Menggunakan Pelapis kayu Water Based yang Tahan Lama

138
Menggunakan Pelapis kayu Water Based yang Tahan Lama

Memutuskan pelapis kayu yang baik untuk digunakan seringkali membingungkan. Anda tidak tahu manakah merk pelapis kayu yang tahan lama dan juga bisa Anda gunakan sehingga membuat furnitur atau kerajinan kayu lainnya bisa bertahan lebih lama. Anda akan kesulitan mencari jika belum melakukan perbandingan. Namun jika Anda sudah melakukan perbandingan maka Anda akan mengetahui manakah jenis pelapis kayu yang baik untuk digunakan dan sesuai kebutuhan.

Nah, untuk itu berikut ini apa saja jenis pelapis kayu yang disarankan untuk digunakan dan bagaimana cara menggunakannya. Jenis bahan finishing pertama yang paling banyak digunakan melapisi kayu selama ini adalah cat solvent.

Namun sayangnya cat solvent modern ini sudah tidak banyak digunakan seperti zaman dahulu. Kebanyakan industri finishing bahkan DIY sudah beralih menggunakan cat water based untuk kayu. Alasannya adalah cat solvent membutuhkan thinner yang cukup mahal sebagai bahan pelarut. Belum lagi untuk bahaya kandungan solvent yang menimbulkan polusi di dalam ruangan.

CS Biovarnish

Penggunaan cat solvent sudah digeser dengan cat water based, Anda sendiri harus menyadarinya sehingga Anda tidak perlu lagi beralih menggunakan cat yang lainnya. Keuntungan utama dari cat water based selain kemananannya yang bebas dari bahan pelarut logam berat adalah pertahanannya yang lebih baik.

Menggunakan Pelapis kayu Water Based yang Tahan LamaKetahanan dari cat water based dapat digunakan baik itu untuk furnitur dalam ruangan dan juga luar ruangan. Anda akan mendapatkan perlindungan yang baik. Jika Anda akan mengaplikasikan pada furnitur yang sering digunakan atau kayu yang banyak bergesekan seperti lantai maka gunakan larutan poliuretan water based.

Poliuretan water based adalah produk yang berbeda dengan cat water based biasanya yang disebut dengan akrilik water based. Bahan ini lebih kuat namun cara aplikasinya sama mudahnya dengan aplikasi pernis atau plitur. Untuk hasil aplikasi transparan Anda bisa menggunakan cat dasar kayu terlebih dahulu yaitu sanding sealer water based kemudian baru dilanjutkan dengan aplikasi poliuretan.

Cat dasar kayu sanding sealer berfungsi untuk merekatkan lapisan di bawahnya yaitu kayu dan lapisan di atasnya yaitu poliuretan. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan primer coat namun warna yang diberikan adalah transparan.

Untuk langkah-langkah aplikasinya sangat mudah sebagai berikut ini:

  1. Pastikan Anda memiliki substrat kayu yang halus dan juga bersih. Amplas seluruh permukaan kayu dan bersihkan debu amplas. Kayu harus sudah kering untuk menghindari kerusakan seperti jamur dan rayap setelah aplikasi poliuretan.
  2. Lanjutkan dengan aplikasi cat dasar kayu yaitu sanding sealer water based. Campurkan dengan air kemudian aplikasikan menggunakan spray gun agar lebih cepat. Gunakan spray gun hingga sanding sealer rata dan tunggu lapisan mengering. Mulai amplas dengan amplas 400 secara ambang, bersihkan debu amplas kembali.
  3. Jika lapisan sanding sealer telah selesai siapkan poliuretan water based. Campurkan poliuretan dengan air kemudian aduk hingga rata setelah itu semprotkan dengan spray gun ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  4. Langkah terakhir adalah menunggu hingga lapisan poliuretan menjadi kering. Anda bisa melapisi dua kali poliuretan jika ingin mendapatkan lapisan film yang lebih tebal. Setelah aplikasi Anda bisa menunggu kering 60 menit baru diamplas dengan amplas 400 dan aplikasikan kembali lapisan terakhir baru mendiamkan semalaman.

Perbedaan poliuretan dengan politur atau pernis adalah lapisan yang diberikan lebih kuat dan tahan lama. Bahkan Anda bisa menggunakannya pada deck kamar mandi untuk merk water based poliuretan tertentu. Aplikasi sangat mudah dan Anda bisa menggunakan spray gun dengan maksimal.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here