Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling Mudah

62
Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling Mudah

Apa itu teknik finishing bakar? Tentu saja Anda menggunakan api sungguhan untuk membakar permukaan kayu dan menjadikannya permukaan dengan nilai artistik yang sangat tinggi. Teknik membakar kayu yang berasal dari negara sakura Jepang ini akan membuat Anda ketagihan.

Untuk melakukan teknik pembakaran ini Anda perlu menggunakan torch yang merupakan pematik api dengan gas. Api yang dikeluarkan akan menekan permukaan kayu sehingga terbakar hingga beberapa milimeter.

Hasilnya serat kayu yang dimunculkan akan sangat tajam. Maka Anda perlu menggunakan jenis kayu solid dan juga menggunakan kayu yang memiliki serat menarik. Anda bisa menggunakan kayu jati belanda yang dijual dengan harga sangat murah.

Untuk sentuhan terakhir Anda memerlukan bahan finishing atau cat dengan warna transparan. Gunanya adalah untuk memberikan perlindungan sehingga kayu yang dibakar lebih tahan lama dan dan Anda bisa menggunakannya sebagai furnitur luar ruangan.

Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling MudahBerikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan proses pembakaran kayu untuk mendapatkan tampilan artistik.

  • Siapkan kayu jati belanda yang kering. Pastikan MC kayu standar karena kayu yang basah tidak akan menghasilkan tampilan kayu terbakar dengan sempurna. Bahkan kadar air akan naik dan merusak tampilan serat.
  • Pastikan Anda juga bekerja dalam ruangan terbuka seperti garasi atau bila perlu lakukan di luar ruangan karena Anda akan bekerja dengan api. Tentu Anda tidak ingin benda di sekitar ruangan akan terbakar.
  • Letakan kayu di tanah atau di kerangka meja besi untuk memudahkannya pilih torch berukuran kecil atau portable.
  • Sekarang mulai membakar. Pastikan Anda membakar dalam jarak yang tidak terlalu jauh atu terlalu dekat. Pastikan jarak Anda sekitar 30 cm tergantung dengan tekanan api jika kurang Anda bisa lebih mendekat.
  • Proses pembakaran dimulai dari bagian luar kayu kemudian mengikuti serat kayu. Lakukan dalam sekali pembakaran karena pembakaran yang menumpuk terlalu lama dalam satu titik akan membuat serat kayu atau bahkan pembakaran tidak rata pada hasilnya nanti.
  • Lakukan pembakaran pada seluruh bagian permukaan kayu jati belanda hingga rata. Anda bisa mematikan segera setelah selesai.
  • Selanjutnya Anda bisa menggunaka sikat kawat besi untuk menciptakan tekstur kayu sekaligus menghilangkan debu pembakaran pada permukaan. Lakukan penyikatan searah serat kayu dan pastikan debu hilang.
  • Menghilangkan debu tersebut bisa menggunakan alat vakum sehingga pori kayu yang terbakar tidak tertutup debu dan siap untuk langkah terakhir.

Pembakaran kini sudah selesai dan Anda mendapatkan permukaan kayu jati belanda terbakar bahan bertekstur. Saatnya Anda melapisi kayu dengan cat water based yang aman dan ramah lingkungan.

Gunakan Biovarnish Clear Coat death matte yang akan memperlihatkan tampilan kayu terbakar tampak natural. Jadi selalu hindari penggunaan clear gloss kecuali konsep yang ingin Anda tampilkan adalah kayu terbakar yang mengkilap.

Campurkan Biovarnish Clear coat dengan air kemudian oleskan pada seluruh permukaan masih searah serat kayu. Pastikan Anda menggunakannya secara rata. Tunggu cat mengering selama 24 jam kemudian Anda akan mendapatkan hasilnya.

Permukaan kayu dengan warna charcoal karena terbakar dengan api dari torch telah terlindungi dengan baik menggunakan Biovarnish Clear coat yang sekaligus memberikan penampilan menarik dari serat kayu yang indah.

Anda juga bisa menerapkan tampilan ini pada jenis kayu yang lainnya namun selalu ingat bahwa bentuk dari serat kayu akan sangat menentukan hasil akhir yang didapatkan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here