Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling Mudah

1495
Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling Mudah

Furniture dengan teknik bakar mulai digemari oleh masyarakat karena hasilnya yang epik. Untuk menciptakan bakar pada furniture ini, simak penjelasan tips dibawah ini!

Finishing pada furniture dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan dan bahkan teknik tertentu diminati oleh pecinta furniture. Biasanya, kesan yang didapatkan akan memberikan kesan gengsi sehingga bisa meningkatkan drajat seseorang. Namun, meskipun demikian teknik-teknik finishing yang biasanya dipakai furniture bisa Anda ciptakan sendiri dengan tangan kreasi Anda.

Teknik kali ini cukup digemari oleh penghobi kayu untuk beberapa tahun terakhir yakni teknik bakar. Apakah kesannya akan menarik jika diaplikasikan pada furniture? Tentu saja, bahkan teknik ini memiliki nilai artistik tersendiri sehingga memberikan kesan yang unik dan berkelas.

CS Biovarnish

Teknik Finishing Bakar Yang Memberikan Kesan Berkelas

Apa itu teknik finishing bakar? Untuk menciptakan kesan bakar, tentunya harus menggunakan api sungguhan. Hingga saat ini, belum ada teknik finishing bakar ini diciptakan dari bahan finishing. Namun, teknik bakar ini memang membutuhkan bahan finishing agar kesan artistik pada kayu semakin tampak.

Teknik finishing bakar ini berawal dari negeri sakura yakni Jepang. Negara ini memang dikenal dengan berbagai kreatifitas yang dihasilkan oleh orang-orangnya, kita bisa melihat berbagai karya dari orang-orang Jepang dari berbagai tayangan televisi. Bahkan mereka sering menjadikan bahan kreatifitas ini sebagai ajang perlombaan. Karena kreatifitas ini lah muncul ide teknik finishing bakar yang belum terfikirkan oleh orang lain.

Semenjak kemunculan teknik finishing bakar ini, sudah memberikan kesan yang menarik. Dan bahkan banyak aplikator dari berbagai negara untuk menciptakan kesan bakar pada furniture tersebut. Tidak harus dilakukan oleh yang begitu ahli dalam finishing, saat ini pun Anda bisa menciptakan kesan bakar ini pada furniture Anda.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk menciptakan kesan bakar pada furniture? Untuk teknik finishing bakar, yang perlu Anda butuhkan adalah torch yang merupakan pematik api dengan gas. Nah, api yang dikeluarkan tersebut akan menekan permukaan kayu sehingga akan membakar beberapa milimeter permukaan kayu. Kesan bakar yang tampak akan lebih tajam.

Namun, untuk hasil yang baik sebaiknya memperhatikan media yang digunakan. Karena hasil finishing juga ditentukan oleh serat kayu maka dari itu pilih kayu solid dengan serat kayu yang bagus. Salah satu jenis kayu yang dikenal dengan seratnya yang cantik adalah kayu jati namun jika Anda merasa keberatan dengan kayu jati  karena harganya yang mahal maka Anda bisa memilih kayu jati belanda yang harganya jauh lebih murah.

Agar hasil finishing bakar tersebut memberikan kesan yang menarik pada furniture, maka dibutuhkan sentuhan akhir yakni dengan aplikasi cat transparan atau clear coat. Selain fungsinya yang memberikan kesan apik, clear coat ini juga bertujuan untuk melindungi tampilan permukaan kayu yang terbakar tersebut jauh lebih tahan lama dan bahkan juga bisa Anda gunakan untuk furniture eksterior.

Terbaru! Teknik Finishing Bakar Paling Mudah

Penasaran bagaimana teknik finishing bakar? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan kesan artistis pada furniture Anda:

  1. Siapkan kayu jati belanda yang kering.

Kayu yang kering akan mempermudah proses terbakarnya kayu, pastikan kayu yang digunakan memiliki MC standar sehingga tidak terlalu basah. Kayu yang basah akan mengurangi tampilan kayu dengan maksimal disebabkan oleh air yang naik sehingga merusak tampilan serat kayu.

  1. Lakukan di tempat yang terbuka

Pastikan Anda juga bekerja dalam ruangan terbuka seperti garasi atau bila perlu lakukan di luar ruangan karena Anda akan bekerja dengan api. Tentu Anda tidak ingin benda di sekitar ruangan akan terbakar.

  1. Letakan kayu di tanah atau di kerangka meja besi

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembakara pada permukaan kayu, pilih torch berukuran kecil atau portable.

  1. Sekarang mulai membakar

Pastikan Anda membakar dalam jarak yang tidak terlalu jauh atu terlalu dekat. Pastikan jarak Anda sekitar 30 cm tergantung dengan tekanan api jika kurang Anda bisa lebih mendekat.

