Tips Sederhana Untuk Mensiasati Hunian Sempit Jadi Tampak Luas dan Menarik

332

Di era yang modern ini, rumah minimalis menjadi solusi untuk memanfaatkan lahan yang sempit dengan gaya yang modern namun terkesan luas. Hal ini akan berimbas pada ruangan lainnya. Secara otomatis, mendesain sebuah rumah minimalis tidaklah mudah. Ruang gerak yang cukup sempit dengan perabotan yang bermacam-macam akan memberi kesan ruangan tambah sempit dan padat.

Pemilihan desain, furniture, bahkan warna ruangan pun harus dijadikan pertimbangan. Bagaimana menciptakan sebuah rumah minimalis atau hunian sempit agar tampak luas? Berikut akan disajikan beberapa tips yang sederhana untuk mensiasati hunian yang sempit jadi tampak luas dan menarik.

CS Biovarnish

Mulailah dengan pemilihan warna dasar pada dinding. Pilihlah warna yang cukup terang. Warna yang terang seperti putih atau biru langit dapat memberi kesan ruangan menjadi lebih luas. Memiliki dua warna pada dinding untuk sebuah ruang tamu misalnya. Hal ini dapat dilakukan untuk memberi sebuah kesan ruangan yang menarik.

Selain itu, warna netral juga cocok untuk hunian sempit agar tampak lebih luas. Memberikan hiasan dinding juga dapat dilakukan untuk memberi aksen pada dinding. Akan tetapi, pilihlah hiasan dinding dengan motif yang sederhana. Hindari pemberian motif yang terlalu rumit karena akan membuat ruangan tampak sempit.

Buatlah langit-langit menjadi lebih tinggi dari ukuran biasa. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih luas dan tidak tidak terasa panas. Penambahan beberapa elemen di langit-langit juga dapat dijadikan sebagai inspirasi Anda agar rumah terkesan lebih unik dan mewah. Berbagai bentuk aksesoris untuk langit-langit seperti lampu hias mudah didapatkan. Oleh karena itu pilihlah lampu gantung dengan model melingkar dengan warna putih atau warna yang senada dengan langit-langit.

Salah satu masalah untuk hunian sempit adalah furniture. Pemilihan furniture juga tidak kalah penting. Furniture yang tepat akan memberi kesan ruangan yang elegan. Gaya furniture modern dapat dijadikan pilihan untuk hunian sempit. Untuk ruang tamu misalnya, pilihlah sofa dengan warna netral agar tampak lebih menarik. Manfaatkan ruang yang ada pada pojok ruang tamu untuk almari dinding. Hal ini akan lebih menghemat tempat dari pada memilih sebuah almari besar. Jadi, ruangan akan terkesan rapi dan cantik. Pilihlah warna furniture yang cocok dengan warna dindingnya.

Maksimalkan ruang yang ada dengan cara menggabungkan ruangan. Ruang tamu dapat dijadikan sebagai ruang keluarga atau bahkan sebagai ruang baca. Caranya yaitu dengan mengatur letak kursi tamu dengan kursi baca. Tempatkan TV di ruang tamu. Selain itu dapur dan juga ruang makan dapat digabungkan menjadi sebuah ruangan yang pas untuk makan bersama keluarga.

Tambahkan sebuah cermin besar pada dinding. Pasang cermin tersebut pada salah satu ruang yang diinginkan, misalnya ruang tamu. Cermin yang besar dengan bingkai warna netral atau bahkan warna yang sama dengan dinding akan memberi kesan yang serasi. Pemanfaatan cermin ini akan menjadikan ruangan tampak lebih besar dan lebar.

Jangan terlalu banyak memberikan aksesoris pada ruangan. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih sempit dan tidak menarik. Pemberian ruang gerak memang perlu untuk hunian yang sempit. Oleh karena itu, penataan yang rapi akan memberikan suasana ruangan yang nyaman. Maksimalkan pintu yang berada di kamar mandi untuk gantungan handuk, sehingga tidak memakan tempat. Tidak usah takut memiliki hunian yang sempit. Siasati hunian yang sempit agar terkesan menarik dan lebih luas.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here