Memiliki Meja Office Yang Sudah Tampilannya Tak Bagus Lagi, Refinishing Tampilan Apakah Yang Cocok?

34

Meja office merupakan salah satu furniture yang mendukung aktivitas seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Meja ini memiliki banyak kegunaan bagi pemakainya sehingga harus nyaman dan tampilannya pun tampak indah. Kondisi meja yang baik akan memberikan semangat kepada pemakainya dalam bekerja. Sebagian besar meja office menggunakan tampilan natural kayu untuk menciptakan kenyaman dan konsentrasi saat bekerja. Hal ini dikarenakan tampilan kayu memberikan kesan hangat dan ketenangan bagi yang melihatnya.

Tampilan natural kayu yang digunakan pada meja office pun beragam mulai dari yang terang hingga yang gelap. Sayangnya, furniture yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengurangi estetika dari kayu sehingga menyebabkan tampilannya tidak tampak menawan lagi. Beberapa kasus, biasanya meja office akan dilapisi dengan taplak atau kaca untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apabila cat yang digunakan memang bertahan hanya dalam waktu lima tahun atau sepuluh tahun maka setelahnya kayu akan tampak kusam dan memerlukan perawatan ekstra.

Perawatan furniture seharusnya dilakukan secara rutin yakni setiap hari untuk menghilangkah debu yang menempel. Dan akan jauh lebih baik jika rutin mengaplikasikan oles kayu setiap sebulan sekali  yang bertujuan untuk meremajakan kayu sehingga tampilannya pun bisa bertahan lama. Pengaplikasian oles kayu tersebut juga memberi kemungkinan tampilan furniture bertahan lebih lama daripada yang tidak diaplikasikan sama sekali.

CS Biovarnish

Untuk menjaga furniture meja office memang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas dari tampilan serta kayu yang digunakan. Namun, bagaimana dengan furniture yang sudah terlanjur kusam karena tidak pernah dirawat atau memang karena kesalahan dari diri sendiri seperti tertuang air? Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengaplikasikan cat kembali atau juga disebut dengan refinishing.

Sayangnya, tidak semua orang mau melakukan refinishing dengan tangan sendiri melainkan akan membawanya ke tukang cat atau orang yang ahli dalam hal finishing. Bukankah mengecat sendiri akan jauh lebih hemat? Ini mungkin saja terjadi apabila mengatahui teknik refinishing yang tepat untuk meja office Anda. Anda hanya mengeluarkan biaya untuk cat dan perlengkapan finishing lainnya sedangkan ketika Anda membawanya ke tukang maka harus mengeluarkan uang untuk membayar tukang tersebut.

Sebelum mengambil langkah lebih jauh, alangkah baiknya mengenal cat kayu yang tepat untuk refinishing meja office yang mulai kusam dan jelek.

Refinishing Menggunakan Cat Aman Untuk Meja Office

Cat kayu memang memiliki peran yang penting untuk menciptakan furniture tampak lebih indah dan menarik. Seperti yang diketahui, cat kayu yang banyak beredar di pasaran sangat lah banyak baik merk dan tampilan warnanya sehingga Anda harus mengetahui kekurangan dan kelebihan cat yang akan digunakan. Begitu pula dengan tampilan yang sudah disinggung sebelumnya yakni meja office dengan tampilan natural kayu, cat untuk menciptakan tampilan ini pun juga banyak dijumpai di pasaran. Bahkan harganya pun bervariasi mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal namun kembali lagi dalam memilih cat harus tahu kualitas dari cat tersebut. Tidak semua cat yang murah memiliki kualitas yang buruk dan tidak semua jenis cat yang mahal akan menghasilkan tampilan yang bagus.

Cat kayu untuk menciptakan tampilan kayu dan dilakukan DIY biasanya adalah plitur. Karena cat kayu ini lebih mudah diaplikasikan dan ditemui di berbagai toko-toko cat selain itu harga cat kayu ini juga sangat terjangkau. Namun, apabila Anda memilih plitur yang biasanya banyak dijumpai di pasaran maka Anda harus membeli thinner atau spiritus sebagai pelarutnya. Ya, plitur yang banyak dijual di toko-toko cat maupun bangunan biasanya adalah jenis cat kayu yang bahan dasarnya adalah bahan dasar solvent sehingga harus dilarutkan dengan pelarut organik seperti thinner, spiritus maupun methanol.

Tidak perlu khawatir apabila Anda tidak ingin menggunakan cat kayu yang tanpa harus dilarutkan dengan thinner atau sejenisnya. Sebab, saat ini telah ada cat yang jauh lebih ramah lingkungan karena penggunaannya menggunakan pelarut air yakni cat water based atau juga disebut cat dengan pelarut air. Cat ini digadang-gadang sebagai pelopor cat dalam gerakan go green karena kandungannya yang aman dan ramah lingkungan.

Cat water based merupakan cat yang aman dan ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang biasa terdapat pada cat berbahan solvent. Kandungan VOC yang rendah membuat cat ini tidak menyebabkan polusi lingkungan maupun gangguan kesehhatan bagi orang disekitarnya. Meskipun cat ini masih tergolong baru di pangsa pasar finishing di Indonesia, namun minat dari cat ini cukup banyak. Karena meningkatnya minat cat ini, produsen pun mengembangkan kembali cat ramah lingkungan tersebut menjadi lebih baik dan hasilnya pun tidak kalah bagus dengan cat yang ada pada umumnya.

Biovarnish merupakan pelopor cat kayu ramah lingkungan yang ada di Indonesia.Sebelum cat water based populer di Indonesia beberapa tahun lalu, cat ini sudah ada sejak belasan tahun sebelumnya. Bagusnya dari cat water based ini adalah bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga Biovarnish telah aman dari bahan-bahan kimia berbahaya, rendah VOC dan tidak beracun.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu, Anda bisa menggunakan beberapa varian produk finishing berikut yakni Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Liquid Stain. Keduanya merupakan cat kayu untuk hasil natural kayu namun yang membedakan adalah Biovarnish wood stain teksturnya lebih kental dan cenderung bertekstur pasta sedangkan Biovarnish liquid stain lebih cair atau teksturnya liquid.

Namun, apabila Anda menginginkan cat yang digunakan untuk refinishing maka disarankan untuk menggunakan Biovarnish Liquid Stain karena jauh lebih mudah. Berikut langkah-langkah refinishing meja office menggunakan Biovarnish Liquid Stain:

  1. Bersihkan permukaan meja office menggunakan amplas untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel pada meja
  2. Anda bisa langsung menggunakan Biovarnish Liquid Stain. Campurkan terlebih  dahulu menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air kemudian aduk hingga homogen dan tidak meninggalkan endapan. Kuaskan/semprotkan ke seluruh permukaan meja office secara menyeluruh. Lalu diamkan di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan kurnag lebih 60 menit higga kering. Apabila sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk menciptakan hasil yan maksimal. Campurkan air dengan perbandingan yang sama dengan tahap sebelumnya, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering.
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna dan memberikan tampilan akhir secara optimal. Campurkan air kemudian aduk hingga homogen dan aplikasikan ke seluruh permukaan meja office. Untuk hasil kering sentuh, cukup didiamkan selama 30 menit. Dan pada tahap ini, Anda bisa mengulangi pengaplikasian Biovarnish Clear Coat apabila hasilnya belum sesuai dengan yang diinginkan. Namun, apabila sudah menemukan tampilan yang diinginkan, diamkan meja office yang sudah diaplikasikan cat ini selama 24 jam dan kemudian siap digunakan sebagai tempat Anda bekerja.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here