Mengenal Dempul Kayu Yang Kuat Di Indonesia

360
Mengenal Dempul Kayu Yang Kuat Di Indonesia

Penggunaan dempul bagi kebanyakan pengrajin adalah hal yang sangat penting. Namun sayanganya apalikasi dempul yang berulangkali membuat para pengrajin cenderung malas untuk proses aplikasinya. Proses pengamplasan yang dianggap membuang banyak waktu oleh para pengrajin banyak dilupakan. Nah untuk mencegah hal tersebut maka memilih jenis dempul kayu yang tepat adalah solusinya.

Dempul kayu tidak hanya mudah diaplikasikan namun juga harus dipilih yang kuat. Dempul kayu yang kuat akan menutup pori kayu dengan baik dan juga akan membuat kayu bertahan lebih lama. Pernahkah Anda menemukan kursi kayu yang keropos karena rayap?

Mengenal Dempul Kayu Yang Kuat Di IndonesiaHal tersebut muncul karena tidak menggunakan dempul kayu yang berkualitas sehingga kelembaban tidak masuk ke dalam kursi kayu dan mengundang rayap pada akhirnya merusak kursi tersebut. Dempul kayu yang kuat akan membuat kursi kayu menjadi lebih tahan lama. Kuat terhadap kelembaban dan juga kuat terhadap serangan rayap.

Di Indonesia jenis dempul kayu yang banyak digunakan adalah dempul kayu water based. Dempul ini kini menjadi banyak primadona karena kelebihanya yaitu tidak menimbulkan bau, cepat kering dan juga sangat mudah untuk diaplikasikan.

Bagaimana kekuatannya jika dibandingkan dengan dempul kayu solvent? Anda pasti mengira bahwa dempul kayu water based adalah produk yang sangat mudah untuk luntur. Namu justru sebaliknya dempul kayu water based lebih kuar dan akan melekat pada kayu dengan baik.

Pengisian pori kayu dengan filler akan mengakibatkan kayu berubah menjadi lebih tahan lama karena fungsinya untuk menyerap kelembaban telah berkurang. Selain itu juga dempul kayu water based dapat dimanfaatkan sebagai perbaikan cacat lubang pada kayu baik itu yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Jika Anda ingin menggunakannya pelajari bagaimana cara menggunakannya tergantung dengan lubang kayu yang Anda ingin perbaiki.

Daya Tahan Dempul Kayu Yang Kuat

Berbicara masalah daya tahan hal ini adalah yang paling penting. Masih sebagian besar pengrajin hanya mengetahui bahwa dempul akan memberikan hasil yang rata dan halus saja. Padahal daya tahan sebuah produk dempul akan sangat berpengaruh.

Jika dempul tidak dapat bertahan lama lalu bagaimana dempul akan melindungi furniture dari serangan cuaca. Dempul sebagai lapisan paling awal dari proses finishing akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan hasil furniture yang dapat bertahan lama.

Daya tahan dari dempul kayu bisa Anda perhatikan dengan mengaplikasikan secara langsung. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu hal hal apa saja yang akan mempengaruhi daya tahan dempul setelah diaplikasikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Dempul menimbulkan peeling

Ketika proses pengamplasan berlangsung maka akan timbul peeling. Bentuknya seperti bulir-bulir pasir. Adanya masalah peeling berarti dempul tidak melekat dan mengisi pori kayu dengan benar. Dempul akan membuat pori kayu tetap terbuka.

Mengenal Dempul Kayu Yang Kuat Di Indonesia

Adanya proses peeling ini dikarenakan formula dari dempul yang kurang tepat. Jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya Anda mengganti produk yang digunakan.

  • Dempul kayu terlalu keras

Adapula masalah ketika dempul yang akan Anda aplikasikan terlalu keras. Masalah masih sama yaitu pada formula pembentuk dari dempul kayu. Dempul kayu yang terlalu keras membutuhkan bahan pelarut untuk digunakan. Bahan pelarut ini bisa berupa air maupun bisa berupa solvent tergantung dengan jenis dempulnya.

