Mendempul Kayu Menggunakan Dempul Kayu Yang Aman

394

Cacat pada kayu dapat teratasi dengan baik dengan mendempul kayu agar cacat kayu tersamarkan dan mudah untuk diaplikasikan cat.

Furniture seperti lemari yang terbuat dari kayu tidak selamanya menggunakan bahan yang benar-benar sempurna. Kadangkala, terdapat beberapa bagian kayu yang cacat diakibatkan oleh faktor alami seperti usia, cuaca ataupun hewan liar seperti burung pelatuk

Cacat tersebut akan meninggalkan bekas lubang atau retak pada bagian kayu. Untuk menyamarkan cacat kayu tersebut, maka Anda harus mendempul kayu dengan cara yang tepat.

Cara Mendempul Kayu Yang Tepat

Mendempul kayu bertujuan untuk menyamarkan cacat kayu sehingga tampilan lebih rata. Selain itu, dempul juga bertujuan untuk menutup pori-pori kayu sehingga akan memudahkan kayu untuk difinishing pada tahap selanjutnya.

Dempul kayu banyak tersebar di pasaran dengan varian merk serta keunggulan yang berbeda-beda. Dempul yang tersebar dipasaran tersebut biasanya memiliki dua jenis bahan yaitu dmepul dengan bahan solvent based dan dempul berbahan water based. Dempul yang sering digunakan pada umumnya adalah dempul solvent based karena sangat mudah dijumpai. Namun, alangkah baiknya Anda menggunakan dempul dengan bahan water based karena jauh lebih aman daripada dempul berbahan solvent based.

Adapun cara mendempul kayu dengan cara yang tepat sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu yang digunakan bersih, atau sebaiknya ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak yang masih menempel.
  2. Larutkan dempul menggunakan pelarut solvent/air tergantung jenis dempul yang digunakan sesuai dengan kekentalan yang dibutuhkan. Aplikasikan dempul menggunakan pisau palet pada bagian-bagian yang cacat. Kemudian tunggu hingga 30 menit.
  3. Setelah kering ampelas kembali permukaan kayu yang sudah didempul menggunakan kertas ampelas no. 240

Dempul Kayu Yang Aman Digunakan

Dempul kayu memiliki varian merk yang beragam dengan keunggulan masing-masing sehingga Anda harus memiliki jenis dempul kayu yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. dempul yang baik pada umumnya adalah dempul tersebut dapat melekat dengan baik pada permukaan kayu serta tidak alot ketika diampelas.

Gunakan dempul kayu dengan bahan water based sebab dempul ini jauh lebih aman, serbuk sisa ampelas pun tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan. salah satu dempul water based yang sangat aman digunakan adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini sangat bagus digunakan untuk tampilan akhir natural kayu sebab dempul tersebut dapat menutup pori-pori dengan sempurna tanpa harus menutupi warna asli dari kayu sehingga ketika diaplikasikan cat maka warna asli kayu akan semakin tajam.

Biovarnish Wood Filler sangat bagus untuk mendempul kayu karena memiliki fitur dengan daya rkeat film yang kuat, mudah diaplikasikan, ringan dan tidak alot ketika diampelas. Selain itu, tidak hanya dapat diaplikasikan pada kayu saja melainkan juga pada material organik lainnya seperti bambu, rotan ataupun enceng gondok.

Biovarnish Wood Filler sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency sehingga dempul tersebut tidak berbahaya digunakan, tidak beracun bahkan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Mengetahui cara aplikasi dempul yang tepat akan mempengaruhi hasil akhir dari kayu. Maka dari itu, mendempul kayu dengan dempul yang aman akan lebih bagus digunakan karena tidak mengganggu kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here