Mempercantik Display Kayu Menggunakan Plitur Kayu Yang Aman Bagi Lingkungan

367

Siapa yang tidak ingin display ruangan terlihat cantik dan terjaga dengan baik? Untuk mempercantik display kayu maka dibutuhkan lapisan cat karena dengan tampilan yang menarik akan menambah keindahan ruangan. Bahkan dengan display atau furniture yang cantik pun akan menjadikan nuansa ruangan berubah, lebih nyaman ketika digunakan.

Warna cat yang digunakan untuk finishing furniture biasanya terbagi menjadi dua yakni warna solid dan warna natural kayu. Warna solid biasanya cenderung lebih melapisi kayu sehingga serat kayu tertutup. Sedangkan warna natural kayu cenderung menonjolkan serat kayu sehingga warna-warnanya pun lebih condong ke warna kayu yang kecoklatan baik dari warna cream hingga coklat tua.

Furniture dengan warna solid pada umumnya biasanya disesuaikan dengan nuansa yang diinginkan, mulai dari warna yang soft hingga yang gelap. Sedangkan untuk tampilan natural kayu pada umumnya cocok digunakan untuk segala jenis nuansa ruangan. Namun, perlu diingat bahwa untuk menciptakan nuansa tersebut juga dipengaruhi dari desain furniture yang ada. Sehingga tampilan serta desain furniture juga sangat menentukan hasil nuansa pada ruangan tersebut.

CS Biovarnish

Apabila Anda menginginkan tampilan natural kayu maka gunakan jenis cat kayu yang tepat. Sebab,kadangkala cat kayu yang ditimpakan ke permukaan kayu juga berbeda pada setiap kayu. Sehingga akan lebih baik jika Anda memilih cat dengan fitur yang pas sehingga hasil warna dan perlindungannya pun maksimal. Sebab, tidak semua cat akan menghasilkan tampilan serta perlindungan secara maksimal.  Terlebih bagi Anda yang ingin melakukan finishing sendiri di rumah pada display.

Memilih cat kayu tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Lalu apa yang harus dilakukan? Sebaiknya perhatikan kembali cat kayu yang akan digunakan, pastikan untuk memperhatikan kualitas dan fitur dari cat tersebut. Dan banyak orang yang masih awam dalam finishing mengalami kesalahan yakni memilih cat atas rekomendasi orang lain namun belum mengetahui kelebihan dari cat tersebut.

Hal yang perlu diketahui mengenai cat yang akan digunakan adalah kandungan bahannya. Karena terdapat cat yang menggunakan bahan solvent dan adapula yang menggunakan bahan dasar air. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun apabila menginginkan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan maka sangat disarankan untuk menggunakan cat berbahan dasar air.

Cat berbahan dasar air atau dikenal dengan cat water based merupakan cat yang menggunakan bahan dasar serta pelarut air. Bahkan cat ini sudah digalakkan di berbagai negara untuk bahan finishing karena hasilnya yang ramah lingkungan. Di Amerika, cat water based sudah menguasai pangsa pasag lebih kurang lebih 80%. Bagaimana dengan cat berbahan solvent? Sedangkan cat dengan berbahan solvent  mulai dilarang di beberapa negara di dunia.

Cat berbasis solvent merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dasar kimia atau resin dan biasanya membutuhkan pelarut yakni thinner atau spiritus. Dan buruknya dari cat ini adalah menimbulkan bau yang sangat menyengat hingga membuat orang merasa pusing. Selain itu, karena uap dari cat tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan kerusakan lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kimia berbahaya serta VOC yang sangat tinggi.

Vehicle organic compounds (VOC) merupakan senyawa organik yang sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan apabila kadarnya sangat tinggi. Jika Anda terbiasa mengekspor kerajinan atau furniture atau barang-barang yang melalui proses finishing, biasanya ada beberapa negara akan memeriksa kandungan VOC tersebut. Jika kandungan VOC tersebut melampaui batas keamanan maka barang tersebut tidak diperbolehkan masuk.

Finishing Cat Kayu Ramah Lingkungan Pada Display

Jika Anda menginginkan display kayu tampilannya indah dan sesuai yang diharapkan maka yang yang paling aman adalah dilakukan sendiri. Namun, tidak semua orang belum bisa melakukannya dengan baik sehingga hasilnya pun tidak bisa maksimal. Sebenarnya, apabila Anda mengetahui teknik finishing yang benar maka hasilnya pun bisa seperti yang dilakukan oleh orang yang sudah profesional dalam hal finishing.

Membahas tentang cat yang digunakan yakni cat yang aman dan ramah lingkungan tentunya akan berpikir apakah di Indonesia sudah ada jenis cat seperti ini? Teknologi baru dalam bidang finishing ini memang baru dikenal di Indonesia. Sehingga cat water based belum banyak dijumpai meskipun sudah banyak produsen yang mulai memproduksinya. Untuk cat water based yang sudah pasti aman dan kualitasnya mumpuni adalah Biovarnish.

Biovarnish adalah cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Cat kayu ini juga menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan standarisasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan EU ECHA Reach. Sehingga Biovarnish sudah aman dari bahan-bahan kimia berbahaya, sangat rendah VOC dan tidak beracun. Karena kandungannya yang aman, Biovarnish aman diaplikasikan untuk furniture bayi maupun mainan anak-anak.

Biovarnish ini sangat cocok bagi Anda yang masih awam dalam bidang finishing karena cat ini sangat mudah diaplikasikan baik dengan cara oles, kuas maupun spray. Jika Anda lebih menyukasi metode kuas , akan lebih baik jika menggunakan kuas yang dilapisi kain bersih agar tidak meninggalkan brush mark atau bekas kuas. Sebab, kebanyakan orang yang pertama kali ngecat atau tidak terbiasa mengecat tidak mengetahui seberapa tekanan kuas yang bagus ketika diaplikasikan ke permukaan kayu.

Untuk melakukan finishing maka harus mengetahui tahapan-tahapannya, nah untuk tahapan dasar biasanya ada tiga tahapan yakni basecoat, maincoat dan topcoat. Biovarnish tidak hanya menawarkan bagian maincoat saja seperti plitur melainkan juga dari base coat hingga ke topcoat. Daripada penasaran, berikut langkah-langkah proses finishing menggunakan varian produk finishing Biovarnish:

  • Gunakan Biovarnish wood filler untuk menutup pori-pori kayu. Aplikasikan menggunakan pisau palet atau sejenisnya ke seluruh permukaan kayu. Diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Lalu amplas seluruh permukaan kayu apabila sudah kering
  • Gunakan Biovarnish Liquid Stain, Anda bisa memilih varian warna yang sesuai dengan keinginkan karena Biovarnish menawarkan 20 varian warna. Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen dan tidak meninggalkan endapan. Lalu diamkan selam 60 menit, amplas ambang apabila sudah kering
  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempererat coating sekaligus mempertajam tampilan. Campurkan air dengan perbandingan yang sama pada tahapan sebelumnya. Untuk hasil maksimal, Anda bisa gunakan spray gun. Lalu diamkan selama 60 menit, dan amplas ambang seluruh permukaan kayu apabila sudah kering
  • Gunakan Biovarnish Clear Coat, Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte. Campurkan air dengan perbandingan yang sama kemudian aduk hingga tercampur. Lalu kuaskan atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 30 menit untuk hasil kering sentuh. Ulangi lagi tahapan ini apabila belum mendapatkan tampilan yang sesuai dengan yang diingikan. Apabila sudah mendapatkan tampilan yang diinginkan, diamkan selama 24 jam untuk kering packaging atau kering siap pakai.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here