Merawat Furniture Kayu Agar Lebih Tahan Lama

307

Furniture lebih awet dan bertahan lebih lama jika dirawat dengan tepat. Merawat furniture kayu dengan cara yang tepat dapat melindungi kayu agar tidak mudah rusak.

Furniture memiliki peran yang sangat penting dalam rumah ataupun bangunan lainnya. fungsinya yang tidak hanya digunakan untuk meletakkan sesuatua, furniture juga berfungsi untuk penghias ruangan. maka dari itu, tampilan furniture sangat lah penying untuk dijaga dan dirawat secara teratur.

Merawat furniture kayu tidak semuah merawat furniture dai bahan plastik atau besi. Furniture dari kayu jauh lebih sensitif karena sangat mudah terserang jamur dan serangga.

Merawat Furniture Kayu Biar Lebih Awet

Kayu merupakan material organik yang banyak digunakan di industri woodworking seperti mebel. Bahkan sebagian furniture yang digunakan menggunakan material organik jenis ini. karena teksturnya yang kuat dan tahan lama menjadi alasan utama material ini cocok digunakan sebagai bahan baku furniture. selain itu, furniture dengan kayu juga memiliki serat yang bagus sehingga banyak yang menggunakan tampilan  natural kayu.

Furniture dari kayu tidak sekuat seperti furniture dari plastik ataupun besi, furniture kayu harus dirawat dengan teratur agar furniture terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak. Merawat furniture kayu harus dengan disiplin agar kayu tetap terlindungi. Sangat penting untuk mengetahui cara merawat furniture dari bahan kayu yang tepat.

Untuk mempermudah merawat furniture kayu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dirumah:

  1. Letakkan Furniture Dengan Perlahan

Ketika Anda membeli furniture yang baru atau sedang memidah posisi furniture Anda karena bosan, Anda perlu hati-hati ketika memidahkannya. Sebab kayu akan mudah rusak jika terkena gesekan dengan tanah atau lantai. Anda dapat menyiasatinya dengan melapisi kain atau keset bagian alas furniture untuk mempermudah ketika digeser atau dipindahkan.

  1. Letakkan Furniture di Tempat Yang Kering

Sering kita tidak menyadari penyebab furniture mudah berjamur atau terserang serangga sesungguhnya. Mungkin saja karena peletakan furniture di tempat yang salah. Jamur atau serangga perusak biasanya sangat menyukai udara yang lembab, udara tersebut sangat disukai karena menjadi tempat yang tepat untuk bertumbuh -kembang.

  1. Gunakan Karet atau Kain Sebagai Alas Furniture

Furniture sangat rawan terhadap kelembaban udara terutama bagian tanah atau lantai. Untuk mengurangi pengaruh kelembaban pada kayu maka gunakan karet atau kain sebagai alas furniture.

  1. Rawat Furniture Secara Rutin

Furniture yang dirawat secara rutin akan jauh lebih bertahan lama dan tampilan kayunya terjaga dengan baik. Rawat furniture secara berskala baik seminggu sekali atau dua minggu sekali agar tidak mudah rusak. Seringkali kita salah mengartikan bahwa kain basah dapat menghilangkan debu pada furniture, justru hal ini meruapkan cara yang sangat fatal dan dapat mengakibatkan kayu cepat rusak. Air dapat menyebabkan kayu semakin lembab dan memudahkan jamur untuk tumbuh. Sebaiknya gunakan wax khusus kayu yang cocok untuk menjaga tampilan furniture. Merawat furniture kayu tidak hanya untuk mempertahankan warna kayu saja melainkan juga melindungi kayu terutama serat kayu agar lebih awet.

  1. Lap Furniture Yang Tertuang Air Dengan Segera

Hal ini sering terjadi pada furniture yaitu tertuang air baik air minum, air lap dsb. Jika hal ini terjadi pada furniture Anda, sebaiknya segera mungkin untuk mengusap air tersebut dengan kain bersih agar tidak membekas. Bekas air dapat memudarkan warna furniture sebelumnya sehingga akan mengganggu tampilan furniture.

Merawat furniture tidak semudah yang kita bayangkan sebelumnya, Anda harus mengetahui kekurangan dari bahan furniture Anda sehingga Anda dapat lebih mudah untuk merawatnya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here