Mengenal Cat Kayu Food Grade untuk Industri Makanan

268
Mengenal Cat Kayu Food Grade untuk Industri Makanan

Industri makanan modern ini semakin ketat dan sangat disiplin mengenai peralatan yang digunakan harus aman. Peralatan yang digunakan harus higienis apapun alasan pembuatannya yang terhimpit waktu. Coba bayangkan sebuah dapur di dalam pikiran Anda. Setiap bagian dari dapur harus bersih dan menggunakan lapisan cat yang aman.

Misalnya saja pada saat Anda mengukus makanan, maka uap dari kukusan tersebut akan mengenai dinding dan langit-langit ruangan. Kelembaban akan mengenai peralatan masak yang digantung menempel pada dinding. Belum lagi lapisan cat yang digunakan untuk peralatan masak tersebut.

Cat yang digunakan pada peralatan masak tersebut haruslah aman dan juga tidak boleh mengandung toxic. Maka dari itu bahan cat yang digunakan harus sesuai dengan regulasi pembuatan cat kayu food grade. Jika tidak siapa yang akan mengkonsumsi makanan di restoran bintang lima dengan bahan masakan yang tidak aman?

CS Biovarnish

Apabila pernis atau cat yang digunakan akan bersentuhan langsung dengan makanan maka Anda perlu menggunakan cat yang aman untuk makanan. Cat yang digunakan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan untuk cat food grade. Komisi Eropa memiliki aturan yang sangat ketat tentang jumlah Bisphenol A (BPA) yang dapat dimasukkan dalam pernis dan pelapis yang bersentuhan dengan makanan.

Sebuah peraturan baru dibuat pada Februari 2018 (Peraturan (UE) 2018/213) lebih lanjut memperketat aturan tentang berapa banyak BPA dalam pernis dan cat dapat digunakan saat pengemasan atau pembuatan makanan. Ini telah diubah menjadi 0,05 mg per kg makanan dan mulai berlaku pada 6 September 2018.

Nah bagi Anda yang bekerja di bidang industri makanan, sudahkah peralatan makan yang digunakan menggunakan cat kayu food grade? Hal ini juga berlaku untuk ibu rumah tangga yang sedang memilih peralatan masak. Ingat peralatan masak ini akan mengelupas setelah digunakan. Inilah yang membuat persebaran bahan cat ke dalam tubuh sangat cepat.

Apabila peralatan masak yang digunakan tidak dilapisi dengan cat yang mengandung bahan aman tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Bahan organik yang terserap ke dalam tubuh tentu akan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker. Ingat bahwa penyakit kanker hingga saat ini belum ada obatnya.

Peralatan masak yang terbuat dari kayu merupakan benda yang sangat membutuhkan cat food grade. Kayu memiliki pori, pori tersebut berguna untuk menyerap bahan makanan khususnya yang berbentuk cairan. Jika terlalu banyak bahan makanan yang terserap maka akan terjadi pembusukan dari dalam.

Mencegah hal tersebut, selain cat food grade yang perlu digunakan bisa berbentuk bahan poles. Dan tetap ingat bahwa bahan yang digunakan harus BPA free. Nah Anda bisa menggunakan bahan poles yang terbuat dari Beeswax. Bahan poles ini adalah produk yang tidak beracun dan aman digunakan pada peralatan makan yang terbuat dari kayu.

Cara kerja Beeswax adalah dengan menyerap ke dalam pori kayu dan memberikan perlindungan dari dalam. Ketika digunakan, cat aman dan tidak berbahaya. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda cukup menggunakan kain yang bersih dan ambil sedikit Beeswax.

Oleskan sambil diusap dan ditekan ke seluruh permukaan peralatan makan dari kayu. Jika sudah merata maka hasilnya kayu akan terlihat lebih terang dan mengkilap. Walaupun terlihat sedikit mengkilap peralatan makan tersebut tetap aman digunakan sebagai alat masak atau alat makan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here