece dan take bown down. Take bown adalah busur yang mudah untuk dibawa karena adalah busur jenis bongkar pasang. Tak hanya di situ keuntungan lainnya adalah adanya limb limb baru yang baru secara bertahap daripada membeli bow yang lengkap. Demikian halnya untuk pemanah yang suka target dan berburu, dapat menggunakan handle riser yang sama dengan 2 set limb, daripada menggunakan 2 bow, untuk mengurangi perbedaan berat (draw weight).

  1. Tali busur atau bow string

Bagian ini menyatu pada busur yang digunakan sebagai penarik anak panah. Untuk bahan dari string yang dibutuhkan adalah terbuat dari dacron khususnya bagi Anda yang masih pemula. Keunggulan dari tali busur ini adalah center servingnya terbuat dari monofilament nylon dapat membuat jari-jari sakit dan menimbulkan masalah teknis lainnya.

Dengan demikian, monofilament tidak dianjurkan bagi pemula. Bow string terdapat dalam beberapa varian warna. Untuk memilihnya, Anda dapat meminta bantuan shooter untuk mencoba beberapa di antaranya, kemudian pilihlah warna yang paling enak dilihat.

  1. Anak panah atau arrow

Anak panah ada tiga jenis yang biasanya dijual di pasaran yaitu terbuat dari kayu, fiberglass dan juga aluminium. Ketiga jenis anak panah ini memiliki karakteristik tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda. Tentunya untuk menentukan Anda perlu mencoba ketiganya.

Anak panah yang terbuat dari kayu adalah jenis anak panah yang tahan lama bahkan nenek moyang kita menggunakan anak panah yang terbuat dari kayu. Biasanya anak panah ini digunakan oleh para pemburu. Sayangnya beberapa negara melarang penggunaan anak panah yang terbuat dari kayu ini.

Anak panah dari fiberglass adalah jensis yang paling tepat untuk pemula. Harganya cukup mahal namun anak panah yang terbuat dari fiberglass tidak mudah melengkung dan tahan lama. Bobitnya cukup berat jika dibandingkan dengan anak panah kayu dan aluminium. Sehingga efeknya adalah kesulitan untuk menempuh jarak yang jauh.

Anak panah dari aluminium adalah jenis yang paling baik dari ketiga jenis ini. Kebanyakan anak panah aluminium digunakan untuk turnamen dan banyak atlet archery yang menggunakan anak panah ini. Kekurangannya adalah dapat melengkung namun dapat diluruskan kembali apabila tidak terdapat bekas tekanan.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here