Tips Aplikasi Cat Kayu Water Base di Atas Cat Solvent

136
Tips Aplikasi Cat Kayu Water Base di Atas Cat Solvent

Kebanyakan rumah yang lebih tua memiliki setidaknya satu lapisan cat berbasis minyak di dinding, tetapi saat ini, cat berbasis air lebih sering digunakan untuk dekorasi interior karena biayanya. Berbasis air, atau lateks, cat adalah sejenis cat minyak yang dapat ditipiskan menggunakan air atau terpentin sedangkan cat minyak murni adalah cat yang tidak mengandung kadar air tetapi mengandung resin alami atau sintetis.

Tips Aplikasi Cat Kayu Water Base di Atas Cat Solvent
Dinding kayu yang sudah mengelupas catnya.

Jika Anda mencoba untuk menempatkan cat berbasis air di atas permukaan dicat berbasis minyak tanpa persiapan apapun, itu tidak akan menempel ke dinding sebagaimana mestinya. Permukaan glossy yang dibuat oleh cat berbasis minyak menghentikan cat lateks menempel dengan sangat baik. Bahkan sentuhan kuku akan mengikis cat baru karena adhesi akan sangat buruk. Tetapi bukan tidak mungkin untuk mengaplikasikan cat lateks ke permukaan yang dicat minyak; artikel ini mencantumkan beberapa tips yang dapat mempermudah proses.

  1. Pastikan Keamanan

Hari ini, semua cat datang tanpa timbal, tetapi di masa lalu dulu ada campuran dicampur dengan cat secara teratur. Pastikan sebelum mengambil langkah lain yang dilukis dinding lama Anda bebas timah; jika tidak, menggunakan metode ini untuk menyiapkan dinding Anda akan menciptakan debu timbal, yang berbahaya baik bagi lingkungan dan kesehatan Anda. Banyak kontraktor memenuhi syarat untuk penilaian dan penghapusan prospek, jadi tetap aman dan rekrut seorang profesional jika Anda tidak yakin.

  1. Bebas-kotoran dan Bersih

Dinding yang akan dicat harus bebas dari kotoran dan bersih sebelum persiapan lebih lanjut dapat dilakukan. Gunakan handuk kertas dengan beberapa deterjen untuk membersihkannya, tetapi pastikan tidak ada air yang masuk ke lubang atau retakan yang mungkin ada di dinding Anda. Selanjutnya, gunakan pembersih prep cat untuk menghilangkan cat minyak. Pastikan bahwa Anda menghapus sebanyak mungkin gloss yang Anda bisa. Jika tidak, cat berbasis air akan tetap memiliki masalah melekat dengan benar.

  1. Gunakan Amplas dan Perbaiki Ketidaksempurnaan

Gunakan amplas untuk menghilangkan lapisan terakhir dari permukaan. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan sander listrik untuk membuat pekerjaan berjalan lebih cepat. Tutup sepenuhnya dan lindungi diri Anda dengan peralatan keselamatan yang tepat termasuk masker debu, pelindung mata, dan sarung tangan.

Juga gunakan amplas untuk menciptakan permukaan yang halus jika Anda perlu mengisi lubang atau retakan apa pun. Dengan pisau dempul, aplikasikan spackle paste ke area masalah dan biarkan hingga kering selama waktu yang disarankan pada wadah. Kemudian pasir seperlunya, bersihkan debu pengamplasan yang tertinggal.

  1. Gunakan Primer

Dengan lapisan gloss dikeluarkan dari cat berbasis minyak, inilah saatnya untuk primer. Oleskan primer lateks dalam beberapa lapisan tipis di atas satu sama lain, memungkinkan waktu pergantian untuk benar-benar kering. Gunakan kuas kecil untuk area yang sempit, terutama di sekitar sudut pintu dan jendela. Untuk area yang lebih luas, tuangkan primer Anda ke dalam nampan cat dan gunakan roller cat sebagai gantinya.

Tips Aplikasi Cat Kayu Water Base di Atas Cat Solvent
mengecat ulang kusen kayu dengan cat water based warna putih.

Selalu Anda harus ingat Anda bisa mengaplikasikan cat solvent di atas cat water based namun tidak berlaku sebaliknya. Cat water based tidak dapat diaplikasikan di atas cat solvent karena cat solvent mengandung minyak yang telah menutup pori kayu sehingga cat berbasis air tidak akan dapat merekat ke dalam pori-pori kayu. Akan sangat menyulitkan sehingga Anda harus memilih untuk menghilangkan lapisan cat solvent yang lama jika Anda ingin menggunakan cat water based. Sebaiknya Anda gunakan cat water based series jika ingin melakukan aplikasi.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here