Tips Finishing Pintu Berbahan Kayu

1362
Tips Finishing Pintu Berbahan Kayu

Di rumah Anda pasti sudah banyak menggunakan pintu kayu dengan cat transparan maupun solid. Finishing pintu kayu menggunakan cat berwarna transparan saat ini memang banyak diminati para konsumen karena salah satu keunggulannya adalah serat kayu alami yang masih terlihat. Untuk finishing pintu kayu rumah Anda harus diperhatikan untuk memilih cat yang mempunyai kualitas terbaik. Pilihlah cat berbahan dasar air untuk hasil yang aman dan ramah lingkungan serta mendapatkan hasil  cantik untuk pintu kayu rumah Anda.

Tips Finishing Pintu Berbahan Kayu

CS Biovarnish

Kayu yang biasa digunakan untuk pintu rumah ada baiknya menggunakan kayu jati. Selain tampilan tekstur dan serat yang bagus, tampilan indahnya juga memukau mata kita. Karakter kayu jati yang awet, stabil dan tahan lama ini juga memiliki karakter yang tahan dengan serangan jamur maupun rayap dan serangga. Jadi biasanya kayu jati ini tidak ditambahkan obat untuk anti jamur ataupun anti serangga dan rayapnya.

Pintu kayu rumah dengan hasil yang doft lebih banyak digunakan untuk hunian rumah. Cat waterbased banyak ditemukan disekitar kita. Salah satu cat waterbased terbaik yaitu Biovarnish. cat dengan campuran air memang lebih murah, tetapi hasilnya tidak diragukan lagi. Sudah banyak produsen-produsen kayu menggunakan cat ramah lingkungan berbahan dasar air ini.

Untuk Anda para penghobi kayu, yang ingin membuat pintu kayu untuk rumah  Anda sendiri sebaiknya perhatikan hal berikut.

  1. Pastikan Anda memilih kayu yang awet untuk pintu rumah Anda. Karena kayu yang tahan lama membuat Anda sedikit berhemat dikarenakan fitur kayu yang tidak mudah rapuh.
  2. Desain pintu kayu yang sederhana membuat rumah rumah Anda terlihat berkesan dan tradisional dipadukan dengan cat waterbased yang baik akan membuat pintu Anda semakin menarik.
  3. Pemilhan warna wood filler atau yang sering disebut dengan dempul berpengaruh untuk membuat permukaan halus merata dan juga membuat warna tidak belangantara kayu dan filler yang dipakai.
  4. Teknik pengaplikasian wood stain yang benar. Pengaplikasian wood stain sebaiknya dilakukan secara tipis, merata dan searah serat kayu.
  5. Penggunakaan kuas spons atau spray. Ini juga sangat berpengaruh unutk hasil finishing yang maksimal.
  6. Cara mengampas yang benar jug akan membuat rata permukaan pintu kayu Anda.
  7. Pemilihan cat. Anda sebaiknya memilih cat berbahan dasar air untuk menjaga pintu Anda tetap aman dan ramah lingkungan. Cat waterbased seperti Biovarnish ini mempunyai kandungan non toxic yang jelas sudah aman dan ramah lingkungan.

Tips Finishing Pintu Berbahan Kayu

Cara aplikasi finishing pintu kayu rumah Anda bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Pastikan pintu kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler jati yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20 menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown yang dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60 menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Doft. Campurkan bahan dengan air campurannya 4 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here