Tips Mudah Menciptakan Natural Transparan Pada Miniatur Kayu

37

Kerajinan kayu seperti miniatur menjadi salah satu cindera mata yang paling banyak dijumpai di tempat-tempat wisata. Biasanya miniatur kayu disesuaikan dengan ciri khas tempat atau benda yang terdapat pada tempat wisata tersebut. Di Indonesia, miniatur kayu tidak hanya di pasarkan di lokal saja melainkan ke seluruh Indonesia hingga ke mancanegara. Miniatur kayu tidak hanya sekedar sebagai cindera mata saja melainkan juga digunakan sebagai penghias ruangan.

Tampilan miniatur kayu yang paling banyak digunakan adalah natural transparan atau tampilan yang mengedepankan kesan natural dari kayu itu sendiri. Pengrajin kayu bisanya menggunakan plitur untuk mendapatkan kesan natural kayu. Hanya dengan menggunakan plitur, tampilan miniatur kayu pun akan terlihat menarik. Selain memberikan hasil yang bagus, plitur juga mudah ditemukan di berbagai toko cat di Indonesia. Sehingga harganya pun tidak terlalu mahal dan cocok digunakan untuk finshing kerajinan kayu yang kuantitasnya tidak sedikit.

CS Biovarnish

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa kerajinan kayu tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja melainkan hingga ke mancanegara. Karena kebutuhan kerajinan kayu yang semakin meningkat pastinya membutuhkan plitur yang cepat kering, mudah diaplikasikan dan harga yang terjangkau. Sayangnya, untuk diekspor ke luar negeri harus aman dari kandungan bahan kimia serta senyawa organik VOC. Beberapa faktor ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan apabila akan mengekspor barang terutama barang yang harus melalui tahap finishing.

Pasar internasional selalu memperhatikan kandungan bahan yang aman dan tidak membahayakan kesehatan maupun lingkungan. Sedangkan plitur yang banyak dijumpai di pasaran selama ini  masih memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi. VOC (Vehicle Organic Compounds) merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun apabila dalam kapasitas tinggi. Senyawa yang menguap pada umumnya adalah timbal dan benzene, apabila dalam kapasitan yang banyak akan menyebabkan berbagai gangguan keseahatan dan kerusakan lingkungan seperti pemanasan global.

Finishing Kerajinan Miniatur Kayu Menggunakan Cat Yang Aman

Jika Anda merupakan pengrajin yang menginginkan hasil karya dipasarkan ke ranah pasar internasional maka pastikan cat yang digunakan adalah cat yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya atau rendah VOC. Cat dengan kandungan yang rendah VOC bisanya cukup sulit ditemukan di cat-cat dengan bahan dasar solvent atau berpelarut thinner atau sejenisnya. Pasalnya, cat tersebut biasanya tetap memiliki kandungan VOC yang cukup tinggi sehingga kemungkinan menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Mungkin Anda terbiasa berkunjung ke toko mebel dan menemukan berbagai furniture yang mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat. Kemungkinan besar cat tersebut merupakan cat dengan bahan dasar solvent sehingga harus diletakkan di tempat yang terbuka sebelum digunakan di dalam ruangan. Meskipun cat berbahan solvent sangat mudah ditemukan di toko-toko cat di Indonesia, sayangnya cat tersebut kurang disarankan untuk finishing karya seni kayu yang ditujukan untuk diekspor ke luar negeri.

Sedangkan cat yang pasti aman digunakan untuk finishing kerajinan miniatur kayu adalah cat berbahan dasar air. Memang cat ini masih jarang dijumpai di toko-toko cat di Indonesia, namun produsen cat saat ini telah mengembangkan produk yang ramah lingkungan tersebut. Walaupun masih langka, cat berbasis air ini jauh lebih cepat perkembangannya loh daripada cat berbasis solvent. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan serta banyaknya masyarakat telah mengetahui dampak buruk pada cat terhadap kesehatan dan lingkungan.

Cat berbahan dasar air yang sudah aman dan kualitasnya juga bagus adalah Biovarnish. Cat berbasis air ini adalah cat yang digunakan untuk finishing dengan tampilan akhir natural kayu. Biovarnish terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia serta VOC internasional yakni US-EPA dan EU-ECHA Reach. Jadi, apabila Anda menginginkan produk  kerajinan kayu akan diekspor ke luar negeri maka dengan aplikasi Biovarnish sudah pasti aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, rendah VOC dan tidak beracun.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu, Anda bisa memberikan pewarnaan terlebih dahulu sesuai dengan yang diinginkan. Berikut beberapa langkah finishing menggunakan Biovarnish:

  1. Pastikan miniatur kayu sudah bersih dari berbagai noda dan kotoran agar mempermudah proses finishing
  2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Campurkan air untuk menurunkan intensitas warna kemudian aduk hingga homogen dan tidak meninggalkan endapan. Kuaskan atau semprot ke seluruh bagian miniatur kayu kemudian diamkan selama 60 menit. Apabila sudah kering, amplas ambang permukaan miniatur kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya aplikasikan menggunakan spray gun ke seluruh permukaan miniatur kayu. Lalu diamkan selama 60 menit dan amplas ambang apabila sudah kering
  4. Untuk mengunci warna coating sebelumnya sekaligus memberikan tampilan akhir yang sempurna, gunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 24 jam untuk kering packaging. Namun, apabila tampilan dirasa kurang pada saat pengeringa 30 menit pertama, Anda bisa mengulangi tahap ini sebelum dikeringkan selama 24 jam.

Perlu diingat adalah selama pengaplikasikan coating menggunakan Biovarnish tidak perlu dikeringkan dibawah sinar matahari karena hasilnya justru tidak akan maksimal. Melainkan, cukup hanya didiamkan di tempat yang teduh atau di suhu ruangan.

Mengenal Cat Ramah Lingkungan Biovarnish

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Biovarnish merupakan cat khusus finishing dengan tampilan natural kayu. Cat ini bisa diaplikasikan dengan metode kuas dan semprot sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari cat yang khusus metode kuas saja atau semprot saja. Meskipun diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot, hasilnya tetap akan memuaskan. Sebab, Biovarnish diformulasikan menggunakan bahan dengan fitur daya rekat film kuat, daya sebar luas serta kuas yang ringan.

Biovarnish menyediakan berbagai varian produk finishing yang akan mempermudah aplikator selama proses finishing diantaranya adalah Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Wood Filler. Dengan varian produk finishing yang lengkap akan memberikan hasil finishing yang memuaskan dan maksimal.

Cat yang ramah lingkungan ini juga cocok diaplikasikan ke berbagai media finishing diantaranya adalah kayu solid, kayu olahan dan natural fyber seperti rotan, bambu, enceng gondok maupun media finishing yang biasa digunakan untuk kerajinan. Dengan demikian, Biovarnish sangat cocok digunakan untuk industri kecil maupun menengah. Sebab, tidak hanya akan memberikan hasil yang memuaskan melainkan juga lebih hemat karena cukup menggunakan air sebagai pelarut sehingga Anda tidak perlu membeli pelarut seperti thinner dalam jumlah yang banyak.

Untuk mendapatkan produk fiinishing yang aman dan ramah lingkungan ini, silahkan menghubungi kontak hotline yang tertera dalam website ini. Dan apabila Anda berada di area Yogyakarta, Jepara maupun Cirebon, Anda bisa mengunjungi beberapa cabang Bio Office yang terletak di daerah-daerah tersebut. Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan demi keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here