Waspadai Zat Berbahaya Pada Finishing Mainan Kayu

220

Mainan kayu saat ini sedang naik daun. Namun, para orang tua harus mewaspadai ekses dari penggunaan bahan finishing termasuk cat pada mainan kayu.

Mainan kayu diberikan pada anak sebagai media bermain sekaligus belajar anak-anak. Tidak jarang anak-anak memasukkan mainan ke dalam mulut. Ini membuat anak lebih mudah terpapar zat berbahaya yang mungkin terkandung pada mainan. Meskipun begitu, dibandingkan mainan plastik, mainan kayu bisa dibilang lebih aman.

Agar menarik mata anak-anak, mainan diberi warna-warna cerah. Sudah tentu cat digunakan dalam pewarnaan ini. Harus diwaspasdai, bahan finishing pada mainan kayu yang diberikan pada anak-anak mungkin saja berbahaya. Salah satunya, cat mainan kayu sangat mungkin mengandung timbal.

Kandungan berbahaya tidak hanya terdapat pada pewarnanya saja. Senyawa semacam BPA (Bhispenol-A), formalin, atau ftalat mungkin saja terkandung pada mainan kayu. Beberapa kandungan tersebut merupakan kandungan-kandungan yang tidak kurang bahayanya dibandingkan timbal.

Paparan timbal mengandung risiko yang tidak kecil. Dampaknya, kerusakan pada organ hingga bagian otak si buah hati. Dampak ini bisa berupa pengaruh pada pertumbuhan fisik, intelegensi, hingga pada koordinasi tubuh yang tidak dapat optimal. Siapapun orang tuanya, tentu tidak mau bila anaknya mendapat gangguan-gangguan kesehatan semacam ini.

Timbal sendiri hanya satu dari sejumlah senyawa lain yang mungkin terkandung di dalam cat.  Timbal memang berfungsi sebagai pewarna pada cat. Penggunaan timbal ini sampai sekarang masih diterapkan. Termasuk juga pada cat yang digunakan pada mainan kayu. Di Indonesia sendiri, penggunaan timbal pada cat masih diperbolehkan dalam jumlah kecil.

Cara menghindari bahan finishing mainan kayu yang berbahaya

Kebanyakan masyarakat awam tentu tidak tahu pasti kandungan apa saja yang ada pada cat. Mereka juga tidak dapat membedakan dengan jelas, mana cat mainan kayu yang berbahaya dan tidak. Walau begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membedakan mana mainan kayu yang aman atau tidak:

  1. Pastikan mainan kayu minimal berstandar SNI. Bila mainan kayu telah mengikuti standar SNI, setidaknya proses produksi mainan harus mengikuti standar yang berlaku.
  2. Belilah mainan kayu yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki rekam jejak baik.
  3. Hindari mainan dengan aroma cat menyengat. Aroma kuat yang menusuk hidung ini menunjukkan cat yang digunakan untuk mainan kayu tersebut mengandung bahan berbahaya. Sekalipun barangkali cat tidak mengandung timbal, sebaiknya hindari membeli mainan bila bau catnya menyengat.

Upaya lebih nyata sebenarnya perlu dilakukan oleh produsen mainan kayu. Selain mempertimbangkan aspek edukatif mainan, perlu juga dicermati pengaruh mainan kayu secara kesehatan. Ada pilihan-pilihan produk cat yang aman, tanpa mengandung zat-zat berbahaya tersebut, misalnya cat dengan pelarut air (cat water based) yang tidak mengandung senyawa seperti timbal.

Salah satu perusahan yang mengembangkan produk finishing yang aman untuk mainan kayu adalah Bio Industries. Bio industries juga mengembangkan produk-produk cat kayu yang aman untuk kesehatan. Sehingga para orang tua tidak perlu khawatir dengan ekses dari mainan kayu terhadap kesehatan anaknya.

Salah satu seri produk finishinh mainan kayu yang sesuai adalah seri BioColour yang berfungsi sebagai pewarna kayu,baik untuk warna solid duco maupun warna transparan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubugi hotline Bio Industries di +62 878-3934-6433, atau via email di info.bioindustries[at]gmail.com.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here