Teknik Decoupage Menghias Jewelery Box Dengan Top Coat Gloss

393

Jewelry box memiliki fungsi yang tidak hanya sebagai wadah menyimpan perhiasan atau aksesoris melainkan juga menghias ruangan Anda dengan teknik decoupage agar terkesan mewah.

Siapa yang tidak suka wadah yang cantik untuk menempatkan berbagai aksesoris atau perhiasan? Jika membahas tentang perhiasan maka melekat dengan kaum hawa yang notabene menyukai keindahan.

Salah satu wadah yang cukup digandrungi para wanita adalah jewelry box. Kita bisa menjumpai jewelry box ini di berbagai toko aksesoris dengan tampilan-tampilan yang beraneka ragam.

CS Biovarnish

Biasanya jewelry box menggunakan bahan-bahan yang cukup keras diantaranya adalah kayu. Kayu dipilih untuk jewelry box karena mudah dibentuk dan tahan lama selain itu juga sangat cocok untuk tempat-tempat penyimpanan.

Namun, jika kayu hanya dibentuk box saja maka tampilannya cukup tidak menarik sehingga membutuhkan olesan finishing sebagai tahap akhirnya.

Polesan apa yang menarik untuk jewelry box? Nah, jika membahas tentang tampilan jewelry box maka kita akan melihat ke masa lalu. Dahulu, jewelry box banyak disukai oleh para bangsawan atau bahkan anggota kerajaan Inggris. Biasanya mereka memiliki pengrajin yang khusus untuk membuat jewel cabinet. Namun, bedanya adalah jewel cabinet tersebut menggunakan material yang mewah seperti perak, emas atau ivory. Material-material ini biasa digunakan untuk kalangan bangsawan, tentu setiap wanita menginginkannya namun harga yang dibutuhkan pun cukup tinggi. Alternatifnya adalah dengan menggunakan material kayu dengan tampilan glossy sehingga memberikan kesan yang mewah.

Teknik Decoupage Mendukung Tampilan Jewelry Box

Jewelry box tampak membosankan jika tidak diberikan sentuhan seni di dalamnya. Alangkah baiknya untuk menambahkan kesan ceria di dalamnya baik dari sisi desain gambar maupun pewarnaan. Biasanya, warna yang dipilih adalah warna-warna soft seperti pink, cream, biru dan lain sebagainya. Sebab, warna-warna tersebut adalah warna yang memberikan kesan ceria dan sangat cocok serta melekat pada karakter setiap wanita.

Jika bosan dengan tampilan yang polos, Anda bisa memberikan polesan decoupage pada jewelry box Anda. Apakah itu teknik decoupage? Teknik decoupage ini biasanya adalah teknik menempelkan kertas bergambar seperti gambar bunga atau gambar kota klasik ke suatu media (dalam hal ini jewelry box) menggunakan lem. Teknik ini sempat digemari oleh masyarakat beberapa tahun lalu, bahkan tidak hanya pada jewelry box melainkan juga perabotan rumah seperti jam, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Sebelum jauh membahas bagaimana caranya menggunakan teknik ini, akan lebih baiknya kita membahas dari mana teknik ini berasal. Baiklah, arti dari decoupage diambil dari decouper.

Arti kata decouper dalam bahasa Perancis adalah memotong sesuatu.  Teknik decoupage berasal dari Siberia timur yang biasa digunakan sebagai penghias nisan suku Nomadic. Teknik Decoupagepada abad ke 12 kemudian menyebar ke negara China dan sering digunakan untuk menghias lentera, jendela, dan kotak kayu atau objek lain yang ingin dihias.

Jika kita sudah memahami makna dari decoupage maka selanjutnya mudah untuk mengaplikasikan teknik ini. Untuk menciptakan kesan decoupage pada suatu media ini tidak membutuhkan perlengkapan dan alat yang sulit bahkan Anda bisa mengaplikasikan sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan hanya cukup kertas gambar, lem eva Phaeton dan topcoat.

