Mengenal Furniture Kayu Mahoni

319
Mengenal Furniture Kayu Mahoni

Mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang tumbuh dengan baik di daerah tropis, salah satunya adalah Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia itu sendiri, tentu saja kayu mahoni ini sudah tidak asing lagi karena pastinya banyak ditemukan. Kayu ini biasanya ditanam di pinggir-pinggir jalan karena sifat pohonnya yang rindang. Kayu mahoni ini sebenarnya tidak hanya ditemukan di Indonesia saja, namun di negara tropis lainnya kayu ini juga tumbuh dengan baik.

Mengenal Furniture Kayu Mahoni

Di Indonesia sendiri, kayu mahoni merupakan jenis kayu yang cukup populer dan juga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan dan juga furniture. Selain itu, kayu ini juga banyak diburu oleh para pengusaha kayu ataupun para pengrajin kayu untuk dijadikan sebagai bahan kayu olahan untuk pembuatan ukiran.

CS Biovarnish

Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu dengan nilai komersial yang tinggi, apalagi dalam bidang mebel ataupun furniture. Mengapa demikian? Ya tentu saja dikarenakan kualitas dari kayu mahoni ini yang tergolong baik. Kayu mahoni memiliki tekstur dan serat yang menarik dengan warna kayu alami yang indah pula, sehingga hasil furniture atau ukiran dari kayu mahoni laku keras di pasaran.

Kayu mahoni juga termasuk jenis kayu dengan masa panen yang cukup singkat. Hal ini terbukti bahwa kayu ini dapat dipanen dalam usia sekitar 7 tahun sampai dengan 15 tahun. Tentu saja waktu yang sangat tipis, sehingga tidak jarang bagi para pengusaha kayu untuk menggunakan kayu mahoni ini sebagai bahan baku pembuatan mebel atau furniture.

Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang cukup mudah untuk diproses dan juga dibentuk. Oleh karena itu, kayu ini digunakan untuk berbagai keperluan atau untuk kayu olahan industri. Kayu mahoni biasanya dibuat furniture dalam bentuk lemari, meja, kursi, tempat tidur, meja makan, kursi makan, rak tv, dan masih banyak lagi kerajinan kayu dari mahoni. Bahkan, ukiran dengan harga yang tinggi pun juga dapat dibuat dari bahan kayu mahoni ini.

Dilihat dari segi kualitasnya, memang kayu mahoni tidak sekuat dan juga setahan kayu jati. Kayu mahoni ini bukanlah jenis kayu dengan tingkat ketahanan yang tinggi, karena kayu ini dapat mudah terserang oleh hama pemakan kayu seperti rayap dan juga jamur. Namun, bagi anda yang menyukai furniture dari kayu mahoni maka anda tidak perlu khawatir akan keawetan kayu ini.

Mengenal Furniture Kayu Mahoni

Sekarang ini, sebelum kayu mahoni dijadikan furniture, maka kayu mahoni akan diawwetkan atau diberikan treatment terlebih dahulu agar kayu ini awet dan juga tahan lama. Selain itu pengawetan ini juga ditujukan agar kayu mahoni tidak mudah terserang hama pemakan kayu. Kayu mahoni tersebut akan direndam selama beberapa waktu dengan mencampurkan bahan kimia anti serangga pemakan kayu.

Setelah selesai masa perendaman, baru kayu mahoni tersebut akan diolah atau diproses dari awal sampai finishing untuk dijadikan sebagai furniture. Tentu saja furniture dari kayu mahoni setelah diawetkan akan tahan lama dan juga tidak terserang hama pemakan kayu. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir lagi.

Memang dilihat dari segi kualitasnya, furniture dari kayu mahoni bukan furniture dengan kelas I, walaupun demikian semakin tua kayu mahoni ditebang, maka kualitasnya juga akan lebih baik lagi. Bagi anda yang menginginkan furniture dengan harga yang terjangkau, anda dapat memilih furniture dari kayu mahoni ini dengan perawatan yang tepat agar lebih tahan lama.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here