Tajamkan Warna Natural Kayu Pada End Table Menggunakan Cat Ramah Lingkungan Ini

132

End table merupakan salah satu furniture yang dibutuhkan oleh sebagian penghuni rumah dan biasanya diletakkan pada bagian pojok atau paling pinggir dari furniture lainnya atau bahkan digunakan sebagai bagian dari tempat tidur. Tidak hanya fungsinya yang digunakan untuk meletakkan barang saja melainkan juga sebagai mempercantik ruangan. Dengan end table, bagian ruangan seperti living room atau ruang keluarga terkesan lebih hidup. Untuk menciptakan kesan hidup, Anda bisa meletakkan vas bunga atau aksesoris lainnya.

Untuk menciptakan kesan yang indah pada end table maka di perlukan lapisan cat. Cat kayu yang akan melapisi end table juga akan melindungi permukaan kayu dengan baik. Sebab, lapisan cat akan mengurangi kerusakan kayu akibat gesekan bahkan cat dengan kualitas yang baik akan melindungi dari berbagai serangan serangga maupun jamur. Ada beberapa cat kayu juga memiliki fitur dengan daya tahan air sehingga akan meminimalisir cat luntur jika terkena air.

Masalah klasik yang sering terjadi pada cat yang digunakan untuk melapisi furniture adalah jenis cat dengan daya tahannya yang kurang baik pada air sehingga menyebabkan cat luntur. Tentunya apabila cat luntur diakibatkan tersentuh air akan menyebabkan tampilan furniture tidak indah sehingga membutuhkan pengecatan ulang. Sebab, pada bagian yang terkena air dan tampilan terlanjur rusak tidak hanya pada bagian itu saja yang harus di cat ulang melainkan keseluruhan. Hal ini dikarenakan belum tentu hasil finishing akan sama dengan cat yang melapisi sebelumnya.

CS Biovarnish

Sedangkan masalah warna, end table yang banyak digunakan pada umumnya adalah warna putih, warna solid maupun warna natural kayu. Nah,menariknya adalah warna natural kayu merupakan warna yang paling banyak diminati oleh pangsa pasar. Tidak hanya karena warnanya yang terkesan natural saja, melainkan dengan tampilan natural kayu dengan transparansinya yang baik justru akan menonjolkan serat kayu sehingga memberikan penilaian tersendiri. Kesan kayu yang ditampakkan justru memberikan nilai artistik serta harga jual yang tinggi.

Serat kayu pada setiap kayu pada umumnya memiliki karakter tersendiri, misalkan pada kayu jati. Kayu yang satu ini tergolong kayu eklusif karena memiliki harganya yang mahal. Namun, hal ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh kayu jati sebab kayu jati memiliki serat yang indah. Seratnya yang lurus melengkung, halus dan warnanya yang cerah menjadi pilihan banyak orang. Sayangnya, karena harganya yang mahal membuat tidak semua orang bisa menikmati keindahan dari kayu jati ini. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan tampilan sekelas kayu jati biasanya banyak menggunakan jenis kayu lain yang jauh lebih murah misalkan kayu mahoni, kayu pinus dan sebagainya.

Meskipun jenis kayu yang digunakan berbeda, cat kayu yang digunakan pada umumnya adalah jenis yang sama. Apabila kayu yang digunakan adalah kayu keras dengan serat yang kurang halus atau kasar biasanya pengrajin kayu akan mengatasinya dengan mengaplikasikan filer kayu atau sanding sealer. Fungsi keduanya hampir saja namun khusus sanding sealer biasanya ditujukan agar serat kayu bisa melekat dengan sempurna sehingga akan mengurangi bulu-bulu serat kayu keluar. Dengan demikian akan mempermudah proses coating selanjutnya.

