Tips Menggunakan Sanding Sealer untuk Decking Kayu

150
Tips Menggunakan Sanding Sealer untuk Decking Kayu

Ketika mengaplikasikan cat pada decking kayu tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Buktinya banyak sekali profesional di bidang finishing yang melayani khusus untuk pengecatan decking. Ada banyak jens decking kayu baik untuk kolam renang atau sebagai lantai balkon.

Pada balkon decking berfungsi untuk melindungi agar air kolam tidak merusak atau mengenai tanah langsung. Decking kolam renang juga membuats orang yang menggunaknnya berjalan dengan nyaman. Decking yang aman tentu tidak boleh berjamur dan menimbulkan licin.

Ketika decking kayu kolam renang licin bisa menimbulkan kecelakaan bagi pengguna. Nah untuk itu lapisan cat akan sangat membantu decking kolam renang tidak licin dan kayu terlindungi dengan baik. Kayu tidak boleh berjamur dan keropos inilah fungsinya menutup pori kayu dengan sanding sealer.

CS Biovarnish

Apakah yang dilakukan para profesional finishing decking ketika mengecat? Tidak bisakah melakukan pengecatan decking kolam atau balkon sendiri? Kini menggunakan sanding sealer pada decking bukanlah hal yang sulit. Hanya saja diperlukan alat khusus yang harganya cukup mahal untuk pengecatan.

Kini mengecat decking tidak harus membeli alat yang mahal khususnya alat amplas. Anda bisa meminjam atau menyewanya karena menggunakannya hanya sekali saja. Jika lantai kayu sudah dicat maka tidak perlu pengulangan atau aplikasi rutin yang dilakukan bulanan. Sisanya Anda harus menjaga agar lantai tetap rapi dan tidak licin.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengecatan decking dengan sanding sealer sendiri, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti selama proses pengecatan berlangsung:

  1. Cuaca panas

Pastikan cuaca saat Anda mengecat adalah panas. Cat akan cepat menguap pada saat panas. Ketika Anda mengecat decking kolam renang outdoor cuaca panas akan memudahkan Anda. Waktu hujan Anda akan melawan rintikan air hujan sehingga membuat hasil finishing tidak halus dan rata. Anda harus menutup area decking agar tetap kering. Air hujan yang mengenai lapisan sanding sealer yang belum kering akan menimbulkan bekas.

  1. Kayu sudah kering

Kayu yang akan dicat pastikan sudah kering benar. Kebanyakan penjual decking kolam renang akan memberitahukan berapa tingkat kelembaban kayu, pastikan juga jangan mengecat pada kayu setelah hujan karena kayu menyerap air hujan dan basah. Kayu yang basah akan menimbulkan jamur di kemudian hari. Bisa juga kayu yang basah akan menimbulkan finishing tidak rapi seperti cat yang menggelembung.

  1. Gunakan roll

Tips Menggunakan Sanding Sealer untuk Decking KayuDaripada menggunakan kuas atau alat spray gunakan roll untuk mengecat. Sama seperti mengecat dinding Anda harus melakukannya dengan roll agar cepat selesai. Pastikan roll yang digunakan memiliki permukaan yang halus dan rata. Roll yang kasar memiliki hasil yang tidak rapi. Pastikan Anda menggunakan roll sesuai dengan arah serat kayu agar hasilnya rapi.

  1. Gunakan sanding sealer tahan cuaca

Ketahanan cat sanding sealer tergantung dengan pembuatannya. Sanding sealer yang tahan panas atau tahan air tidak cocok digunakan pada decking. Sanding sealer yang dipilih haruslah tahan cuaca. Perubahan cuaca inilah yang akan membuat decking kayu cepat rusak. Apabila sanding sealer dan juga top coat yang digunakan tahan cuaca maka dalam kondisi apapun decking akan tetap terjaga dengan baik.

Menggunakan lapisan sanding sealer dan top coat polyurethane adalah langkah tepat bagi Anda yang ingin melindungi decking kayu. Kedua lapisan yang terbentuk akan sangat kuat bahkan jika digunakan setiap harinya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here