Resep Cara Finishing Kayu Mengkilap

1105
Resep Cara Finishing Kayu Mengkilap

Anda ingin mendapatkan furnitur kayu dengan tampilan mengkilap padahal bahan finishing mengkilap seperti melamin tidak aman jika Anda gunakan. Tenang saja karena Anda bisa menggunakan resep cara finishing kayu mengkilap lainnya tanpa harus menggunakan melamin.

Bahan melamin adalah bahan finishing pada kayu yang mengandung banyak logam berat seperti timbal dan juga merkuri. Selain itu proses finishing melamin adalah proses finishing yang membutuhkan panas matahari dan tempat outdoor. Sangat tidak mungkin melakukannya dalam keadaan cuaca hujan.

Cat melamin kini di luar negeri sudah dilarang penggunaannya karena masalah keamanan kerja dan kesehatan kerja. Para pekerja finishing yang menggunakan melamin banyak yang terjangkit penyakit pernapasan hingga membahayakan nyawa mereka oleh karena itu tidak heran bahan finishing melamin kini dilarang.

CS Biovarnish

Sebagai gantinya maka bahan cat water based menjadi solusi yang sangat baik dan juga akan memberikan tingkat kilap yang cukup tinggi yakni dengan sheen lebel sampai 85%. Memang jika dilihat tidak akan terlalu mengkilap seperti cat melamin namun dalam ketahanan jangkan panjang transparansi yang diberikan lebih tahan lama.

Jika cat melamin lama kelamaan akan menguning karena efek formalin maka cat water based akan menjaga tingkat transparansi tanpa menimbulkan efek menguning. Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang tepat dan juga transparan dengan cara ini.

Resep Cara Finishing Kayu MengkilapResep yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Hanya menggunakan cat yang tepat Anda bisa mendapatkan hasil terbaik. Salah satunya menggunakan cat water based Biovarnish yang memberikan Anda transparansi baik bahkan warna natural transparan yang banya pilihannya.

Proses aplikasi cukup mudah Anda hanya perlu mencampurkan cat Biovarnish dengan air kemudian menguaskan secara merata. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara finishing kayu berikut ini:

  • Pastikan Anda sudah mengamplas seluruh permukaan kayu. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis kayu baik itu kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu trambesi, dll. Hanya pastikan saja Anda sudah mengamplas untuk membuka pori kayu.
  • Jika Anda ingin finishing pori kayu tertutup maka gunakan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna kayu yang Anda gunakan. Ada empat pilihan warna kayu yaitu jati, mahoni, ramin dan sungkai. Gunakan warna yang paling mendekati dengan warna kayu yang Anda miliki.
  • Aplikasikan wood filler pada kayu dengan pisau scrape. Anda juga bisa mengaplikasikan dengan kain dan terlebih dahulu bahan diencerkan menggunakan air. Aplikasikan berlawanan arah serat. Tunggu kering kemudian amplas hingga serat kayu terlihat.
  • Proses pemberian warna tergantung dengan warna wood stain yang Anda pilih. Gunakan warna Biovarnish wood stain sesuai kebutuhan dan ada 20 pilihan warna. Campurkan wood stain dengan air dan kuaskan menyeluruh searah serat kayu. Pastikan Anda mengaplikasikan dengan halus dan tipis. Anda bisa mengamplas setelah cat mengeringng.
  • Terakhir aplikasikan Biovarish clear coat gloss. Campurkan dengan air kemudian aduk dan aplikasikan searah serat kayu. Anda bisa menggunakan kuas sponge dalam satu kali sapuan dan tidak bolak balik karena akan menimbulkan brush mark. Tunggu lapisan clear coat mengering selama 24 jam dan Anda akan mendapatkan hasil yang kering sempurna.

Jika Anda akan menggunakan cat water based pastikan tidak menjemur langsung di bawah panas matahari. Justru tingkat kilap tinggi akan didapatkan jika Anda mendiamkan kayu dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Pastikan juga ruang penyimpanan bebas dari debu agar hasil finishing bersih.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here