Home Blog

Chalk Paint Untuk Ciptakan Furniture Tampak Sedikit Mengkilap

Anda lebih senang dengan tampilan furniture yang sedikit mengkilap? Maka tampilan satin adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin finishing sendiri di rumah.

Tidak banyak orang yang menginginkan tampilan sedikit mengkilap. Pada umumnya, orang akan membeli langsung ke toko mebel jika sedang membutuhkan furniture. Namun, tidak sedikit pula akan membuat furniture sendiri agar mendapatkan tampilan dan desain yang sesuai dengan selera. Nah, jika di toko mebel, pada umumnya furniture memiliki tampilan mengkilap atau bahkan cenderung doff atau matte. Anda bisa menciptakan sendiri tampilan yang cukup berbeda menggunakan beberapa lapisan cat.

Furniture yang terbuat dari kayu ataupun olahan kayu memang sangat diminati oleh banyak orang. Kenapa demikian? Furniture yang menggunakan tampilan sedikit mengkilap memang kurang banyak sehingga memberikan kesan berbeda. Untuk menciptakan tampilan ini maka dibutuhkan cat kayu yang tepat agar hasilnya lebih optimal.  Pada umumnya, untuk menciptakan tampilan yang optimal membutuhkan berbagai tahap finishing sehingga akan lebih memakan banyak waktu. Terlebih jika cat tersebut harus dikeringkan dibawah sinar matahari dan memakan waktu lebih dari 6 jam.

Proses pengeringan seperti ini lah yang biasanya menjadi masalah yang dirasakan oleh aplikator. Jika cat yang digunakan adalah cat yang tidak cepat kering maka proses pengerjaan furniture pun dapat terhambat apabila cuaca sedang tidak bagus. Perusahaan mebeling biasanya akan memanfaatkan lampu LED dengan sinar ultraviolet yang cukup tinggi sehingga cat dapat lebih cepat kering tanpa harus menunggu sinar matari. Lalu bagaimana jika hal tersebut Anda rasakan?

Bagi seorang yang masih awal dalam hal finishing, untuk menciptakan tampilan yang bagus tentu saja mengalami banyak kendala. Masalah yang sering terjadi diantaranya adalah

  1. Kurangnya persiapan seperti media finishing yang digunakan. Jarang latihan finishing atau bahkan tidak pernah melakukannya sehingga hanya terpaku pada tutorial video online
  2. Salah teknik finishing. Untuk hal yang sederhana saja seperti tampilan natural kayu. Adakalanya kesalahan tersebut dilakukan karena minimnya pengetahuan tentang finishing sehingga hasilnya bisa saja kasar, warna tidak sama rata dan atau muncul brush mark.
  3. Tidak menggunakan tahapan finishing yang tepat. Tahap standar finishing pada umumnya adalah dengan mengaplikasikan basecoat, maincoat dan topcoat. Kadangkala bagi seorang pemula, hanya akan langsung mengaplikasikan maincoat untuk mendapatkan tampilan warna yang diinginkan saja. Sedangkan untuk tahap lainnya kurang diperhatikan sehingga hasilnya pun tidak optimal dan bahkan tampilan cat lebih cepat memudar.
  4. Cat yang tidak tepat. Banyak merk cat yang berjejeran di toko-toko cat ataupun toko bangunan. Tentu saja keunggulan cat cukup berbeda-beda sehingga hasilnya pun cukup berbeda ketika diaplikasikan ke permukaan cat. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli cat adalah ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang dimiliki cat yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk memilih cat sesuai dengan kebutuhan finishing.

Cat Yang Minim Persiapan Tapi Hasil Optimal

Cara Finishing Kayu Jati Belanda secara Umum
Bersihkan kayu setelah pengamplasan

Tidak semua cat memiliki keunggulan fitur yang sama sehingga Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya optimal. Nah, jika biasanya cat kayu membutuhkan persiapan yang cukup rumit seperti tahapan finishing yang harus lengkap, pengamplasan yang sangat halus dan lain sebagainya maka berbeda jika Anda menggunakan chalk paint.

