Memperbaiki Tangga Lapuk Dengan Wood Filler

194

Kayu adalah material yang luar biasa tahan lama yang dapat digunakan untuk banyak proyek termasuk membangun tangga kayu. Masalah muncul ketika usia kayu dan rentan terhadap pembentukan retak atau lubang. Ketika retak dan lubang terbentuk di kayu, air cenderung mengendap di dalamnya dan dapat menyebabkan tangga kayu membusuk. Membusuknya tangga kayu yang telah lapuk ini harus Anda perbaiki secepatnya sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Memperbaiki Tangga Lapuk Dengan Wood Filler

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya baik itu dengan memanggil tukang atau memperbaikinya sendiri. Lihat terlebih dahulu apakah kerusakan yang ditimbulkan cukup parah atau tidak. Jika tidak ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki dan mencegah membusuk tangga kayu. Alat dan materi yang Anda butuhkan dan petunjuk langkah demi langkah di bawah.

CS Biovarnish

Langkah 1 – Hapus Kayu Basah

Menggunakan pahat kayu, buang semua kayu basah di sekitar area yang terkena di tangga kayu. Kayu yang basah akan menambah pelapukan semakin melebar pada bagian kayu yang lainnya. Jadi sebaiknya Anda mencegah dengan menghilangkan bagian kayu yang telah busuk. Selain itu kayu yang telah membusuk akan mengganggu wood filler menyerap ke dalam pori-pori kayu.

Langkah 2 – Menyuntikkan Liquid Wood Hardener

Gunakan penusuk untuk memeriksa di sekitar area yang terkena dampak di tangga kayu dengan menyodok daerahnya dengan ringan dan mencari area di hutan yang padat seperti area yang tidak terkena. Setelah Anda menemukan area padat tersebut, gunakan bor dan bit untuk mengebor beberapa lubang 3mm di sekitar area yang terpengaruh. Suntikkan pengeras kayu cair di lubang.

Langkah 3 – Terapkan Wood Filler

Campur epoxy atau pengisi polyester. Campurkan hanya jumlah yang Anda butuhkan segera sebagai pengisi mengering sangat cepat dan setiap pengisi kering harus dibuang. Setelah filler Anda siap dan tercampur, gunakan pisau dempul untuk menerapkan filler ke area yang terkena di tangga kayu dan bentuknya sesuai kebutuhan. Menerapkan tekanan dengan pisau dempul untuk membuat isi yang padat tetapi tidak sebanyak untuk mengompresinya banyak saat pengisi mengecil ketika mengering dan akan meninggalkan ruang di filler-shaping kayu Anda.

Langkah 4 – Keluarkan Filler Kayu

Memperbaiki Tangga Lapuk Dengan Wood Filler
Tangga yang telah dilapisi dengan wood filler.

Menggunakan alat serak, bahkan mengeluarkan dan menghapus pengisi berlebih. Pastikan Anda melakukan ini dengan cepat sebelum filler benar-benar kering jika tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Langkah 5 – Bentuk dan Blend Patch yang Diperbaiki

Gunakan amplas untuk membentuk patch yang diisi di tangga kayu. Lakukan beberapa bentuk halus dan pencampuran menggunakan berbagai jenis amplas. Gunakan amplas sedang pada mulanya dan gunakan amplas halus untuk memadukan tambalan yang diisi ke kayu yang tidak tersentuh di sekitarnya.

Langkah 6 – Mengecat Area yang Terkena Dampak

Setelah selesai menambal area yang terkena di tangga kayu, sentuh dengan primer dan cat warna yang sesuai dengan kayu.

Langkah 7 – Pencegahan

Pencegahan pembusukan di tangga kayu sangat penting dan dapat menyelamatkan Anda dari menjalani seluruh proses perbaikan sering. Untuk mencegah tangga kayu membusuk tetap periksa kayu untuk cat pengelupas atau selesaikan jika diaplikasikan ketika tangga kayu pertama kali dipasang. Segelkan retakan awal di sekitar sendi di tangga kayu dengan tertidur. Menerapkan pengawet pada tangga kayu setelah priming dan sebelum selesai. Pastikan tangga kayu mendapat ventilasi yang cukup di bagian rumah mana saja mereka berada.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here