Mengapa Harus Memilih Tipe Cat Yang Tepat?

197
Mengapa Harus Memilih Tipe Cat Yang Tepat?

Mengecat adalah proyek dalam ruangan DIY peringkat teratas di negara ini. Tapi mengecat interior rumah Anda tidak datang tanpa proses pengambilan keputusan. Pertama dan terpenting, Anda perlu memutuskan warna, yang cukup prestasi mengingat berapa banyak pilihan yang ada di luar sana! Selanjutnya, Anda harus memutuskan sesuatu yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya: apa jenis cat interior yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya (atau mungkin bahkan jika Anda punya!), Anda mungkin tidak memahami perbedaan di antara semua pilihan cat yang ada. Kami telah mengumpulkan penjelasan untuk setiap jenis cat interior serta pro dan kontra dari masing-masing. Teruslah membaca untuk mendapatkan informasi dan membantu menguraikan yang mana yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Cat Berbahan Dasar Air

CS Biovarnish

Ini adalah jenis cat interior yang paling umum, dan juga disebut sebagai “lateks” cat. Bahkan, sekitar 80 persen cat yang dijual untuk penggunaan rumah tangga berbasis air. Ada sejumlah manfaat yang terkait dengan jenis cat yang banyak digunakan ini. Yang pertama adalah bahwa cat ini memudahkan pembersihan, yang dapat dilakukan hanya dengan sabun dan air. Ini juga cat yang sangat cepat kering, yang berarti Anda bahkan dapat melukis dua lapis dalam satu hari.

Mengapa Harus Memilih Tipe Cat Yang Tepat?

Cat berbasis air juga mengandung VOC rendah, atau tingkat emisi beracun rendah, yang berarti mereka aman untuk digunakan di rumah Anda, dan mereka juga menghilangkan lebih sedikit bau daripada cat yang mengandung minyak bumi. Selesai cat lateks elastis dan fleksibel, yang membuatnya tahan terhadap retak dari waktu ke waktu. Akhirnya, cat ini terbukti mempertahankan warna stabil dari waktu ke waktu yang tidak kuning seperti cat lainnya.

Untuk mengatasi kelebihan ini, cat berbasis air atau lateks memiliki beberapa kelemahan bagi mereka juga. Karena cat berbasis air cepat kering, mereka memiliki lebih sedikit waktu untuk “mendatar” dan lebih mungkin untuk menampilkan bekas kuas daripada beberapa cat lainnya. Juga, sifat-sifat cat lateks tidak memungkinkan untuk hasil akhir yang sangat mengkilap seperti yang dapat Anda capai dengan jenis cat lainnya. Tergantung pada tampilan yang Anda inginkan, ini bisa menjadi penghalang. Akhirnya, karena sifat termoplastik cat ini, ia mempertahankan kotoran di permukaan, yang bisa menjadi tidak sedap dipandang dari waktu ke waktu.

Cat Berbahan Dasar Minyak

Ini adalah genre cat interior yang berbeda yang memiliki serangkaian manfaat yang berbeda serta beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan juga. Cat berbasis minyak dibuat dengan minyak alkyd atau biji rami, dengan alkyd menjadi lebih umum dari keduanya. Jenis cat ini terkadang lebih disukai daripada pesaing berbasis air karena cat ini lebih halus, melapisi permukaan lebih teliti dalam satu lapisan. Ini berarti bahwa ini adalah pilihan ideal untuk digunakan pada permukaan yang kasar. Cat-cat ini juga dikenal tahan lama, yang berarti bahwa itu adalah opsi yang bagus untuk daerah dengan lalu lintas tinggi di rumah Anda. Cat berbasis minyak memiliki lapisan yang lebih glosif daripada cat berbasis air, yang bisa menyenangkan bagi beberapa orang tergantung pada selera pribadi.

