Mengenal Furniture Kayu Asem

1189
Mengenal Furniture Kayu Asem

Kayu asem merupakan kayu dari pohon asem yang dapat tumbuh besar dan tinggi dengan batang kayu yang bercabang-cabang. Kayu asem merupakan salah satu jenis kayu yang langka. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang menggunakan kayu asem ini. Walaupun demikian kayu asem juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan barang olahan kayu yang berguna. Nah, sebelum kita mengenal apa saja kegunaan dari kayu ini, maka sebelumnya lebih baik untuk mengenal karkater dari kayu asem ini.

Mengenal Furniture Kayu Asem

Salah satu karakter dari kayu asem yang terlihat adalah kayu ini memiliki garis-garis yang searah keatas dengan berlubang kecil. Pohon asem ini tidak hanyak diambil bagian kayunya saja, tetapi juga pada bagian buah asem dan juga pada daunnya juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Yang lebih menarik dari pohon asem ini adalah pohonnya dapat hidup hingga mencapai ratusan tahun.

CS Biovarnish

Kayu asem memiliki karakter yang sangat keras, apalagi jika kayu asem ini ditebang pada umur yang sudah cukup tua hingga ratusan tahun. Warna dari kayu asem apabila ditebang dan juga diproses akan memiliki warna yang lebih gelap. Karena kerasnya kayu asem ini, maka kayu asem juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat arang. Nah, bagi mereka yang memiliki usaha pembakaran kayu menjadi arang, maka hal tersebut juga akan mendatangkan banyak rejeki yang melimpah.

Kayu asem yang keras dan dibuat menjadi arang, maka apabila digunakan sebagai bahan kayu arang untuk memasak maka akan lebih awet dan juga tahan lama. Selain digunakan untuk bahan arang, kayu asem juga banyak digunakan untuk bahan kerajinan dan juga bahan perabotan rumah tangga. Kayu ini juga biasanya digunakan untuk pembuatan gagang perabotan rumah tangga dan juga gagang untuk keris. Selain itu, kayu asem ini juga banyak digunakan untuk pembuatan tongkat dan juga mata cincin serta yang lainnya.

Sebenarnya kayu asem telah digunakan sejak jaman dahulu untuk digunakan menjadi berbagai bahan perabotan yang berguna. Karena kerasnya kayu asem ini, maka pengolahan dari kayu ini juga tidak mudah. Untuk memproses kayu asem dibutuhkan banyak waktu dan juga harus teliti. Selain itu, kayu ini juga membutuhkan tenaga yang cukup handal untuk proses pengolahannya.

Apakah kayu asem dapat digunakan untuk bahan furniture atau mebel? Ya, hal tersebut tentu saja menjadi banyak pertanyaan karena sepertinya jarang para pengusaha kayu ini yang menggunakan kayu asem sebagai bahan untuk furniture. Kayu yang biasa digunakan untuk bahan furniture adalah kayu solid dengan kualitas yang bagus. Kayu asem sekarang ini sudah langka, maka secara otomatis jarang sekali ditemukan furniture dari bahan kayu asem.

Kayu asem memang memiliki karakter yang keras, namun hal tersebut bukan menjadi pedoman untuk dijadikan sebagai bahan furniture. Pohon asem biasanya tidak diambil bagian kayu kebanyakan, tetapi lebih banyak diambil buahnya dan juga daunnya untuk dijadikan sebagai bahan masakan ataupun obat yang berguna.

Demikian beberapa hal mengenai kayu asem ini. Selain hal diatas kayu asem ini juga dipercaya sebagai salah satu jenis kayu yang bertuah untuk keselamatan. Kayu ini juga biasa dibuat sebagai bahan gelang atau kalung yang memiliki nilai yang mistis. Sekian semoga bermanfaat bagi kita semua. Pastikan update karakter yang lainnya untuk memperbanyak informasi kita.

beli biovarnish
SHARE

3 COMMENTS

    • untuk kayu sawo bagus juga di plitur pak, bisa pake Biovarnish warna candy brown, kayu sawo dibentuk furniture atau kerajinan? Untuk pliturnya bisa langsung hubungi ke nomor 0878 3934 6433. Jika bapak berkenan bisa menghubungi nomor tersebut juga untuk berkonsultasi masalah finishing yang lainnya.

  1. didisini banyak galeh asem yg dibiarkan begitu saja kira2 klk buat meja atau kusi model bentuknya yg bagemana ya bos?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here