Mengecat Tembok Kayu Untuk Ramadhan 2018

306
Mengecat Tembok Kayu Untuk Ramadhan 2018

Bermasalah tembok kayu yang mulai pudar? Jika iya Anda bisa melakukan pengecatan ulang. Caranya mudah dan tidak sulit jadi Anda tidak perlu memanggil tukang atau orang lain yang justru akan menghabiskan uang Anda.

Nah Anda cukup menyediakan bahan dan alat untuk mulai aplikasi. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengecat tembok kayu menjelang hari raya lebaran tahun 2018 ini.

  1. Menghilangkan Lapisan Cat yang Lama

Proyek pengecatan ulang dinding kayu bisa Anda mulai dengan menghilangkan lapisan cat yang lama. Anda bisa menghilangkan lapisan cat yang lama dengan menggunakan bahan atau cairan khusus yang akan menghilangkan cat secara praktis.

CS Biovarnish

Yang perlu Anda perhatikan adalah jenis cat yang Anda gunakan sebelumnya. Cairan ini dapat Anda gunakan dengan memberikan pada permukaan kayu, namun ingat cairan ini cukup keras sehingga Anda wajib menggunakan sarung tangan dan juga menggunakan masker.

Bahan akan membuat lapisan cat mengelupas dan membentuk retakan. Ketika penampilan retak sudah muncul artinya cat sudah mulai bisa dikelupas. Anda bisa menggunakan pisau palet untuk mengelupas permukaan cat yang rusak tersebut

Kelupas dengan hati-hati karena Anda tentu tidak ingin melukai permukaan kayu. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa menghapus menggunakan lap kering. Setelah Anda menghilangkan lapisan cat maka selanjutnya Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan kain lap, dan permukaan akan menjadi lebih bersih.

  1. Persiapan Permukaan

Ketika lapisan cat sudah bersih maka Anda perlu mempersipakan substrat kayu atau dinding kayu dengan baik agar proses pengecatan berjalan dengan lancar. Pertama lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 240 ke seluruh permukaan. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas yang telah dibalutkan pada balok kayu.

Amplas searah serat kayu agar hasil finishing nantinya akan halus. Setelah itu Anda bisa langsung memulai membersihkan debu amplas. Apabila Anda kesulitan mengamplas dengan tangan Anda bisa mengamplas dengan mesin agar lebih cepat selesai.

Pembersihan debu amplas disarankan menggunakan lap basah agar debu tidak kembali menempel dan benar-benar bersih dari pori kayu.

Selanjutnya perbaiki lubang atau goresan yang ada pada permukaan dinding. Gunakan wood filler water based yang aman dan isi cacat pada dinding kayu. Setelah kering Anda bisa mengamplas dan kembali menghilangkan debu amplas.

  1. Pengecatan Dinding Kayu

Anda sudah melakukan persiapan mulai dari bahan, alat dan juga persiapan substrat kayu, jadi Anda bisa langsung melakukan proses pengecatan. Anda tidak akan mendapatkan cat water based warna natural atau warna solid sesuai pilihan untuk mengecat ulang dinding rumah Anda.

Mengecat Tembok Kayu Untuk Ramadhan 2018
Dinding kayu yang telah selesai dicat natural.

Cat water based tidak berefek bau dan membuat Anda harus menunggu lama untuk menempati ruangan. Bahkan Anda cukup mencampurkannya dengan air untuk mendapatkan larutan sempurna yang tidak brush mark.

Aplikasikan cat pada permukaan dinding menggunakan kuas. Untuk hasil rata maka Anda harus menyapukan kuas searah serat kayu baik itu cat natural maupun cat solid. Jadi selalu perhatikan serat kayu sebelum Anda mengecat.

Kuaskan hingga semua bagian rata, Anda bisa mengecat pada bagian pinggir terlebih dahulu baru ke bagian tengah agar hasilnya rapi. Setelah itu tunggu permukaan kayu benar mengering dari cat. Setelah itu Anda bisa memulai mengamplas.

Pengamplasan hanya berfungsi membuka pori jadi gunakan amplas halus 400 dan pengamplasan secara ambang. Anda bisa mengulangi aplikasi cat kembali jika warna belum sesuai dengan keinginan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here