Pengenalan Pernis Kayu Water Based Hingga Cara Aplikasinya

171
Pengenalan Pernis Kayu Water Based Hingga Cara Aplikasinya

Pernis kayu water based awalnya bermula dari negara Mesir. Digunakan oleh para pengrajin ukiran di Mesir kemudian banyak digunakan pada zaman kolonial di Eropa untuk finishing white wash. Dahulu kebanyakan cat water based hanya digunakan pada dinding dan juga dekorasi. Namun kini pernis kayu water based banyak digunakan pada furniture hingga bangunan rumah.

Pernis digunakan karena kekuatan dan ketahanannya terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Perubahan formula dari pernis water based pun dilakukan untuk menyaingi cat lacquer yang juga hingga kini banyak digunakan oleh para pengrajin.

CS Biovarnish

Jika dilihat pada sejarah cat water based, ini adalah jenis cat yang satu-satunya tidak mengandung bahan organik membahayakan untuk lingkungan. Hingga saat ini resin yang menjadi bahan baku cat telah dikonversikan bersama dengan berbagai bahan lainnya agar bisa bercampur dengan air. Mengingat resin dan air bukanlah bahan yang bisa larut.

Cat water based yang berupa pernis kayu, kini bisa digunakan pada furniture apapun. Baik itu furniture outdoor, indoor hingga lantai kayu. Anda bisa menggunakan pernis water based yang terbuat dari bahan urethane dan polyurethane. Bahan ini berbeda dengan bahan minyak dan acrylic karena kekuatannya menahan alkali dan juga goresan memberikan perlindungan pada kayu di tingkatan yang berbeda.

Apabila Anda memiliki furniture kayu yang mahal seperti terbuat dari kayu jati, kayu sonokeling, kayu ulin dan merbau sebaiknya gunakan pernis kayu water based polyurethane. Selain polyurethane, Anda juga bisa menggunakan pernis kayu yang terbuat dari bahan acrylic.

Pernis yang terbuat dari acrylic lebih cocok digunakan pada furniture indoor atau furniture yang diletakan di bawah atap rumah seperti teras dan balkon. Bahan acrylic akan memberikan perlindungan pada kelembaban dan juga panas terus menerus.

Cara menggunakan pernis kayu water based tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memilih menggunakan kuas atau dengan spray gun. Aplikasi alat yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang juga sesuai.

Pengenalan Pernis Kayu Water Based Hingga Cara Aplikasinya
Cara aplikasi pernis water based yang salah

Berikut ini cara aplikasi pernis kayu water based yang paling mudah yakni dengan kuas.

  • Bersihkan kayu dan amplas. Lapisi permukaan dasar kayu dengan sanding sealer water based atau wood filler water based. Cat dasar kayu yang terbuat dari water based dibutuhkan agar pernis dapat merekat di atasnya. Jangan gunakan cat dasar dari solvent jika Anda ingin melapisi dengan pernis water based. Pastikan setelah dilapisi cat dasar, permukaan kayu diamplas dengan amplas 400. Lakukan pengamplasan secara ambang.
  • Lanjutkan dengan pencampuran pernis water based dengan air. Larutkan cat ke dalam wadah yang bersih dan kering seperti gelas plastik. Tuangkan cat dan air sesuai dengan perbandingan bahan yang disarankan oleh pabrik. Baca aturan penggunaan pada kemasan cat.
  • Gunakan kuas baru dan kering yang terbuat dari busa dan nilon. Celupkan ½ bagian dari bulu kuas kemudian ketukan kelebihan cat pada bibir gelas plastik. Ini akan mengurangi cat yang menyerap berlebih. Sapukan kuas pada permukaan kayu searah serat, lakukan panjang dan tidak berhenti sampai cat habis. Lakukan cara yang sama sampai seluruh bagian permukaan kayu terlapisi dengan benar.
  • Tunggu lapisan kering, proses kering akan membutuhkan waktu 24 jam. Anda bisa mendiamkan furniture selama semalaman. Namun ingat jangan jemur furniture karena akan merusak proses pengeringan cat. Kini furniture Anda telah terlapisi dengan cat water based dengan benar.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here