Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Pada Meja Kayu

133

Jangan percaya sepenuhnya pada teknologi khususnya pada teknologi cat yang banyak mengandung logam berat seperti formaldehyde. Apakah Anda pernah membuka mainan baru untuk anak Anda atau sekotak perabot yang dibutuhkan untuk perakitan, dan terbatuk oleh bau di kotak? Gejala tersebut bisa Anda alami jika banyak kandungan formaldehyde yang keluar dalam box tersebut.

Formaldehyde adalah gas yang tidak berwarna dan mudah terbakar pada suhu kamar dan, seperti kita ketahui, memiliki bau yang kuat. Ini ditemukan dalam resin yang digunakan dalam pembuatan produk kayu komposit seperti kayu lapis keras, papan partikel, MDF (papan serat kepadatan menengah), dan bahan bangunan dan insulasi lainnya. Formaldehyde juga ditemukan dalam asap tembakau.

Anda juga akan menemukannya di produk rumah tangga biasa seperti:

  • Lem adalah sumber umum formaldehid
  • Cat & bahan finishing
  • Lacquers & finishes
  • Produk kertas
  • Cairan pencuci piring
  • Pelembut Kain
  • Pupuk & pestisida
CS Biovarnish

Alasan mengapa barang-barang ini tidak berbau formaldehida selamanya adalah bahwa hanya akan ada begitu banyak formaldehid yang “off-gases” (atau keluar dari) produk-produk ini. Aroma yang keluar-gas dari penyegar udara mobil menunjukkan prinsip ini. Akhirnya, begitu sedikit bahan kimia yang dikeluarkan sehingga Anda tidak dapat menciumnya sampai Anda memegangnya dekat dengan hidung Anda. Sementara lemari pakaian memang meningkatkan formaldehida di rumah, efeknya berumur pendek. Dalam beberapa kasus, konsentrasi formaldehid rumah tangga kembali normal pada akhir minggu. Normaldehida dalam isolasi loteng

Dalam kasus bahan bangunan, banyak penyerangan dengan gas beracun terjadi di bulan sebelum pembelian. Pada saat banyak dari kayu ini mencapai rumah, itu hanya mematikan gas dengan kecepatan rendah. Dalam hal ini, eksposur kita akan ditentukan oleh pertukaran udara di luar udara di  atau pemurnian udara di rumah kita.

Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Pada Meja KayuTetapi bahkan pada tingkat rendah, formaldehid dapat berbahaya terutama untuk anak-anak dan individu yang sangat sensitif. Jika Anda memiliki kekhawatiran, menggunakan kit test formaldehid do-it-yourself adalah cara mudah untuk mengetahui apakah rumah Anda memiliki tingkat formaldehida yang berbahaya.

Karena salah satu kegunaan utama formaldehida adalah perekat, dan produk kayu komposit semuanya menggunakannya untuk menciptakan produk, sebuah penelitian baru-baru ini mengikuti pelepasan formaldehida dari membongkar dan merakit perabotan perakitan sendiri.

Peneliti menemukan bahwa membongkar dan menyiapkan lemari 2 pintu meningkatkan konsentrasi formaldehida di rumah dengan cara yang terukur. Selain itu, tingkat formaldehid berbeda dengan finish pada lemari pakaian, model yang belum selesai memancarkan tingkat formaldehida yang lebih tinggi daripada model mengkilap yang sangat dipernis.

Salah satu cara untuk melindungi diri Anda hari demi hari adalah memaksimalkan jumlah udara bersih yang Anda hirup. Ini mungkin termasuk perangkat perawatan udara, seperti pembersih udara untuk memastikan bahwa paparan jangka pendek dari furnitur baru atau pindah ke rumah baru itu, tidak mendapat kesempatan untuk memengaruhi kesehatan Anda.

Untuk solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan lebih selektf memilih bahan finishing yang digunakan pada furnitur Anda. Memilih bahan cat yang menganding formaldehyde rendah adalah solusi yang terbaik. Contohnya saja menggunakan cat kayu water based yang memiliki kandungan rendah formaldehyde. Tak hanya itu cat kayu water based juga telah dibuat sesuai ketentuan US EPA yang mengatur masalah kandungan logam berat pada cat. Kandungan logam berat yang rendah akan menghindari polusi di dalam ruangan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here