Apa yang disebut dengan chalk paint? Chalk paint atau cat kapur adalah solusi paling efektif bagi Anda yang menginginkan proses finishing yang lebih sederhana namun hasilnya memuaskan. Hasil finishing menggunakan chalk paint juga tidak fokus pada tampilan yang sempurna melainkan justru terkesan senatural mungkin. Biasanya, orang yang menggunakan chalk paint bertujuan untuk menciptakan furniture lebih berkarakter. Furniture yang berkarakter atau unik justru memiliki minat sangat tinggi karena memiliki nilai seni yang bagus.

Chalk paint ini tidak dapat digunakan untuk menggoreskan kapur pada furniture. Jika Anda melakukannya justru akan memberikan goresan pada furniture dan menimbulkan tampilan yang kurang bagus. Ya, chalk paint berbeda dengan cat kapur yang biasa digunakan untuk papan tulis yang fungsinya memang untuk menulis dengan kapur. Menariknya dari chalk paint adalah tampilan akhirnya yang menyerupai lapisan kapur sehingga nama cat ini adalah cat kapur.

Untuk menggunakan chalk paint memang cukup sulit karena keberadaannya yang masih sangat sedikit di pasaran Indonesia. Jikapun memang ingin menggunakan chalk paint maka Anda harus mengimportnya dari luar negeri. Nah, pasti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, bukan? Hal ini sudah tidak lagi perlu Anda khawatirkan karena produsen cat lokal telah memproduksi chalk paint yang kualitasnya adalah kualitas import. BioDuco Chalk Paint merupakan chalk paint yang diproduksi oleh Bio Industries.

BioDuco Chalk Paint diformulasikan dengan tampilan warna pastel sehingga lebih memberikan kesan yang soft dan elegan. Terdiri dari 20 varian warna yang bisa Anda gunakan bahkan Anda juga dapat mengkombinasikan warna tersebut agar memberikan hasil finishing yang indah. Selain itu, BioDuco Chalk Paint juga tidak beracun karena bahan-bahan yang digunakan telah diformulasikan sesuai dengan standar regulasi internasional US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Maka dari itu, kualitas BioDuco Chalk Paint hampir sama dengan merk dagang dari luar negeri.

Untuk memberikan tampilan sedikit mengkilap pada furniture menggunakan chalk paint maka Anda membutuhkan lapisan lain diatas chalk paint yakni BioDuco Topcoat dan Biopolish Beeswax.Biopolish Beeswax merupakan wax kayu yang terbuat dari bahan alami yakni lilin lebah. Fungsinya sangat bermanfaat untuk furniture karena membuat furniture lebih tahan lama.

Lakukan Persiapan

Media seperti kayu untuk furniture sebaiknya benar-benar kering dengan MC 12%. Dan pastikan permukaan kayu tersebut telah bersih dari berbagai noda kotoran. Pengamplasan tersebut bertujuan agar coating dapat melekat dengan sempurna dan tidak mempengaruhi tampilan warna pada furniture

Finishing

Aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Karena BioDuco Chalk Paint adalah primer coat dengan pigmen warna maka cat tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menutupnya dengan optimal. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan takaran perbandingan 2 bahan: 1air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu hingga kering selama 1 jam. Setelah kering, amplas pertama menggunakan kertas amplas no. 180 kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan kedua menggunakan kertas amplas no. 320

Aplikasikan BioDuco Topcoat matte untuk hasil awal matte sehingga ketika diaplikasikan wax akan memberikan kesan sedikit mengkilap. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu hingga kering.

Aplikasikan Biopolish Beeswax. Anda cukup mengaplikasikan ke permukaan media finishing menggunakan lap kain katun yang bersih.

Cara Pemesanan

Untuk mendapatkan produk-produk dari Bio Industries diatas, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat menghubungi via email: [email protected]. Anda juga dapat melakukan pembelian online melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.toopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries.

Anda juga dapat konsultasi mengenai tips finishing ataupun melakukan pembelian offline yakni

Bio Centre Office

Yogyakarta: Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Via Telp/Fax 0274 388301

Bio Service Office

Cirebon: Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Via Telp/Fax 0231 320759

Jepara: Jl. . Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengang

Via Telp/Fax 0291 598992

CS Biovarnish

Tips Ciptakan Kesan Antik Pada Furniture Dengan Chalk Paint

Suka furniture antik tapi tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli furniture tersebut? Sederhana. Anda bisa loh menciptakan tampilan furniture antik dengan tangan Anda sendiri.