Seperti halnya cat berbasis air, zat-zat ini memiliki sedikit kontra untuk dipikirkan. Yang pertama adalah bahwa mereka memiliki bau yang lebih nyata bagi mereka. Selanjutnya, cat ini bisa memakan waktu hingga 48 jam hingga kering untuk satu lapisan, yang berarti cat lebih lengket lebih lama, menarik debu dan serangga. Ini juga berarti bahwa sikat dan penggulung Anda akan lebih sulit dibersihkan saat Anda mengerjakan proses pengecatan. Akhirnya, karena cat ini dibuat dengan minyak sayur, mereka rentan terhadap jamur atau jamur tumbuh, yang bisa menjadi masalah sulit untuk dihilangkan. Perlu diingat bahwa cat berbasis minyak tidak boleh dituangkan ke saluran pembuangan wastafel Anda.

Memilih Jenis Cat yang Tepat

Seseorang melukis lis di jendela dengan kuas. Kini setelah Anda mendapatkan lowdown pada dua jenis cat interior yang paling umum, kami memiliki beberapa kiat tambahan untuk membantu Anda memilih yang mana yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Mengapa Harus Memilih Tipe Cat Yang Tepat?

Pertama, jika Anda mengecat area yang menerima sinar matahari yang melimpah, cat lateks akan tahan uji dengan baik karena menawarkan retensi warna yang lebih baik. Di sisi lain, jika Anda melukis trim, cat berbasis minyak lebih cocok untuk pekerjaan itu. Untuk permukaan kayu, cat berbasis minyak adalah cara terbaik. Ini karena cat lateks bisa meresap ke dalam kayu dan akhirnya menyebabkan butiran membengkak, membuat pengamplasan merupakan kebutuhan yang tidak perlu dan mengganggu dalam prosesnya.

Sekarang Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang naik dan turunnya masing-masing dari dua jenis cat umum ini. Mereka sangat berbeda dan memiliki kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, jadi pastikan untuk mempertimbangkan poin-poin ini sebelum Anda memulai proyek DIY Anda!

Memilih Warna Untuk Cat Rumah

Ketika datang untuk mengecat rumah Anda, yang paling penting adalah memilih warna cat yang tepat untuk rumah Anda. Memilih warna yang tepat bisa sulit karena sifatnya yang subjektif, dan semakin banyak orang yang terlibat dalam keputusan, semakin sulit untuk setuju. Anda juga perlu memastikan bahwa warna tertentu yang akan Anda gunakan sangat cocok untuk ruangan dan bekerja dengan sempurna dengan interior rumah.

Metode terbaik untuk memilih warna cat adalah mempertahankan tujuan dan sasaran Anda. Jadi, untuk membuat keputusan lebih mudah, penting untuk mengingat beberapa kiat ketika Anda memilih warna dan cat yang tepat untuk rumah Anda.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum bergegas menuju toko adalah memahami terminologi.
  • Tingkatkan keyakinan Anda dengan menguji warna pada papan poster atau area dinding yang besar.
  • Jangan takut menggunakan warna kustom sebagai cat langsing. Jika Anda ingin memangkasnya agar pas dengan dinding, lantai, dan langit-langit, maka Anda akan membutuhkan warna cat yang sempurna melengkapi warna lainnya.
  • Pertimbangkan barang-barang yang ada di ruangan Anda seperti lantai, karpet, perabotan dll.
  • Faktor penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih warna adalah pencahayaan.
  • Jika Anda memiliki rumah modern dengan denah terbuka, penting untuk menggunakan satu warna dinding di seluruh lantai utama.

Saya harap tips ini akan membantu Anda memilih warna cat yang tepat untuk rumah Anda. Anda juga tidak akan kecewa jika menggunakan jenis cat yang tepat seperti cat water based. Cat ini akan memberikan perlindungan terbaik yaitu untuk lingkungan dan juga pengguna cat.

Alasannya adalah cat tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, timbal bahkan formalin yang sangat mudah untuk menguap di udara. Bahkan proses aplikasinya bisa dilakukan dalam berbagai macam alat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here