Tips Cara Mengecat Besi dengan Kuas Paling Mudah

1954
Tips Cara Mengecat Besi dengan dengan Kuas Paling Mudah

Mengecat adalah salah satu kegiatan penting yang bisa dilakukan siapa saja. Tidak ketinggalana adalah bagaimana Anda bisa mengecat besi. Banyak perabotan di rumah yang terbuat dari besi dan membutuhkan lapisan cat. Siapa yang tidak ingin mendapatkan hasil terbaik mengecat dengan kuas?

Alat cat sendiri yakni kuas banyak dipilih karena harganya yang murah, mudah didapatkan dan memiliki banyak varian ukuran. Ada dua jenis kuas yang harus diperhatikan yakni kuas nilon dan juga kuas bulu alami.

CS Biovarnish

Kuas nilon banyak digunakan untuk finishing jenis cat water based, sedangkan untuk cat minyak wajib menggunakan kuas bulu. Ini disebabkan jenis bulu masing-masing sesuai dengan jenis pelarut yang digunakan. produk cat dan bahan pelarutnya bisa Anda dapatkan di toko bahan bangunan.

Cat besi yang digunakan adalah jenis cat enamel, pilih jenis cat yang mengandung bahan anti karat. Bahan yang disebut dengan zinkromat ini akan membantu mencegah munculnya karat pada besi akibat air hujan atau perubahan cuaca yang memicu timbulnya karat ini.

Setelah Anda membeli cat maka lakukan pengecatan. Mengecat tidak asal menguas ada beberapa tips yang bisa diikuti demi hasil yang maksimal bebas dari brush mark. Berikut ini beberapa tips cara mengecat besi dengan kuas yang bisa diikuti:

  1. Menggunakan primer

Beberapa cat enamel besi memiliki primer. Primer ini fungsinya untuk mendasari besi. Cat primer khusus besi banyak dijual di pasaran dan menghasilkan warna putih. Cat primer ini akan memberikan warna dasar putih agar warna yang dihasilkan lebih tajam dan menutup warna besi secara sempurna.

  1. Pengamplasan

Ingat pengamplasan akan membantu untuk menghasilkan hasil finishing yang halus dan juga lembut. Pengamplasan dilakukan sebelum finishing dan di antara lapisan cat. Pengamplasan yang dilakukan sebelum finishing basnaya menggunakan kertas amplas kasar fungsinya untuk menghaluskan kotoran atau menghaluskan permukaan agar haslnya rata. Sedangkan untuk pengecatan antara lapisan cat membutuhkan kertas amplas yang lebih halus.

  1. Arah pengecatan

Bagaimana arah mengecat yang benar? Untuk mengecat agar tidak meninggalkan brush mark adalah satu arah. Arah yang berlawanan akan meninggalkan sapuan kuas terlihat sangat jelas. Arah pengecatan biasanya mengikuti arah yang panjang. Misalnya jika permukaan meja adalah persegi panjang maka ikuti arah yang panjang. Jika Anda mengecat tiang maka lakukan secara vertikal.

  1. Penggunaan kuas

Tips Cara Mengecat Besi dengan dengan Kuas Paling MudahMencelupkan kuas ke dalam larutan cat tidak harus sampai membasahi bagian bulu kuas. Gunakan bagian ujung kuas saja. Cara ini untuk menghindari kelebihan cat dan menghasilkan permukaan cat yang terlalu tebal. Anda bisa menghilangkan kelebihan kuas setelah mencelupkannya ke dalam larutan cat.

  1. Gunakan cat water based

Ada dua jenis cat enamel yang bisa dipilih sesuai bahan pelarutnya yakni cat water based dan juga cat solvent yang menggunakan thinner. Pilihlah cat water based karena cat water based akan menghindari Anda dari resiko penyakit kanker. Cat akan menguap pada proses pengeringan, uap pada cat ini biasanya mengandung racun dari bahan pembuat cat. Menggunakan cat water based yang rendah kandungan toxic akan sangat bermanfaat.

  1. Pilihlah hasil mengkilap

Memilih hasil cat yang mengkilap untuk besi sangatlah bijaksana. Cat mengkilap akan menghindari timbulnya tamilan goresan. Kilap cat dari cat enamel biasanya akan langsung Anda dapatkan. Sedangkan untuk tampilan doft Anda akan disarankan untuk menggunakan jenis cat tambahan. Jadi untuk mendapatkan tampilan mengkilap sebaiknya Anda menggunakan satu jenis cat enamel saja.

beli biovarnish
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here