Tips Mudah Mengecat Dapur

215
Tips Mudah Mengecat Dapur

Mengecat dapur merupakan pekerjaan gampang-gampang susah. Simak tips mudah mengecat dapur berikut sebelum anda mengecat ulang area dapur.

Salah satu bagian rumah yang menarik namun cepat kotor adalah dapur. Dapur yang cantik dan rapi tentu saja akan menjadi dambaan bagi semua orang khususnya para ibu rumah tanga. Selain itu, tema dapur juga akan menentukan suasana dapur anda.

Tips Mudah Mengecat DapurPemilihan cat dinding yang tepat dan juga sesuai dengan tema dari dapur anda akan membuat suasana dapur anda menjadi lebih modern. Bagian rumah yang satu ini pastinya akan penuh dengan perabotan yang bermacam-macam. Dalam proses pengecatan, hal ini tentu saja akan sedikit menyulitkan anda. Lalu bagaimana mengecat dapur dengan mudah? Simak tips berikut ini.

Inilah 7 Tips Mudah Mengecat Dapur

  1. Pilih warna cat yang tepat
CS Biovarnish

Warna cat dapur pastinya akan menciptakan nuansa ruangan yang tersendiri. Pilih warna cat yang sesuai dengan selera anda. Untuk tampilan dapur yang baru, maka anda juga dapat memilih warna cat yang berbeda dari warna sebelumnya. Pilih cat dengan kualitas yang bagus agar tahan lama dan juga tidak mudah mengelupas.

  1. Persiapkan alat dan bahan

Untuk proses pengecatan, maka anda akan memerlukan cat, bahan pengencer yang sesuai, wadah, kuas, koran bekas, tangga, masker dan lain-lain. Persiapkan wadah dengan ukuran yang cukup agar anda tidak perlu untuk naik turun tangga berkali-kali ketika anda mengecat bagian atas dari dinding dapur anda.

  1. Singkirkan barang-barang dapur anda

Untuk barang-barang dapur yang berada di luar lemari dapur, maka anda dapat memindahkannya. Selain itu, anda juga dapat menutupnya dengan menggunakan koran bekas atau plastik bekas agar tidak ada cat yang menetes diatasnya.

  1. Biarkan pintu dan jendela dapur anda terbuka

Sebelum anda memulai mengecat, maka pastikan jendela dan juga pintu dapur anda terbuka. Hal ini dapat mengurangi bau yang dihasilkan oleh cat ketika anda mengoleskannya pada dinding dapur anda.

  1. Gunakan masker

Untuk melindungi pernapasan anda dari bau cat yang menyengat, maka anda dapat menggunakan masker. Cat tertentu dengan bahan pengencer tertentu terkadang akan menghasilkan bau yang menyengat dan juga tidak bagus untuk kesehatan anda. Sehingga anda perlu untuk melindung hidung anda.

  1. Tutupi bagian atau area yang tidak anda cat

Di dalam sebuah dapur pastinya ada bagian atau rak yang menempel ataupun bentuk lemari dapur. Hal ini tentu saja akan mengganggu anda ketika anda memulai proses pengecatan. Oleh karena itu, anda perlu menutupi bagian dari dapur yang tidak akan anda cat. Gunakan kertas bekas seperti koran kemudian tutupi bagian-bagian tersebut. Selain itu, anda juga perlu untuk menutup bagian lantai dapur dekat dengan dindingnya dengan koran bekas pula. Hal ini ditujukan agar cat tidak langsung menempel atau terjatuh pada furniture dan juga lantai dapur anda. selain itu, cat yang menetes pada bagian furniture atau lantai akan sulit untuk anda bersihkan ketika mengering.

  1. Gunakan kuas atau alat penyemprot cat

Tips Mudah Mengecat Dapur

Untuk mengaplikasikan cat pada dinding dapur anda, maka anda dapat menggunakan kuas atau dengan alat penyemprot cat. Baca petunjuk penggunaan cat dengan teliti. Ambil wadah yang tepat dan mudah untuk anda ambil catnya. Encerkan cat dengan bahan yang sesuai pada label petunjuk penggunaan. Pastikan anda mengeceta dinding dapur anda dengan satu arah, arah vertikal atau arah horizontal.

Demikian tips mudah untuk mengecat dinding dapur anda. Untuk pengecatan furniture dapur berbahan kayu, sebaiknya Anda menggunakan jenis cat yang aman. Contohnya cat water based. Karena area dapur lebih dekat dengan bahan makanan dan minuman. Sehingga pastikan menggunakan bahan yang aman untuk mengecat.

Setelah selesai, tempatkan kembali barang-barang dapur anda setelah cat mengering. Bersihkan lantai dan semua bagian dari dapur anda. Semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here