  1. Proses pembakaran

Proses pembakaran dimulai dari bagian luar kayu kemudian mengikuti serat kayu. Lakukan dalam sekali pembakaran karena pembakaran yang menumpuk terlalu lama dalam satu titik akan membuat serat kayu atau bahkan pembakaran tidak rata pada hasilnya nanti.

  1. Lakukan ke seluruh permukaan kayu

Lakukan pembakaran pada seluruh bagian permukaan kayu jati belanda hingga rata. Jika sudah merata maka Anda bisa mematikan segera setelah selesai.

  1. Gunakan kawat besi

Selanjutnya Anda bisa menggunaka sikat kawat besi untuk menciptakan tekstur kayu sekaligus menghilangkan debu pembakaran pada permukaan. Lakukan penyikatan searah serat kayu dan pastikan debu hilang.

  1. Hilangkan sisa debu

Menghilangkan debu tersebut bisa menggunakan alat vakum sehingga pori kayu yang terbakar tidak tertutup debu dan siap untuk langkah terakhir.

Ciptakan Kesan Apik Dengan Finishing Ini

Setelah pembakaran, tentu tidak berhenti begitu saja melainkan harus melalui tahap akhir finishing. Tahap ini juga mempengaruhi hasil tampilan akhir sehingga dibutuhkan bahan finishing yang berkualitas. Sangat disarankan untuk menggunakan cat water based yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Kesan alami yang didapatkan dari cat water based juga jauh lebih natural sehingga sangat cocok untuk digunakan tahap akhir ini.

Cat water based yang perlu kita terapkan pada finishing bakar ini adalah Biovarnish Clear Coat dengan hasil akhir death matter. Tampilan hasil finishing kayu ini akan memberikan kesan natural karena tidak begitu mengkilap. Nah, sangat disarankan untuk menerapkan tampilan kayu dengan hasil semi gloss karena hasil finishing bakar dengan bahan finishing tersebut akan memberikan kesan mengkilap dan tidak natural.

Adapun tahap akhir finishing setelah proses pembakaran pada kayu belanda, perhatikan beberapa tahap dibawah ini!

  1. Campurkan Biovarnish Clear Coat dan air dengan perbandingan yang sesuai dalam kemasan
  2. Aduk hingga merata, kemudian oleskan larutan Biovarnish tersebut ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat kayu tersebut
  3. Pastikan Anda mengolesnya secara merata agar hasil maksimal
  4. Keringkan kurang lebih dalam 24 jam di tempat yang teduh hingga Anda mendapatkan hasilnya.

Setelah hasilnya tampak maka terkesan charcoal karena hasil pembakaran oleh api dari torch tersebut. Dengan hasil akhir Biovarnish clear coat tersebut akan memberikan kesan menarik pada furniture yang terbakar tersebut sehingga hasil akan jauh lebih artistik dan natural.

Untuk aplikasi finishing bakar ini bisa dilakukan di media kayu apa saja namun perlu diingat bahwa kayu yang digunakan adalah kayu solid. Dan hasil akan jauh lebih maksimal jika Anda memilih kayu dengan serat kayu yang indah seperti jati, mahoni dll.

Perlu diketahui bahwa Biovarnish clear coat adalah cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Kenapa demikian? Cat tersebut diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, cat solvent based yang banyak kita jumpai di pasaran ternyata mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti timbal atau merkuri.

Bahan-bahan tersebut sudah banyak dilarang untuk digunakan karena memberikan dampak buruk pada kesehatan seperti kanker. Apakah Anda pernah mendengar orang yang bekerja di pabrik cat terserang kanker? Di luar negeri, kasus semacam ini juga banyak dijumpai maka dari itu kini banyak berbagai negara melarang penggunaan cat solvent based.

Sedangkan cat water based jauh lebih aman karena bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar keamanan internasional. Seperti Biovarnish Clear Coat ini yang mana sudah disesuaikan dengan standar keamanan US Enviromental Protection Agency (EPA) dan Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance. Sehingga produk cat tersebut sudah dipastikan tidak beracun dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Produk cat water based memang sudah banyak dijumpai di pasaran namun kualitas yang dihasilkan berbeda-beda. Nah, salah satu cat water based berkualitas adalah produk Biovarnish ini. Karena sudah melalui berbagai uji coba untuk mendapatkan tampilan, ketahanan dan kekuatan yang maksimal. Terlebih cat water based tersebut sangat mudah diaplikasikan dan jauh lebih ekonomis serta efisiean waktu.

Masih saja menggunakan cat solvent based? Ciptakan kreatifitasmu dengan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Dengan menciptakan kesan seni pada furniture akan menambah kesan artistis pada ruangan Anda. Dan tentunya, selalu gunakan cat serta produk lainnya yang aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here