Tips Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan Kayu

502
Tips Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan kayu

Furniture yang kita pakai biasanya menggunakan bahan dasar kayu. Karena kayu mempunyai daya tarik tersendiri untuk penikmatnya. Maka dari itu kita sebaiknya merawat furniture kayu kita agar semakin awet dan tahan lama. Untuk pemilihan furniture sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan furniture yang Anda beli. Akan Tips Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan kayuAnda gunakan untuk apa dan akan ditempatkan dimana. Karena kadang ada konsumen yang memilih furniture hanya karena dari model tanpa melihat kepentingan furniture tersebut. Sehingga membuat furniture tidak berfungsi selaknya.

Cara merawat furniture yang sederhana adalah dengan tidak membeli banyak perabotan rumah tangga dari kayu untuk rumah. Karena barang yang tidak terpakai atau jarang dipakai, apalagi mempunyai volume yang besar untuk ruang Anda, menimbulkan banyak sekali masalah. Terlebih lagi rumah Anda yang tidak begitu besar. Kami berikan sedikit tips untuk Anda merawat furniture kayu agar tidak mudah berjamur.

Tips Mudah Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan Kayu

Berikut enam tips mudah untuk mencegah jamur merusak perabotan furniture berbahan kayu di rumah kita :

  1. Memilih furniture secara bijak
CS Biovarnish

Sebaiknya Anda menghindari pembelian furniture apalagi yang berbahan dasar kayu jika tidak belum sangat membutuhkan. Karena tidak jarang juga banyak pembeli yang hanya melihat keunikan dari furniture, padahal belum tentu furniture tersebut berfungsi maksimal untuk rumah kita.

  1. Memilih jenis kayu

Tips Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan kayuBanyak jenis kayu yang digunakan untuk furniture rumah. Jenis kayu yang berkulaitas menghasilkan kayu yang awet, tahan lama dan terhindar dari jamur.

  1. Memilih jenis bahan finishing

Banyak sekali finishing furniture menggunakan cat yang berbahaya, yang akan membuat jamur semakin mudah menyebar di furniture Anda.

  1. Menghindari tempat lembab

Pemilihan sudut untuk menempatkan furniture sangat penting juga diperhatikan. Karena tempat menentukan tingkat kelembaban.

  1. Rajin membersihkan furniture

Sebaiknya Anda rutin membersihkan furniture baik dengan lap bersih, kemoceng ataupun menggunakan pemoles khusus kayu.

  1. Membersihkan menggunakan cairan anti jamur

Jamur yang sudah menyebar pada permukaan furniture kayu Anda sebaiknya diberi obat khusus anti jamur untuk kayu agar jamur hilang dan tidak merusak kayu.

Tips Mencegah Jamur Merusak Furniture Berbahan kayuBiasanya kita memang terlalu cuek terhadap furniture. Kita jarang membersihkan, apalagi untuk furniture kayu yang sudah terkena jamur. Nah jika sudah seperti itu kita semakin repot untuk membersihkannya. Tampilan furniture Anda juga tidak menarik lagi. Lalu bagaimana bisa kita membersihkan jamur pada permukaan kayu furniture? Mudah saja. Tinggal Anda berikan obat anti jamur jamur permukaan. Namun Anda harus hati-hati dalam memilih obatnya. Karena obat anti jamur yang ada di pasaran banyak yang tidak ramah lingkunga. Pilihlah obat anti jamur permukaan yang aman dan ramah lingkungan.

Untuk obat anti jamur permukaan yang aman dan ramah lingkungan ini kami rekomendasikan menggunakan Biocide SFP (Surface Film Preservative). Obat anti jamur ini berbahan aktif Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Obat ini bisa mencegah timbulnya jamur pada permukaan kayu Anda. Kelebihan obat ini adalah ramah lingkungan dan stabil pada lapisan coating.

Cara penggunaan Biocide SFP ini mudah. Caranya:

  • Amplas permukaan kayu yang akan Anda bersihkan jamurnya
  • Campurkan Biocide SFP menggunakan air ataupun menggunakan cat untuk lapisan coating. Campurannya 0,1-0,2 % Biocide SFP
  • Kuaskan ke permukaan kayu yang sudah diamplas
  • Keringkan dan siap dipergunakan kembali

Untuk mencegah jamur pada kayu Anda selain menggunakan obat anti jamur, Anda juga bisa menggunakan silica gel sebagai penyerap kelembaban. Tips sederhana ini bisa Anda praktekkan dirumah sendiri. Sebaiknya memang Anda mencegah jamur sebelum tumbuh dan menyebar agar furniture Anda lebih awet, tahan lama dan terlihat selalu menarik. Semoga bermanfaat

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here