Sanding Sealer Yang Bagus Untuk Finishing Kayu

Bagi orang yang awam dalam bidang finishing, tentu belum mengetahui dengan pasti kegunaan dari sanding sealer. Bahkan, untuk melakukan finishing langsung diaplikasikan cat kayu sehingga pori-pori kayu masih terbuka dan permukaan kayu masih terkesan kasar. Tentu hasil semacam ini bukanlah hal yang diinginkan oleh semua orang. Untuk mendapatkan tampilan yang layaknya dilakukan oleh seorang profesional dalam bidang finishing maka diperlukan beberapa produk finishing tentunya dengan kualitas yang baik.

Nah, apabila Anda menginginkan tampilan yang maksimal, maka Anda bisa menggunakan tahap base coat, main coat dan top coat. Langkah finishing merupakan langkah standar bagi seorang yang menginginkan tampilan finishing yang indah dan rapi. Namun, kadangkala ada seorang aplikator lebih menggunakan sanding sealer untuk menutup pori-pori sekaligus memperhalus permukaan kayu agar hasilnya lebih tajam.

Sanding sealer bisa Anda dapatkan di toko-toko cat tentunya tidak semua kualitas sanding sealer bagus ketika diaplikasikan ke permukaan kayu. Kini, sanding sealer bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni sanding sealer berbasis solvent dan sanding sealer berbasis air. Jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya, keduanya memang terlihat sama namun yang membedakan adalah bahan yang digunakan. Sanding sealer dengan bahan solvent biasanya harus menggunakan pelarut organik yakni thinner maupun spiritus. Sedangkan untuk sanding sealer berbahan air hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya.

Jenis sanding sealer manakah yang bagus kualitasnya? Keduanya memiliki kualitas yang sama-sama baik namun apabila Anda memilih cat yang aman digunakan selama diaplikasikan atau pun pasca diaplikasikan adalah cat berbasis air. Sebab, sanding sealer berbasis air tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC daripada sanding sealer  atau cat berbasis solvent lainnya. Pada umumnya, cat berbasis solvent akan mengeluarkan gas atau uap yang mana mengandung VOC yang sangat tinggi sehingga berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Sanding sealer berbasis air di Indonesia belum begitu banyak dijumpai dan bahkan hanya ada beberapa saja. Nah, jika Anda mencari sanding sealer dengan bahan yang aman dan sudah terjamin kualitasnya adalah Biovarnish Sanding Sealer. Sanding Sealer ini adalah sanding sealer yang bahannya sudah disesuaikan dengan standarisasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection dan European Chemical Agency.

Jika menginginkan tampilan transparan natural yang tajam, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovanish Clear Coat. Tujuan aplikasi Biovarnish Clear Coat disini adalah untuk mengunci tampilan sehingga tampilannya menjadi lebih tajam lagi. Sekaligus memberikan kesan glossy atau matte pada akhir finishing.

Berikut langkah-langkah finishing warna transparan natural untuk end table:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar lebih halus dan tidak meninggalkan noda yang bisa menghalangi kerekatan cat pada permukaan kayu
  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Campurkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandiingan 2 bahan: 1 air kemudian aduk hingga tercampur (homogen). Gunakan spray gun selama aplikasi untuk hasil yang maksimal. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu agar lebih halus. Diamkan di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan selama 60 menit. Kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  • Gunakan Biovarnish Clear Coat, Anda bisa memilih tampilan akhir yang diinginkan yakni glossy atau matte. Kemudian campurkan air dengan takaran yang sama dengan tahap diatas kemudian aplikasikan baik menggunakan kuas atau spray gun ke seluruh permukaan kayu. Lalu diamkan selama 30 menit untuk kering sentuh. Perhatikan tampilan pada permukaan kayu, apabila tampilan tersebut dirasa kurang sesuai dengan yang diinginkan maka aplikasikan kembali. Nah, diamkan selama 24 jam untuk kering sempurna.

Dimana bisa mendapatkan cat berbasis air yang aman dan ramah lingkungan ini? Anda bisa menghubungi kontak yang tertera pada websiate atau kunjungi langsung ke Bio Office Centre yang terletak di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here