Menghilangkan Serat Kayu Pada Furnitur

1206
Menghilangkan Serat Kayu Pada Furnitur

Bagaimana cara menghilangkan pori-pori kayu dari lemari kayu  jenis oak atau jati belanda. Kayu oak terkenal dengan pori kayu yang menjadi lembut setelah mengering. Sayangnya, ini berarti pori-pori kayu sering terbuka dan akan mudah menyerap kelembaban jika tidak diberikan lapisan cat dengan benar. Kerusakan yang sering terjadi biasanya berasal dari kayu yang menyerap minyak dapur dan kelembaban lainnya selama bertahun-tahun penggunaannya. Walaupun tidak ada tanda-tanda pembusukan.

Jika Anda keberatan dengan pori kayu tersebut dan tidak membutuhkannya untuk penampilan yang maksimal Anda bisa memulai dengan aplikasi menggunakan cat kayu warna solid. Cat ini akan memberikan warna yang menutup pori kayu selain itu juga akan menutup pori kayu dengan baik sehingga tidak akan ada kelembaban yang diserap dengan cepat.

Penampilan berbeda, selain itu juga  pori-pori kayu akan terjaga dengan baik.

Menghilangkan Serat Kayu Pada Furnitur
Aplikasi primer coat warna putih untuk menutup serat kayu.
CS Biovarnish

Untuk benar-benar menyegel pori-pori dan menyamakan semua warna kayu, serat kayu, maka Anda perlu menggunaka wood putty yang merupakan dempul kayu berkualitas dan bisa Anda gunakan dalam cuaca apapun. Berikut adalah beberapa tips ketika bekerja dengan produk dempul kayu.

Tips: Dengan produk dempul kayu, Anda ingin memastikan bahwa lapisan pertama cat atau primer tipis untuk mencegah masuknya kelembaban dan juga untuk menghalangi kerusakan kayu secara perlahan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan BioColours Wood Putty yang akan memberikan hasil sangat maksimal dan juga menutup warna sekaligus pori kayu dengan baik. Sehingga ketika Anda akan melapisi dengan primer di atasnya akan lebih mudah.

Jaga setipis mungkin. Dempul kayu tidak fleksibel seperti halnya kayu. Dengan demikian, lebih rentan terhadap retak dan lapisan tebal akan membuatnya bahkan lebih. Bayangkan  papan kayu vs papan semen. Jika Anda menendang mereka masing-masing, papan semen akan retak dan papan kayu akan melengkung (sampai titik tertentu, tentu saja).

Dorong ke bawah pada scraper saat Anda mengaplikasikan dempul kayu. Benar-benar membuatnya mengisi pori kayu bahkan lubang kayu dengan tepat, memastikan ikatan yang tepat. Kemudian mengikis kelebihannya menggunakan amplas setelah dempul benar-benar menjadi kering.

Menghilangkan Serat Kayu Pada Furnitur
Aplikasi dempul kayu sebelum primer dengan pisau scrape.

Akan ada pengamplasan dan Anda tidak bisa melewatkannya. Buat transisi antara kayu dan dempul kayu hingga benar-benar mulus. Sebuah mesin amplas akan menghemat waktu Anda dalam pengamplasan.

Pastikan sudut atau tempat yang sulit dijangkau (untuk pengamplasan) semulus mungkin saat Anda membiarkan dempul kayu mejadi kering. Karena kebanyakan mesin sander memiliki cakram bundar, sudut harus diampelas dengan tangan. Maka jangan pernah Anda melupakan cara untuk mengampas dengan tangan karena cara tersebut akan sangat berguna dan juga akan sangat dibutuhkan pada sudut-sudt kayu setelah Anda mengamplas dengan mesin.

Jika permukaan sudah berubah menjadi halus dan rata maka tahapan selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan menggunakan cat primer coat. Sekali lagi lapisan cat primer yang akan Anda dapatkan bisa diaplikasikan dengan spray system agar benar-benar berubah menjadi rata.

Tunggu lapisan primer coat Anda kering baru Anda bisa memulai mengamplasnya kembali, Sebaiknya amplas dengan tangan jika Anda tidak ingin semua lapisan primer mengelupas. Amplas secara ambang dengan kertas amplas yang tepat dan bersihkan debu amplas dengan sebaik-baiknya.

Tahapan terakhir adalah dengan mengaplikasikan cat warna solid yang telah Anda pilih dengan cara yang sama Anda aplikasikan dengan cat primer dan terkahir adalah lapisan top coat yang akan melindungi furnitur dengan baik.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here