Mengenal Kualitas Meja TV dengan Corak Harimau

143
Mengenal Kualitas Meja TV dengan Corak Harimau

Meja TV akan tampak lebih artistik jika diaplikasikan finishing bercorak harimau, pastikan Anda menggunakan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

Bagaimana Anda bsa menilai sebuah furniture berkualitas jika Anda tidak memahami apa arti dari kualitas itu sebenarnya? Memilih barang dengan kualtas tinggi belum tentu mahal karena Anda dapat membeli barang dengan kualitas tinggi namun harga yang sangat murah. Mengapa? Karena ada banyak sekali orang yang mendonasikan berbagai macam jenis barang yang mereka punya bahkan adapula yang menjualnya dengan harga sangat murah.

Seperti meja TV misalnya. Furnitur tersebut bisa Anda dapatkan di toko barang bekas, jika Anda tidak menyukai penampilannya jangan khawatir karena Anda bisa mengecatnya ulang. Kadai Anda tidak akan mengeluarkan uang yang sangat banyak hanya untuk membeli meja TV dengan harga yang sangat mahal karena baru.

CS Biovarnish

Bahkan ada dua keuntungan yang akan Anda dapatkan. Pertama adalah mendapatkan furnitur dengan tampilan yang sesuai dengan keinginan Anda. Kedua adalah furnitur yang Anda dapatkan bisa lebih aman maksudnya Anda bisa memilih bahan finishing yang lebih aman dibandingkan Anda hanya membeli furnitur yang sudah jadi, Anda tidak tahu furnitur teah difinsihing menggunakan bahan yang aman atau tidak.

Nah salah satu finishing pada meja TV yang disarankan adalah corak harimau. Kenapa disebut dengan corak harimau? Sebab, corak finishing ini menyerupai corak yang terdapat pada kulit harimau. Untuk mendapatkan hasil corak yang menyerupai kulit harimau maka Anda tidak perlu bingung, karena corak tersebut bisa didapatkan tanpa harus dilukis terlebih dahulu melainkan hanya memainkan teknik finishing saja.

Mengenal Kualitas Meja TV dengan Corak Harimau

Meja yang diaplikasikan finishing bercorak harimau akan memperlihatkan kesan yang artistik dan berkelas. Sehingga Anda pun tidak perlu membeli furniture dengan harga yang mahal untuk mendapatkan corak semacam ini. Nah, cat apakah yang harus digunakan?

Untuk masalah cat yang digunakan dalam proses finishing dengan corak harimau, Anda bisa menggunakan cat yang aman digunakan yakni cat water based. Dengan menggunakan cat water based tentu saja Anda akan mendapatkan hasil finishing yang aman bebas dari toxic yang biasanya terkandung dalam cat.

Untuk langkah finishing corak harimau, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Persiapkan meja TV, pastikan meja TV terbuat dari bahan kayu solid dengan serat kayu alami yang menarik seperti kayu jati belanda. Anda bisa menggunakan kayu pinus yang juga memiliki serat artistik. Serat inilah yang akan membantu untuk mendapatkan hasil finishing yang menarik.
  2. Campurkan wood stain warna papua rose dengan air perbandingan 2 bahan dengan 1 air dana du rata dalam gelas plastik. Aplikasikan wood stain dengan kuas sponge searah serat kayu. Anda juga bisa menggunakan kuas nylon untuk hasil yang halus. Setelah 8 hingg 10 detik selesai diaplikasikan lap dengan kain kering dan bersih. Lakukan ini secara merata dan terbentuk serat kayu seperti terbakar. Di sini Anda sudah bisa melihat corak belang dari harimau.
  3. Tunggu lapisan cat mengering selama 60 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan dengan ambang menggunakan amplas 400. Hilangkan debua sisa pengamplasan.
  4. Campurkan wood stain warna red Gl dengan air dalam gelas plastik. Dan aplikasikan searah serat kayu secara merata setelah 10 detik hapus dengan kain lap, Anda akan melihat warna dari kulit harimau yang cenderung orang. Tunggu kering 60 menit dan amplas amabng kembali dengan amplas 400, bersihkan debu amplas.
  5. Langkah terkahir adalah aplikasikan clear coat dengan tampilan matte agar lebih terlihat hasil natural. Setelah itu Anda bisa mencampurkan clear coat terlebih dahulu dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan secara merata larutan ke permukaan kayu menggunakan kuas sponge. Agar kering sempurna diamkan selama 24 jam agar tingkat kering sempurna dan lapisan clear coat mengeras sebelum Anda menggunakannya.

Sudahkan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan? Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar.

Kenapa Harus Cat Water Based?

Dewasa ini, siapa yang tidak kenal dengan cat water based? Memang di Indonesia, cat water based belum begitu dikenal karena masyarakat lebih familiar dan sudah percaya dengan penggunaan cat solvent based. Padahal cat water based sendiri adalah cat yang sudah digunakan di Eropa dan Amerika menggantikan cat solvent based. Seperti yang telah kita ketahui bahwa baik di Eropa, Amerika dan beberapa negara maju di dunia sangat memperhatikan keamanan lingkungan dan kesehatan sehingga wajar saja jika cat solvent based sudah dilarang.

