Teknik Finishing Furniture Limbah Kayu Yang Benar dan Tepat

326

Furniture dengan bahan limbah kayu saat ini semakin populer dan banyak digunakan. Untuk menjaga tampilan furniture tersebut maka diperlukan finishing furniture limbah kayu yang tepat.

Limbah kayu dahulu sering dibuang dan hanya dapat digunakan sebagai bahan bakar saja. Namun, limbah kayu saat ini beralih untuk bahan baku furniture atau perabotan. Fungsinya yang hampir sama kayu tersebut dapat menjadikan limbah kayu sebagai pengganti dari bahan baku kayu. Penggunaan limbah kayu sebagai bahan baku furniture jauh lebih murah daripada kayu sehingga banyak mebel yang memanfaatkan dan beralih untuk menggantikan bahan furniture dengan limbah kayu.

Untuk menjaga tampilan furniture dengan bahan limbah kayu tersebut maka diperlukan lapisan cat agar lebih indah dan menarik. Finishing furniture limbah kayu dengan tampilan transparan kayu sampai saat ini pun masih banyak digunakan.

Cara Finishing Furniture Limbah Kayu

Furniture seperti sudah menjadi kewajiban jika bersinggungan dengan bangunan, sebab furniture tidak hanya digunakan sebagai pelengkap rumah ataupun meletakkan sesuatu melainkan juga sebagai penghias suatu ruangan. Furniture juga memiliki banyak jenis dan bahan baku untuk digunakan agar terkesan lebih indah. Bahan yang sering digunakan untuk furniture sampai saat ini adalah kayu. Karena tampilannya yang indah dan teksturnya yang kuat serta tahan lama membuat substrate ini lebih banyak yang menyukai.

Namun seiring bertambahnya peminat furniture jenis ini membuat bahan baku terkikis. Untuk mengatasi masalah ini, desainer interior ataupun pengusaha mebel banyak menyiasati penggunaan limbah kayu seperti ranting pohon atau serbuk kayu untuk bahan baku furniture. Saat ini, serbuk kayu yang diolah menjadi MDF ataupun plywood adalah material yang banyak digunakan untuk menggantikan fungsi dari kayu.

Furniture jenis ini perlu proses finishing furniture limbah kayu karena material tersebut sangat mudah rapuh dan rentan terserang jamur dan serangga. Adapun cara finishing furniture dengan bahan serbuk kayu sebagai berikut:

  1. Pastikan permukaan furniture tersebut bersih
  2. Ampelas halus permukaan furniture tersebut agar lebih bersih dan mudah untuk diaplikasikan plitur
  3. Larutkan plitur menggunakan thinner atau sejenisnya kemudian aduk hingga homogen.
  4. Aplikasikan ke permukaan bagian furniture tersebut menggunakan kuas atau kain bersih.
  5. Keringkan hingga cat benar-benar kering.

Pilih Cat Kayu Yang Tepat Untuk Serbuk Kayu

Finishing merupakan tahap akhir pada furniture untuk mendapatkan tampilan akhir yang indah. Tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang menarik, finishing juga bertujuan untuk melindungi material agar tidak mudah terserang jamur, serangga atau faktor penyebab lainnya. seperti halnya dengan serbuk kayu yang sudah diolah, menjadi MDF ataupun plywood. Jenis material ini memang telah banyak digunakan untuk bahan baku furniture. namun kelemahan dari material ini adalah sangat rentan terserang jamur dan jamur serta mudah rapuh jika tidak dirawat dengan benar.

Khusus material serbuk kayu MDF, gunakan cat kayu yang tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Hal ini bertujuan untuk meredam bau yang ditimbulkan oleh bahan kimia yang terdapat pada MDF. Salah satu cat yang tidak berbau dan aman digunakan adalah cat water based. Cat ini diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur atau pernis sehingga sangat bagus digunakan untuk finishing furnitur limbah kayu dengan tampilan natural transparan kayu. Dan bahkan cat water based jauh lebih aman daripada cat solvent based karena tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dan cenderung memiliki kandungan VOC yang rendah.

Finishing furniture limbah kayu dengan cara yang tepat akan menghasilkan warna yang tajam dan indah, selain itu gunakan cat yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan seperti cat water based.

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here