Berikut ini langkah-langkah dalam mengaplikasikan top coat gloss pada finishing decoupage jewelry box:

  1. Siapkan jewelry box yang sudah ditempel kertas gambar dengan lem dan permukaannya sudah kering. Ampelas permukaan tersebut dan bersihkan debu sisa ampelas dengan kain katun bersih.
  2. Campurkan Top Coat Gloss dengan air bersih perbandingan 2:1, aduk secara perlahan campuran tersbut hingga homogen.
  3. Gunakan kuas halus yang sudah dilapisi kain katun bersih kemudian oleskan top coat ke seluruh permukaan jewelry box, tunggu hingga kering. Untuk hasil lebih mengkilap Anda bisa mengulangi langkah aplikasi top coat.

Mudah untuk diaplikasikan, bukan? Dengan mengaplikasikan sendiri di rumah, justru biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Bahkan tidak hanya pada jewelry box saja melainkan Anda juga bisa mengaplikasikan pada media lain seperti kaleng bekas makanan, kotak sepatu dan lain sebagainya. Justru lebih murah dan hemat waktu daripada Anda harus membeli di sebuah toko aksesoris yang notabene harganya jauh lebih mahal.

Dengan aplikasi sendiri di rumah, Anda bisa mengukur kualitas dari produk yang Anda ciptakan. Dengan demikian, rumah pun akan terkesan mewah dan elegan dengan hasil karya Anda sendiri.

Memilih Top Coat Gloss Berkualitas Untuk Tampilan Maksimal Decoupage

Mungkin sebagian orang bertanya kenapa harus menggunakan olesan akhir topcoat pada teknik decoupage, tidak cukupkah hanya diaplikasikan menggunakan lem saja? Seperti yang sudah dijelaskan di awal pembahasan, bahwa topcoat ini berfungsi memberikan tampilan akhir seperti glossy sehingga tampak lebih mewah. Selain itu, olesan topcoat tidak hanya memberikan kesan indah melainkan juga bermanfaat untuk menjaga permukaan jewelry box dari berbagai kemungkinan seperti tergores, terbentur dan lain sebagainya sehingga jewelry box bisa bertahan lebih lama.

Untuk memilih topcoat, sebaiknya Anda harus lebih teliti karena memilih topcoat yang kurang tepat akan membuat Anda bekerja dua kali. Anda bisa memilih BioColours Top Coat Gloss karena topcoat ini memiliki lapisan film yang lebih lentur, kuat, daya rekat tinggi dan bahkan topcoat tersebut tahan terhadap cuaca, air sehingga membuat tampilan jewelry box Anda tidak luntur.

Topcoat ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada media kayu saja, melainkan juga di media natural fyber lainnya seperti rotan, bambu, enceng gondok dll. Karena daya serapnya dan daya rekatnya yang tinggi membuat topcoat ini mudah diaplikasikan di media-media alam tersebut. Jika dari hasilnya tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, namun bagaimana kah dari segi keamanan pada bahan finishing tersebut. Karena pada umumnya, cat yang tersebar di pasaran mengandung bahan-bahan kimia yang cukup membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Dari segi keamanan, pembuatan Top Coat Gloss telah mengacu pada standar regulasi ECHA dan US EPA yang melarang penggunaan zat kimia berbahaya seperti timbal, merkuri dan rendah VOC (Volatile Organic Compound). Kandungan-kandungan tersebut merupakan kandungan yang harus dihindari di produk finishing karena  dampaknya yang membahayakan kesehatan dan lingkungan. Sudah berapa banyak kita mendengar orang terkena penyakit seperti kanker karena bekerja di manufakturing mebel yang menggunakan bahan finishing dengan kandungan tersebut? Tentu hal tersebut tidak mau terjadi pada diri Anda maupun karyawan Anda, bukan?

Jika Anda tertarik untuk menciptakan lapangan kerja dengan teknik decoupage terutama dengan pasar internasional, Anda bisa menggunakan coating BioColours Top Coat Gloss. Karena, pasar internasional biasanya sangat memperhatikan keamanan bahan finishing sehingga dengan topcoat ini sangat memungkinkan target pasar Anda hingga ke mancanegara.

Penasaran dengan hasil finishing topcoat ini? Untuk informasi lebih detail tentang produk finishing yang aman dan ramah lingkungan ini, silahkan menghubungi kontak yang tertera dalam website ini.

Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk finishing yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Teknik decoupage dengan olesan akhir ini juga bisa Anda ajarkan kepada anak-anak untuk mengasah kreatifitas anak karena pada dasarnya cat yang digunakan aman dan tidak menyebabkan gangguna kesehatan yang membahayakan bagi aplikatornya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here