Warna Plitur Kayu Transparan Yang Cocok Untuk Kayu Jati Belanda

763
Warna Plitur Kayu Transparan Yang Cocok Untuk Kayu Jati Belanda

Sudahkah Anda menemukan warna kayu jati belanda yang cocok? Kayu jati belanda adalah pilihan kayu yang sangat mudah. Selain murah harganya, kayu jati belanda adalah kayu yang memiliki warna dasar putih membuatnya sangat mudah untuk dilapisi dengan berbagai macam jenis cat dan juga plitur.

Hanya satu kelemahan kayu jati belanda yaitu adanya jamur blue stain yang akan mengganggu tampilan jika Anda ingin memberikan warna transparan dari plitur. Namun kini Anda bisa mengatasinya dengan belaching kayu water based atau bahan pemutih kayu water based. Mengapa Anda perlu memilih bleaching water based?

CS Biovarnish

Bleaching kayu water based lebih aman dan menyamarkan noda jamur blue stain secara alami sehingga tidak merusak serat kayu. Hasilnya ketika Anda menggunakan plitur kayu transparan, noda jamur akan tersamarkan dan tidak terlihat efek bleaching yang terlalu kuat kayu jati belanda akan terlihat benar-benar natural.

Pemilihan warna pada plitur kayu untuk cat water based ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda cukup memilih warna kayu apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin memilih warna kayu seperti jati maka Anda bisa membeli wood stain jati. Namun jika Anda ingin benar-benar mendapatkan warna transparan kayu jati belanda maka gunakan produk sanding sealer dan top coat.

Produk sanding sealer dan juga top coat kayu bisa Anda dapatkan di toko bahan bangun terdekat di rumah Anda. Ada banyak pilihan merk yang bisa Anda gunakan, namun Anda cukup memilih produk yang terbuat dari water based. Bahan ini akan memberikan transparansi yang tahan lama.

Jika Anda menggunakan sanding sealer dan plitur solvent maka kayu jati belanda yang tadinya transparan dapat berubah menjadi warna kekuningan akibat kandungan formalin yang terlalu tinggi. Kayu jati belanda memiliki warna putih jadi jika Anda menemukan warna kayu yang kekuningan akan merusak warna asli dari kayu tersebut.

Setelah memilih plitur yang tepat kini Anda cukup mengaplikasikan pada kayu jati belanda.

Proses Aplikasi Plitur Pada Jati Belanda

Perlu Anda pastikan sebelum mengaplikasikan cat pada material kayu jati belanda. Kayu harus memiliki permukaan yang halus, bersih dan juga kering. Ketika Anda menggunakan bahan material kayu yang masih basah tentu saja hasil finishing plitur tidak akan halus. Amplas saja permukaan hingga halus dan hilangkan debu amplas dengan kain atau vakum baru material kayu siap untuk difinishing.

Warna Plitur Kayu Transparan Yang Cocok Untuk Kayu Jati BelandaMenambah hasil yang maksimal maka aplikasi menggunakan spray gun disarankan. Aplikasi dengan semprot akan membuat furnitur berubah menjadi lebih halus dan juga rata. Campurkan sanding sealer dengan air sesuai takaran yang dianjurkan pada kemasan kaleng.

Setelah itu Anda bisa menggunakan spray gun dan aplikasikan sanding sealer merata ke seluruh permukaan kayu. Jika sudah tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang ke seluruh permukaan dengan amplas 400. Bersihkan kembali debu amplas

Terakhir adalah aplikasi plitur. Campurkan plitur dengan air sesuai takaran kemudian aduk hingga rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu mengering. Apabila Anda ingin mengaplikasikan hingga dua kali maka tunggu kering sekitar satu jam baru diamplas.

Langkah selanjutnya aplikasikan kembali plitur kayu dan tunggu proses pengeringan selama 24 jam. Pastikan Anda mengeringkan dalam ruangan yang kering dan bersih bebas debu yang dapat menempel pada permukaan plitur kayu yang masih basah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here