Tips Merawat Furniture Kayu Dari Teter

679
Tips Merawat Furniture Kayu Dari Teter

Furniture berbahan kayu rawan terserang serangga, seperti rayap maupun kutu bubuk atau teter. Simak tips merawat furniture kayu dari teter berikut ini.

Furniture memang membutuhkan perawatan agar tidak mudah diserang oleh serangga atau hama kayu. Selain itu, furniture yang tidak dirawat dengan benar akan mudah untuk terserang oleh kutu bubuk atau yang lebih sering dikenal dengan istilah totor atau teter.

Tips Merawat Furniture Kayu Dari Teter

CS Biovarnish

Nah, hama yang satu ini tentu saja akan membuat penampilan furniture Anda menjadi kurang menarik dan yang lebih penting bisa membuat furniture tidak tahan lama. Furniture bisa keropos jika serangan teter ini dibiarkan merajalela. Bagaimana merawat furniture agar tidak mudah diserang oleh teter? Simak tips berikut ini.

Tips Merawat Furniture Kayu dari Teter atau Kutu Bubuk

  1. Gunakan obat pembasmi teter

Obat pembasmi teter dapat Anda dapatkan dengan mudah. Obat ini digunakan dengan cara disemprotkan atau dikuaskan pada seluruh bagian kayu. Sebelumnya, obat ini dapat Anda larutkan dengan air dan kemudian aduk sampai dengan rata. Obat ini juga akan lebih mudah untuk membasmi teter baik yang sudah bersarang di furniture ataupun kayu yang belum diserang dengan teter. Selain itu, obat ini juga dapat Anda gunakan sebagai obat untuk merendam kayu. Kayu yang direndam dapat Anda taburkan obat ini dan setelah proses pengeringan selesai, teter tidak akan mudah menyerang kayu yang sudah direndam dengan obat pembasmi teter.

  1. Gunakan bubuk anti rayap

Selain obat pembasmi teter yang berbentuk cair, Anda juga dapat melindungi furniture kayu Anda dengan bubuk anti rayap. Caranya cukup mudah karena Anda tidak perlu menambahkan cairan apapun pada serbuk anti rayap ini. Cukup dengan cara menaburkan bubuk anti rayap pada furniture yang sudah berlobang karena rayap atau teter. Bubuk ini nantinya akan dibawa oleh larva rayap dan akan menularkannya pada larva yang lain yang ada didalam kayu. Sehingga larva atau rayap yang terkena bubuk ini akan segera mati begitu pula dengan larva yang lain yang sudah tertular.

  1. Suntikkan pembasmi hama

Tips Merawat Furniture Kayu Dari TeterSelain bahan obat dan juga bubuk anti rayap, Anda juga dapat menyuntikkan cairan pembasmi hama rayap langsung pada kayunya. Hal ini akan menjauhkan rayap darai kayu atau furniture Anda. Obat suntik ini biasanya digunakan oleh banyak perajin furniture untuk mengusir kumbang teter atau hama dari dalam kayu. Setelah cairan ini disuntikkan, maka hama atau teter yang ada didalam kayu akan keluar dengan sendirinya dan mati.

  1. Gunakan bahan alami

Tips Merawat Furniture Kayu Dari TeterUntuk bahan alami yang mudah dan murah, Anda dapat menggunakan puntung rokok yang direndam dengan air garam. Kemudian gunakan suntikan atau alat penyemprot untuk menyemprotkan cairan tersebut ke seluruh bagian dari furniture. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air rendaman beras yang pertama untuk dijadikan sebagai bahan pengusir teter. Caranya denga disiramkan pada furniture Anda. Bahan yang ketiga untuk mengusir teter adalah dengan mencampurkan daun pepaya dan daun sirih yang diblender dan kemudian tambahkan air secukupnya. Saring bahan tersebut kemudian gunakan alat penyemprot untuk menyemprotkan pada seluruh bagian furniture Anda. Teter akan keluar dari furniture Anda.

Teter merupakan salah satu hama yang ditakuti oleh para pengrajin, karena dapat merusak keindahan dari furniture yang telah dibuat. Semakin lama furniture akan semakin usang dan juga dapat berlubang. Hal ini dikarenakan ada serangga atau hama pemakan kayu yang menyerang kayu furniture Anda. Tentu saja jika Anda tidak merawatnya, semakin lama furniture Anda akan semakin rusak dan parah sehingga mudah rapuh. Teter memang tidak mudah untuk dibasmi karena teter akan masuk sampai ke pori-pori paling dalam dari kayu Anda. Namun jangan khawatir, tips di atas bisa membantu Anda mengatasinya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here