Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang Halus

60
Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang Halus

Pintu biasanya terbuat dari kayu, veneer atau logam. Karena pintu adalah titik masuk ke dalam rumah, lakukan perencanaan mengecat dengan matang sehingga cat yang basah tidak akan mengganggu jalannya keluar masuk dan dibiarkan mengering sampai selesai.

Melihat sekeliling rumah atau kantor Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa pintunya sedikit berbeda. Beberapa mungkin benar-benar rata, sementara yang lain mungkin tidak rapi. Pendekatan untuk mengecat kedua pintu ini sedikit berbeda.

Pada artikel ini akan lebih dijelaskan mengenai tps untuk mengecat pintu baru agar memiliki penampilan yang halus dan rapi. Tentu saja semua ini bisa didapatkan jika melakukan perencanaan dengan tepat.

Jika pintu Anda dalam kondisi yang baik, yang dibutuhkan hanyalah pengamplasan ringan dengan amplas atau spons pengamplasan (180 atau 220 grit). Itu akan membuat permukaan sedikit kasar dan memungkinkan primer menempel dengan lebih baik. Tetapi kemungkinan besar, Anda juga harus menghaluskan cat yang terkelupas dan ketidaksempurnaan dari pekerjaan cat sebelumnya.

Jika Anda ingin hasil akhir yang halus, pilih cat yang dirancang untuk itu. Beberapa cat, bahkan cat berkualitas bagus, tidak diformulasikan untuk kehalusan. Cat halus biasanya diberi label “enamel”. Tapi label saja tidak cukup memberi tahu Anda; beberapa merek “enamel” jauh lebih baik daripada yang lain. Misalnya saja cat enamel water based.

Cat enamel water based adalah pilihan yang tepat bagi pemula. Alasannya adalah cara aplikasi yang mudah serta bagaimana mendapatkan warna yang sesuai/ Terdapat banyak sekali pilihan warna yang bisa didapatkan.

Setelah pekerjaan pengamplasan yang berantakan selesai, sisihkan pintu dan siapkan ruang kerja Anda. Untuk priming dan mengecat, Anda ingin zona kerja yang terang dan bersih. Serbuk gergaji di meja kerja Anda dapat dibersihkan dengan kuas; debu udara akan membuat cacat pada cat. Kondisi di area kerja Anda harus memungkinkan cat mengering perlahan. Pengeringan yang lambat berarti lebih banyak waktu bagi Anda untuk menghaluskan cat sebelum menjadi bergetah dan lebih banyak waktu bagi cat untuk naik level dengan sendirinya.

Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang Halus

Pada saat mengecat menggunakan primer dan enamel ikuti langkah berikut:

  • Cat ujung-ujungnya dan bersihkan kuas

Kuas atau gunakan roll cat ke keempat sisinya. Segera bersihkan cat yang menempel pada permukaan pintu dengan kain atau kuas busa. Anda tidak harus sepenuhnya menghapus cat, tetapi Anda harus meratakannya untuk mencegah cacat.

  • Kuas di sekitar panel pintu

Kerjakan cat ke sudut-sudut dan alur, lalu seret kuas di atas cat untuk menghaluskannya. Bersihkan semua cacat di sekitar panel.

  • Roll, lalu kuaskan panel

Lapisi panel dengan cat menggunakan roller. Lalu haluskan cat dengan kuas. Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh profil yang mengelilingi panel.

  • Gulung rel dan stile

Roll pintu menjadi beberapa bagian, tidak lebih dari seperempat bagian pintu sekaligus. Kemudian sapukan catnya. Berhati-hatilah untuk tidak menempelkan cat di tepian sekitar panel.

  • Kuas searah serat kayu

Kuaskan cat di sepanjang persendian tempat bagian pintu bertemu. Kemudian seret kuas Anda dalam garis lurus di sepanjang persimpangan. Dengan begitu, setiap tanda kuas yang terlihat akan terlihat lebih seperti pola serat kayu dan lebih sedikit seperti sapuan kuas yang ceroboh.

Mengecat pintu adalah perlombaan melawan waktu. Anda harus mengaplikasikan cat dan menghaluskannya sebelum menjadi terlalu lengket untuk dikerjakan, atau sangat kaku sehingga tanda kuas tidak akan naik level dan menghilang. Terus bergerak. Jangan berhenti untuk menjawab telepon atau minum.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here