Rumah Bergaya Minimalis Modern

394

Rumah bergaya minimalis modern menjadi sangat populer sejak bertahun-tahun yang lalu, dan hingga saat ini masih dianggap sebagai rumah tinggal idaman. Namun, sebenarnya seperti apakah rumah berdesain minimalis modern tersebut? Untuk menjawabnya, kita perlu melihat dari sudut pandang arsitektur.

Dua tokoh arsitektur dunia yang sangat berpengaruh terhadap desain minimalis adalah Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier. Teori minimalis dalam arsitektur adalah membangun sebuah desain yang tampak lebih bergaya modern melalui kesederhanaan bentuk, ruang, material, detail, warna dan furniture yang digunakan. Bentuk geometrie, minim hiasan, pengulangan struktur dan pemanfaatan bahan-bahan yang sederhana menjadi ciri khas dari desain minimalis.

CS Biovarnish

Dan yang tak kalah pentingnya adalah penekanan pada fungsi. Setiap perabotan termasuk furniture mengedepankan fungsi, bahkan kalau bisa multifungsi. Detail-detail tersebut sangat menarik terutama masyarakat urban, karena bisa menjawab kebutuhan mereka yang memiliki keterbatasan ruang dalam rumahnya.

Kebanyakan orang menilai rumah bergaya minimalis modern berukuran kecil dan terasa sesak jika ditinggali. Sebenarnya tidak, jika Anda mengetahui beberapa karakter dari hunian minimalis. Beberapa karakter ini sangat baik bila diterapkan untuk membentuk sebuah hunian agar ruangan tampak lebih luas dan lega. Menggunakan detail yang tidak berlebihan, rapi dan bersih serta menempatkan furniture yang multifungsi. Ini akan membuat rumah minimalis Anda lebih tenang, nyaman dan indah ketika dihuni. Berikut beberapa karakter yangmenjadi ciri khas rumah minimlis modern:

  1. Simpel dalam bentuk dan fungsinya

Banyak rumah bergaya minimalis modern mempunyai rencana tata letak yang simpel, dan efisien dengan sejumlah ruang yang multifungsi. Bentuk rumah yang simpel, dinding interior minim dekorasi, area penyimpanan simpel tanpa banyak detail, ruang multifungsi misalnya dapur sekaligus sebagai ruang makan, ruang keluarga sekaligus sebagai ruang bersantai, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, desain rumah simpel yang menghindari banyak kerumitan, kelokan yang ruwet, atau sudut-sudut. Bukaan pintu yang tidak rumit dan dinding kaca yang mengarah pada pemandangan sehingga ruangan terkesan luas. Sekat antar ruang sangat diminimalisir dan jendela-jendela kaca untuk memudahkan sirkulasi udara dan cahaya matahari untuk masuk, sehingga bisa melakukan penghematan lampu di siang hari.

  1. Desain furniture yang simpel dan multifungsi

Ciri yang sangat terlihat dari desain minimalis modern adalah penggunaan furniture yang desainnya sangat simpel dan sebisa mungkin multifungsi. Kursi ramping, coffee table ringan yang mudah dipindah-pindah, atau kabinet yang sekaligus berfungsi sebagai TV shelves adalah contoh furniture yang digunakan dalam rumah bergaya minimalis modern. Jangan menempatkan sofa besar, karena akan memenuhi ruangan yang terbatas

  1. Dekorasi dinding yang minim

Rumah bergaya minimalis modern sangat menghindari hiasan dinding yang besar dan penuh. Lukisan hitam putih berukuran kecil masih mungkin digunakan. Minimnya penggunaan hiasan dinding akan mengesankan ruangan bersih dan luas. Kesan bersih dan lapang akan semakin terasa denagn penggunaan warna dominan putih pada dinding.

  1. Menghilangkan sekat yang tidak perlu

Ciri khas yang lain adalah tidak digunakannya sekat-sekat permanen seperti tembok. Alih-alih menggunakan tembok untuk pembatas berbagai ruang, konsep rumah minimalis modern justru berusaha menghilangkannya. Kabinet kaca yang sekaligus berfungsi untuk menempatkan pajangan bisa digunakan sebagai pembatas ruang keluarga dan ruang tamu. Jikapun terpaksa harus menggunakan pembatas, sliding door lebar bisa menjadi alternatif solusi yang memungkinkan ruangan bisa dibuka maksimal.

Itulah empat ciri khas yang seringkali ditemukan pada rumah bergaya minimalis modern. Penggunaan bentuk geometri kotak pada facade seringkali mempertegas kesan minimalis modern dari exterior.

 

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here