Ketika dempul terlalu keras maka tidak akan menempel dan juga tidak akan mengisi pori kayu dengan sempurna.

  • Dempul tidak cepat kering

Setelah proses aplikasi, dempul akan didiamkan saja atau bahkan adapula yang dijemur agar cepat kering. Namun setelah beberapa jam maka adapula dempul yang tidak cepat kering. Masalahnya adalah formula dari dempul yang kurang baik sehingga setelah proses aplikasi dempul tidak juga kunjung mengering.

Masalahanya ketika dempul tidak mengering maka proses pengamplasan tidak dapat dilakukan dan ketika dilapisi oleh cat juga tidak akan memberikan hasil memuaskan. Akan terlihat beberapa bagian dari dempul yang tidak kering.

  • Dempul kayu yang mengapur

Ketika dempul telah kering dan diamplas ada banyak serbuk yang keluar. Bahkan serbuk ini cenderung sangat banyak. Artinya dempul tersebut mengapur yang meimbulkan dempul tidak merekat dengan baik pada pori kayu. Terlalu banyak serbuk yang dihasilkan akan memberikan tampilan yang tidak sempurna dan juga efeknya adalah dempul tidak memberikan perlindungan dengan baik. Bahkan setelah diberikan lapisan cat di atasnya proses pengapuran juga bisa saja masih timbul.

Setelah Anda mempelajari bagaimana daya tahan dari dempul kayu yang kuat maka Anda harus bisa mendapatkan dempul kayu yang terbaik dan harus Anda gunakan.

Jenis Dempul Terbaik Dan Terkuat Water Based

Jika dempul kayu water based yang disarankan untuk digunakan bukannya tanpa alasan. Anda akan mendapatkan kesehatan yang baik ketika menggunakan dempul kayu water based dibandingkan dengan dempul kayu solvent.

Dempul kayu water based tidak menimbulkan efek yang berbahaya dan juga tidak mengeluarkan bau tidak sedap ketika proses pengeringan berlangsung. Anda tidak akan menemukan udara yang terkontaminasi dengan adannya logam berat yang dikeluarkan oleh dempul kayu.

Selain itu juga dempul kayu water based lebih mudah untuk diaplikasikan karena lebih cepat kering namun tetap dapat merekat pada pori kayu dengan baik. Anda yang ingin menggunakan dempul water based hanya membutuhkan bahan campuran air saja. Bukan bahan berbahaya seperti thinner.

Mengenal Dempul Kayu Yang Kuat Di Indonesia

Dempul water based yang terbaik bukan hanya aman ramah lingkungan dan proses aplikasi yang mudah namun lebih pada ketahanannya. Anda bisa menggunakan dempul water based Biovarnish yang akan memberikan ketahanan terhadap panas hujan dan perubahan cuaca yang lainnya.

Gunakan dempul kayu Biovarnish dengan produk yang sama yaitu wood stain dan top coat yang akan membangun lapisan film kuat di bagian luar kayu. Selain itu juga dempul kayu water based Biovarnish bisa Anda gunakan untuk memperbaiki cacat pada permukaan kayu.

Biovarnish wood filler tersedia dalam empat macam warna yang bisa Anda gunakan yaitu warna jati, warna sungkai, warna ramin dan juga warna mahoni. Selalu gunakan Biovarnish wood filler untuk segala keperluan finishing. Sebagai bahan dasar akan membuat lapisan diatasnya lebih mudah diaplikasikan dan juga memberikan warna natural transaparan yang lebih baik.

Proses pengamplasan, proses pengeringan jauh lebih baik dibandingkan dengan produk yang lainnya. Anda akan mengamplas dengan ringan dan akan mendapatkan proses kering hanya sekitar 20 menit saja itupun dalam keadaan didalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang terbaik.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish Anda bisa membeli di toko bahan bangunan terdekat atau pada agen terdekat di wilayah Anda. Dengan adanya produk aman dan ramah lingkungan Anda tidak perlu ragu lagi untuk memperbaiki segala macam furniture di rumah yang digunakan keluarga Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here