Mengenal Jenis Kayu yang Bagus dengan Cat Kayu Transparan

269

Warna kayu harus diperlihatkan dengan baik namun adapula yang tidak. Manakah yang akan Anda pilih dan dapatkan? Tentu saja memilih warna untuk furnitur dari kayu tidak bisa sembarangan. Harus sesuai dengan konsep dan juga jenis kayu yang digunakan.

Anda akan mendapatkan furnitur yang sesuai dan memperlihatkan warna asli jika kayu tersebut memiliki warna bahkan serat yang bagus untuk ditampilkan. Alasan utama ini yang membuat jenis kayu dipilih.

Ketika Anda akan membuat furnitur dan memilih kayu pasti Anda sudah membayangkan bagaimana hasil akhir yang diinginkan. Namun jika tidak maka hasilnya belum tentu baik bahkan bernilai.

CS Biovarnish

Jika Anda suka dengan tampilan yang artistik maka ada banyak jenis finishing yang bisa ditempuh seperti finishing warna natural, finishing drift wood, finishing patina, finishing rustik dan masih banyak yang lainnya.

Syarat utama untuk mendapatkan furnitur yang artistik tersebut adalah dengan jenis kayu solid dan memiliki serat kayu yang menarik. Lalu apa saja jenis kayu yang cocok untuk dicat menggunakan cat kayu transparan? Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda dapatkan:

  1. Kayu jati

Kayu solid dari kayu jati tua atau kayu jati kampung adalah jenis kayu yang berkualitas unggi bai dari segi kekuatan dan juga penampilan. Jika Anda ingin mendapatkan furnitur dengan warna transparan maka jenis kayu ini sangat cocok untuk digunakan.

Mengolahnya memang cukup sulit karena tingkat kerasnya namun jika Anda melakukan finishing dengan cat kayu transparan bahkan hanya dengan dipoles saja kayu jati akan memberikan warna natural dengan serat yang artsitik dan warna yang keemasan.

  1. Kayu trambesi

Jenis kayu ini sudah mulai langka karena warna kayu gubal dan kayu teras yang kontras. Selain itu serat kayu trambesi sama seperti kayu jati sangat terlihat artistik. Ukuran dari kayu trambesi yang besar bisa mencampai diameter lebih dari 50 cm ini sering dimanfaatkan sebagai meja.

Mengenal Jenis Kayu yang Bagus dengan Cat Kayu TransparanJika difinishing dengan cat kayu transparan baik itu warna  kayu dan bentuk dari serat yang indah akan sangat terlihat.

  1. Kayu sonokeling

Selain kayu trambesi yang memiliki warna kontras kayu sonokeling memberikan perpaduan warna yang berbeda. Walaupun antara kayu teras dan juga kayu gubal tidak terlalu terlihat namun warna kehitaman yang mewah dan elegan didapatkan dari jenis kayu yang sudah mulai langka ini.

Sedangkan untuk seratnnya seperti membentuk urat kayu dengan warna putih yang terang. Anda bisa melihat serat kayu yang berbentuk terpadu.

  1. Kayu cendana

Anda mungkin jarang sekali melihat kayu cendana karena sudah mulai langka dan harganya sangat mahal. Namun kayu ini memiliki warna yang unik dan juga aroma yang harum. Kayu cendana tidak terlalu berukuran besar namun untuk bentuknya yang artistik lebih banyak dimanfaatkan seperti akar pohon kayu jati sebagai stool.

Warna kayu sangat cocok menggunakan cat kayu transaparan karena menimbulkan efek warna cokelat terang dan serat yang unik.

  1. Kayu jati belanda

Walaupun termasuk kayu lunak namun serat kayu jati belanda tidak ada yang bisa mengalahkan. Jika Anda sedang mencari kayu dengan serat bagus dan ingin digunakan sebagai finishing cat kayu transparan dengan efek terbakar maka kayu ini sangat cocok.

Anda bisa menggunakan kayu jati belanda untuk berbagai macam kebutuhan furnitur, home deco hingga kerajinan yang lainnya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here