Memunculkan Motif Kayu Jati Belanda Pada Furnitur

372
Memunculkan Motif Kayu Jati Belanda Pada Furnitur

Kesulitan utama yang dialami oleh banyak pengrajin kayu atai DIY dalam pengolahan kayu jati belanda adalah memunculkan serat kayu. Padahal bentuk dari serat kayu jati belanda sangat indah dan Anda bisa mendapatkan penampilan artistik dari seratnya.

Namun jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat alhasil Anda hanya akan mengaplikasikan cat kayu warna natural dan hanya memberikan serat kayu. Cara tersebut sama saja Anda hanya akan melapisi furnitur kayu jati belanda dengan pernis saja.

Untuk memunculan motif serat kayu jati belanda bagaimana jika Anda memberikan sentuhan rustik dan memberikan kesan tua pada kayu tersebut? Anda akan mendapatkan penampilan yang menarik dari furnitur Anda yang baru.

CS Biovarnish

Pertama Anda perlu menyamarkan noda blue stain pada kayu dengan menggunakan bahan pemuih kayu seperti White Agent 250. Gunakan bahan ini untuk menyamarkan, prosesnya sangat mudah Anda hanya perlu mencampurkan dengan air, mengoleskan pada seluruh permukaan kayu dan menunggu kering.

Bahan pemutih akan mengering dan menyamarkan noda blue stain pada kayu jati belanda. Setelah warna sama Anda akan lebih mudah untuk memberikan lapisan warna kayu.

Selanjutnya ciptakan kesan rustik, gunakan sikat kawat dan gosokan pada permukaan kayu searah serat. Anda akan mendapatkan tekstur seperti kayu yang sudah berumur lama. Jika perlu ciptakan kerusakan menggunakan palu pada permukaan dan timbulkan bekas kerusakan yang tidak beraturan.

Setelah tekstur terbentuk amplas permukaan dengan amplas 240 untuk memberikan kehalusan namun jangan terlalu ditekan agar kerusakan tetap terjaga.

Setelah itu aplikasikan wood stain dengan warna pilihan menggunakan spray system. Sebaiknya gunakan cat water based agar Anda lebih aman dan menjaga lingkungan. Tunggu lapisan sanding sealer mengering dan Anda dapat mengamplas untuk menghaluskan dengan amplas 400.

Memunculkan Motif Kayu Jati Belanda Pada FurniturWood stain berfungsi sebagai warna dasar jadi Anda bisa memilih waran favorit Anda dan sesuai dengan keinginan Anda dengan bayangan hasil akhir yang sesuai. Ada banyak warna wood stain sesuai dengan warna kayu yang ada.

Kini aplikasikan glaze brown untuk memberikan motif pada kayu jati belanda. Aplikasikan glaze brown menggunakan kuas hingga meraa. Lapisan glaze ini tidak mudah mengering jadi Anda bisa santai mengaplikasikannya.

Setelah semua terlapisi Glaze Anda bisa menggunakan kain yang sudah dibasahi dan lap lapisan glaze sehingga yang tersisa hanya pada bagian serat kayu yang telah Anda buat. Akan tercipta motif yang sangat terlihat.

Setelah itu langsung aplikasikan sanding sealer yang sudah dicampur air dan diaplikasikan mengguankan spray gun. Tunggu lapisan sanding sealer mengering dan lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 400.

Terakhir aplikasikan top coat tampilan matte. Top coat ini akan memberikan kesan dan efek warna natural, jadi jangan gunakan top coat gloss karena hanya akan memberikan efek berlawanan yaitu mengkilap dan menghilangkan kesan natural.

Campurkan top coat dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna dalam waktu 24 jam. Lapisan top coat akan mengering sempurna dan Anda akan mendapatkan hasil motif kayu jati belanda.

Dengan cara di atas Anda akan mendapatkan hasil finishing rustik pada kayu jati belanda. Tidak lagi hasil finishing warna natural transparan namun Anda juga akan mendapatkan motif lama dan kayu terlihat tua dengan menggunakan cat kayu water based dan cara aplikasi yang sangat mudah.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here