Apa yang menyebabkan cat solvent based begitu dilarang? Cat solvent based merupakan cat dengan bahan pelarut air dan memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya. Bahkan dijumpai di beberapa cat solvent based masih mengandung timbal dan merkuri. Kandungan bahan ini lah yang sangat dihindari oleh negara-negara maju didunia karena membahayakan kesehatan. Di Eropa, dahulu timbal pernah dipakai pada cat tembok untuk menghasilkan warna putih bersih namun dampak yang ditimbulkan adalah orang atau bahkan keturunannya bisa terdiagnosa penayakit polio.

Maka dari itu, kedua bahan kimia berbahaya ini sudah dilarang untuk digunakan dalam bahan campur cat. Sedangkan masih ada sebagian produk cat solvent based yang menyertakan bahan kimia tersebut. Selain kandugan bahan kimia berbahaya tersebut. cat solvent based juga menyebabkan kerusakan lingkungan seperti polusi udara, lapisan ozon semakin melebar atau pemanasan global. Hal ini disebabkan karena kandungan Volatile Organic Compounds (VOC) pada cat tersebut sangat tinggi.

Karena kandungan VOC yang sangat tinggi dan mengandung beberapa bahan kimia berbahaya, menyebabkan bau yang tidak nyaman serta beracun bagi tubuh. Jika terus menerus dibiarkan, maka sangat memungkinkan orang yang terkontaminasi dalam waktu yang lama bisa terserang penyakit kanker, tentu tidak mau kan kalau salah satu anggota keluarga kita terserang kanker?

Hadirnya cat water based membawa nafas segar bagi para penghobi kayu atau bahkan pengusaha pengrajin, karena tidak membahayakan kesehatan maupun lingkungan. Selain itu, cat water based juga memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dengan cat solvent based. Dan terdiri dari banyak varian finishing, Anda bisa menciptakan kreasi finishing dengan cat water based.

Namun, hingga saat ini cat water based yang banyak beredar di Indonesia masih didominasi warna natural kayu. Jika membahas finishing corak harimau, maka finishing dengan warna natural kayu memanglah cocok namun tidak semua cat water based memiliki warna yang komplit digunakan agar bisa menciptakan finishing harimau.

Nah, salah satu produk finishing water based yang sangat menarik dan pastinya aman dan ramah lingkungan adalah produk dari Bio Industries. Cat yang diproduksi tidak hanya tampilan kayu melainkan juga warna-warna solid.  Untuk warna kayu sendiri, Bio Industries menyediakan berbagai tampilan yang bisa Anda kreasikan pada furniture seperti meja TV yang akan ada ubah menjadi sebuah seni tersebut.

Untuk proses finishing corak harimau yang digunakan pada tahap diatas, Anda bisa menggunakan BioColours atau Biovarnish, namun untuk hasil dengan warna yang beragam maka Anda bisa menggunakan Biocolours Wood Stain dengan tampilan kayu.  Hasil tampilannya pasti sangat menakjubkan dan memberikan kesan artistik.

Mungkin sebagian masyarakat masih menganggap bahwa cat water based begitu mahal, padahal justru penggunaan cat water based jauh lebih ekonomis dan efisien waktu. Sebab, cat water based  ini hanya menggunakan bahan pelarut air dan tidak perlu membeli kembali bahan pelarut untuk mengencerkan cat. Selain itu, cat water based jauh menghasilkan bonding yang baik dan cepat kering. Selain itu, cat water based tidak perlu menunggu sinar matahari namun hanya butuh ruang yang teduh maka dari itu cat water based lebih efisien waktu.

Jika dilihat dari efisien waktu dan biaya ini, sangat cocok bagi Anda yang memiliki usaha mebel. Pada umumnya orang akan dikejar target karena pengiriman, dengan adanya cat water based pengiriman produk mebel akan jauh lebih cepat. Dan menariknya, Anda tidak perlu khawatir lagi harus pengiriman ke negara lain karena cat water based dipastikan aman digunakan.

Terlebih jika cat water based seperti produk Bio Industries juga memiliki sertifikasi standar keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan Uni Eropa ECHA Reach Regulations Compliance. Sehingga produk finishing tersebut aman dari bahan kimia, tidak berbau dan tidak beracun.

Masih ragu menggunakan produk-produk cat water based yang sudah dipastikan aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based? Cintai orang terdekat dan lingkungan sekitar Anda dimulai dengan menggunakan produk-produk yang aman dari bahan kimia berbahaya serta ramah lingkungan. Jangan sampai kita menjadi korban dan membiarkan lingkungan semakin rusak karena ulah manusia itu sendiri.

Baca juga artikel kami yang membahas tentang “clear coat murah berkualitas” untuk furniture kayu.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here