Ada beberapa bagian orang yang suka mencari furniture kuno dan bahkan dihargai dengan harga yang fantastis. Akan dengan mudah Anda bisa mendapatkan furniture antik apabila memiliki uang yang sepadan dengan harga furniture tersebut. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki budget rendah namun suka dengan tampilan-tampilan furniture antik? Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk bisa mendapatkan furniture dengan kesan antik.

Tampilan antik pada furniture saat ini sudah dapat diciptakan dengan cara teknik finishing tertentu. Perlu diketahui, ada beberapa tampilan antik yang perlu Anda ketahui.

Antik dengan Natural Wash Finish

Tampilan furniture antik yang satu ini memberikan kesan cat kayu terkesan luntur sehingga memberikan kombinasi warna yang tidak merata. Biasanya, kolektor furniture antik sangat detail mengenai tampilan sejenis ini dan bahkan mengetahui bahwa furniture tersebut asli atau tidak. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan tampilan antik semacam ini. Biasanya, untuk menciptakan natural wash finish membutuhkan cat glaze. Cat tersebut memang bertujuan untuk memberikan kesan antik pada furniture.

Tampilan Recycle Vintage

Tampilan ini fokus pada warna yang pudar sehingga menampakkan dua warna yang kontras seperti terkikis usia. Pada umumnya, tampilan recycle vintage banyak digunakan untuk nuansa rumah industrial atau kontemporer. Karena tampilan ini terkesan usang tapi memberikan nilai estetik yang tinggi. Untuk mendapatkan tampilan ini maka Anda membutuhkan dua lapisan cat solid. Untuk lapisan cat pertama harus berwarna lebih terang sedangkan lapisan kedua lapisan cat dengan warna yang tua.

Tampilan Shabby Chic

Anda suka tampilan warna terang namun seperti terkikis? Ya, itu lah tampilan shabby chic. Biasanya, tampilan ini sangat lekat dengan konsep american victorian. Warna yang seringkali ditampakkan adalah warna putih yang lusuh. Tampilan shabby chic biasanya fokus pada unfurnished atau sesuatu yang belum selesai. Sehingga memberikan tampilan yang terkikis belum tercat dengan sempurna. Untuk menciptakan tampilan shabby chic ini maka Anda membutuhkan teknik distress

Tampilan Rustic

Jika Anda mengamati tren furniture maka akan sering melihat furniture dengan gaya rustic. Apa itu rustic? Rustic pada umumnya menekankan kesan natural alam dan fokus pada kayu-kayuan. Sedangkan untuk furniture, rustic biasanya diciptakan dengan menampilkan seratnya yang kuat. Untuk mendapatkan tampilan serat yang kuat dan menonjol maka Anda membutuhkan alat khusus rustic atau Anda juga dapat menggunakan sikat kawat. Karena rustic fokus pada tampilan natural maka finishing yang dilakukan pada umumnya untuk mendapatkan warna natural kayu.

Kesan Antik Dengan Chalk Paint dan Stain

Ini Dia Lima Cara Mendapatkan Gaya Menarik Meja Dinding

Untuk menciptakan tampilan antik pada dasarnya cukup sulit dilakukan apabila tidak latihan. Belajar dari dasar menjadi cara paling efektif jika menginginkan hasil yang bagus dan memuaskan. Kadangkala kesalahan dalam finishing membuat banyak orang tidak ingin melanjutkan proses yang tengah berlangsung. Nah, untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan tampilan antik maka Anda dapat menggunakan chalk paint sebagai alternatif terbaik.

Chalk paint merupakan cat yang khusus digunakan untuk mendapatkan tampilan solid dengan karakter permukaan kayu layaknya kapur. Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna sehingga Anda tidak perlu menimpakan cat dengan warna diatasnya lagi. Karena chalk paint ini sudah mampu menutup pori dengan optimal dan memberikan tampilan warna yang tajam.

Chalk paint merupakan cat kapur khusus untuk finishing pada furniture atau perabotan kayu lainnya. Sebagian orang mungkin akan salah paham bahwa chalk paint adalah cat yang sering digunakan untuk papan tulis sehingga dapat dicoret-coret dengan kapur. