Tips Untuk Mengatasi Warna Furniture Kusam Akibat Paparan Sinar Matahari

368

Paparan sinar matahari dapat membuat furniture lebih cepat mengusam. Untuk mengatasi warna furniture kusam maka diperlukan perawatan yang dilakukan secara rutin.

Furniture menjadi sebuah kebutuhan penting jika bersinggungan dengan hunian baik rumah atau bangunan lainnya. untuk menjaga tampilan furniture maka diperlukan perawatan yang dilakukan khusus baik seminggu sekali atau du minggu sekali untuk hasil yang maksimal. Hal ini bertujuan tidak hanya menjaga warna furniture tetap cemerlang, namun juga dapat mempertahan serat kayu terjaga lebih lama. Namun, sayangnya paparan sinar matahari yang tiap hari menyentuh permukaan kayu dapat menyebabkan furniture cepat mengusam. Hal ini disebabkan karena cat mudah memuai serta menguap ketika terpapar sinar matahari langsung.

Untuk mengatasi warna furniture kusam akibat paparan sinar matahari setiap saat, maka Anda harus meletakkan furniture jauh dari sinar matahari. Jika furniture tersebut berada di outdoor, maka perlu menggunakan cat kayu yang diformulasikan khusus untuk outdoor.

Tips Mengatasi Warna Furniture Kusam

Furniture sudah menjadi kebutuhan primer sehingga hunian yang tidak menggunakan furniture akan lebih terkesan kosong dan hampa. Furniture tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap atau tempat untuk meletakkan sesuatu melainkan juga sebagai penghias ruangan. Maka dari itu, tampilan furniture sangat lah penting untuk dijaga.

Namun, ketika furniture sudah tidak layak lagi untuk diletakkan di ruangan pada umumnya hanya digeser ditempat yang tidak selalu dilihat atau bahkan diletakkan di gudang. Sebelum melakukan ini, alangkah baiknya untuk membuat tampilan furniture kembali menjadi semula. Agar tidak terlanjur memutuskan untuk meletakkan furniture ke dalam gudang karena tampilannya yang sudah mengusam, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui furniture tersebut masih layak atau tidak. Furniture yang masih memiliki tampilan bagus, dapat diatasi dengan diaplikasikan wax kayu setiap sebulan sekali atau seminggu sekali agar tampilan lebih maksimal.

Untuk mengetahui furniture tersebut masih bagus atau tidak maka lakukan cara berikut. Usapkan punggung jari Anda ke permukaan furniture, apabila terdapat serpihan cata atau warna putih tebal pada punggung jari Anda maka lapisan cat pada furniture tersebut sudah tidak layak lagi. Maka langkah yang harus dilakukan adalah menghilangkan sisa cat kemudian di cat ulang kembali.

Mengatasi warna furniture kusam terdapat beberapa cara, pertama, menggunakan kaca untuk menghilangkan sisa cat. Kedua, mengampelas kasar pada permukaan furniture hingga cat benar-benar hilang. Ketiga, larutkan spirtus pada permukaan furniture. hal ini berlaku pada furniture yang menggunakan lapisan cat kayu berbahan solvent based seperti plitur, pernis dan sejenisnya. Keempat, melarutkan larutan NaOH. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli dalam bidang ini atau orang prosefisional sehingga disarankan untuk Anda yang masih awam untuk tidak melakukan cara ini di rumah.

Refinishing Furniture Yang Kusam Akibat Paparan Sinar Matahari

Furniture yang sudah tidak lagi indah dan tampak kusam tentu menjadi kendala dalam ruangan karena dapat mengganggu pandangan. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya bahwa agar tampilan furniture tetap terjaga maka perlu dirawat dengan rutin. Apabila sudah mengalami kerusakan parah maka cara mengatasi warna furniture kusam di atas dapat menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan. Sedangkan untuk langkah selanjutnya adalah dengan diaplikasikan ulang cat pada furniture.

Berikut refinishing untuk mengatasi warna furniture kusam diakibatkan paparan sinar matahari:

  1. Setelah membersihkan sisa cat, ampelas permukaan furniture hingga bersih.
  2. Aplikasikan cat kayu yang sudah dilarutkan ke seluruh permukaan furniture. agar tidak meninggalkan brush mark atau bekas kuas maka gunakan kuas yang sudah dilapisi kain bersih.
  3. Keringkan selama seharian pada ruang terbuka untuk hasil yang maksimal.

Anda dapat menggunakan cat kayu yang terdapat di pasaran seperti plitur. Cat ini sangat umum digunakan untuk industri mebel bahkan orang awam pun dapat menggunakan cat jenis ini. namun, Anda perlu menggunakan bahan pelarut seperti thinner. Sedangkan untuk cat yang jauh lebih mudah dan aman untuk digunakan adalah cat water based. cat jenis ini sangat efisien karena Anda cukup menggunakan bahan pelarut air.

 

 

 

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here