Tips Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

526
Tips Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

Bagaimanakah proses finishing pintu kayu jati menggunakan pernis? Simak tips-nya berikut.

Finishing merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan setelah proses pembuatan pintu berbahan kayu selesai. Proses finishing yang tepat tentu saja akan menghasilkan pintu yang halus dan juga elegan.

Contoh kayu yang biasa digunakan untuk daun pintu adalah kayu jati. Kayu ini memiliki tekstur yang unik, kuat dan kokoh untuk dijadikan menjadi pintu maupun berbagai furniture rumah tangga. Tekstur substrat kayunya yang eksotik menjadi daya tarik sendiri.

CS Biovarnish

Tips Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

Ada berbagai bahan yang dapat anda gunakan untuk melakukan proses finishing pada kayu jati, misalnya pernis. Bahan ini mudah dan juga murah untuk anda cari. Lalu, bagaimana finishing pintu kayu jati dengan menggunakan pernis? Simak tips berikut ini.

Tips Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

  1. Siapkan pernis dan bahan lain yang diperlukan

Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah persiapan alat dan juga bahan. Alat dan bahan yang akan anda perlukan diantaranya adalah pernis, kuas, wadah, amplas, kain lap, dan masker.

  1. Pakailah masker

Untuk melindungi anda dari bau yang menyengat bahan cat pernis ini, maka lebih baik anda menggunakan masker terlebih dahulu. Selain itu, sebeluma anda memulai untuk melakukan proses finishing, maka anda perlu mengamplas bagian dari pintu kayu jati anda. Nah, agar tidak ada debu yang terhirup karena gosokan dari amplas, maka masker ini tentunya sangat penting untuk anda pakai.

  1. Amplas pintu kayu jati anda

Untuk hasil pintu kayu yang lebih sempurna, maka amplas terlebih dahulu pintu kayu jati anda. Pengamplasan ini dapat anda lakukan secara menual dengan menggosokkan amplas pada semua bagian pintu kayu yang sudah anda siapkan. Gosok sampai tidak ada bagian pintu kayu yang terlewatkan. Pengamplasan ini ditujukan agar pintu kayu jati anda halus dan rata sehingga tidak akan menyulitkan anda ketika anda memulai proses finsihing. Apabila ada bagian pintu kayu yang tidak rata atau bergelombang, maka anda dapat menggosoknya kembali dengan amplas yang sama.

  1. Tuangkan pernis ke dalam wadah

Setelah pintu kayu jati anda benar-benar rata dan halus, maka siapkan wadah yang cukup untuk menempatkan pernis anda. Baca petunjuk pemakian pernis sebelum anda mengaplikasikannya pada pintu kayu anda. Campur pernis dengan bahan yang sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Campur sampai pernis dan bahan pengencernya tercampur.

  1. Siapkan kuas anda

Apabila cairan pernis sudah tercampur, maka siapkan kuas dan mulailah untuk mempernish pintu kayu jati anda. Kuas seluruh bagian pintu kayu jati anda dengan hati-hati dan teliti. Pastikan tidak ada bagian pintu kayu jati yang terlewatkan untuk anda kuaskan dengan pernis. Apabila seluruh bagian pintu kayu jati anda rata dengan pernis, maka biarkan sampat mengering.

  1. Pengamplasan yang kedua

Setelah benar-benar kering, ambil amplas dan kembali gosokkan pada semua bagian pintu kayu jati anda. Hal ini dimaksudkan agar pintu kayu jati anda hasilnya lebih bagus dan halus.

  1. Siapkan pernis kembali

Setelah proses pengamplasan kedua selesai, maka mabil kembali cairan pernis anda untuk anda catkan kembali pada pintu kayu jati lagi. Ulangi mengecat sampai semua bagian pintu kayu jati anda rata dan juga cantik. Pastikan anda telah melakukan pengecatan dengan pernis pada pintu kayu jati anda dengan merata. Biarkan cat pernis sampai mengering.

Tips Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

Demikian cara mudah untuk melakukan proses finishing dengan menggunakan pernis untuk pintu kayu jati anda. Setelah pintu kayu jati anda kering, maka pasang kembali pada engsel pintu anda. Semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here