Plitur Kayu Jati Belanda Tidak Mengandung Toxic

260

Plitur kayu adalah lapisan pelindung atas yang diterapkan pada kayu untuk melindunginya dari kelembaban, sinar matahari, dan pemakaian sehari-hari.

Terkadang plitur kayu disalah artikan dengan wood stain. Wood stain adalah pewarna yang sederhananya mewarnai kayu dengan warna natural atau asli kayu tertentu. Setelah itu, finishing diterapkan untuk menyegel kayu dan melindunginya dari pemakaian sehari-hari. Kayu dapat memiliki warna kuning untuk mereka dan mengubah warna tampilan kayu, tetapi bukan zat pewarna. Beberapa orang lebih memilih untuk membiarkan kayu dalam warna alami dan hanya menerapkan plitur pada kayu untuk perlindungan.

The National Wood Flooring Association mendaftar tujuh jenis finishing kayu yang bervariasi dalam warna, daya tahan dan kemilau. (1) Mereka memberikan gambaran singkat tentang jenis kemilau (gloss to matte), menjelaskan apa yang permukaannya selesai (tetap pada permukaan kayu untuk melindunginya), dan memungkinkan pembaca tahu plitur yang akan menjadi kuning seiring waktu.

CS Biovarnish

Tetapi bagaimana dengan susunan dan efek kimia mereka pada plitur yang mempengaruhi kesehatan?

Bahan finishing standar seperti plitur berbasis minyak telah ditemukan mengandung gas yang lebih banyak dari VOC dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan panjang. Bagaimana Anda bisa memilih selesai dengan kurang VOC di dalamnya? Di bawah ini adalah beberapa plitur kayu alami terbaik yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan di rumah Anda.

  • Poles Kayu

Terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak biji rami dan lilin lebah, selesai alami terbuat dari tanaman atau bahan berbasis hewan. Selesai minyak alami, seperti biji rami, berbahan dasar tumbuhan dan memiliki lebih sedikit bahan kimia dan VOC daripada jenis-jenis lainnya. Baik pilihan minyak dan lilin memberikan hasil akhir yang tahan lama namun mereka kurang tahan lama dibandingkan dengan finishing lainnya di pasaran. Perlu dicatat bahwa lapisan lilin dapat menunjukkan bintik-bintik air.  Bahan poles alami adalah salah satu opsi kimia terkecil yang tersedia saat ini. Hasil akhir ini mungkin perlu diaplikasikan setiap minggu atau bulan.

  • Plitur Water Based

Plitur Kayu Jati Belanda Tidak Mengandung ToxicJika Anda mencari bahan finishing yang jelas, akan tahan tidak menguning dari waktu ke waktu dan memancarkan lebih sedikit VOC daripada beberapa bahan finishing lainnya, Anda mungkin mencari finishing atau plitur berbasis air. Plitur berbasis air sangat tahan lama  dan, secara umum, tidak melepaskan sebanyak VOC sebagai plitur berbasis minyak. Plus, mereka membersihkan dengan air (dan bukan pelarut). Cari hasil akhir berbasis air VOC nol atau rendah.

VOC bukanlah satu-satunya kelas bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Tipe lain dari keluarga kimia termasuk pelarut, Senyawa Organik Semi-Volatile (SVOCs) dan Hazardous Air Pollutants (HAPs) juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Pada saat ini, jumlah VOC harus dicetak pada label cat.

Namun, pengukuran untuk bahan kimia lain tidak. Menambah kesulitan, produsen tidak diharuskan mencantumkan semua bahan pada label dan banyak yang enggan memberikan informasi itu secara sukarela.

Meskipun jumlah VOC (mis. Nol-VOC, VOC rendah) bukan satu-satunya ukuran ketika menentukan produk yang lebih sehat, itu adalah pengukuran yang muncul pada cat, plitur di seluruh pabrikan.

Menggunakan lapisan kayu alami dapat menghasilkan lingkungan rumah yang lebih sehat, tetapi memberikan hasil akhir yang kurang tahan lama. Bersikaplah strategis tentang jenis plitur apa yang Anda gunakan untuk setiap produk kayu di rumah Anda.

Saat menyelesaikan furnitur kayu yang berdampak rendah seperti jam, bingkai foto, dan kotak dekoratif di mana ketahanan tidak menjadi masalah, pertimbangkan untuk menggunakan hasil akhir yang mungkin kurang tahan lama namun lebih sehat. Untuk lantai dan area berdampak tinggi lainnya, pertimbangkan untuk menggunakan hasil akhir berbasis air yang lebih tahan lama yaitu produk VOC nol atau rendah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here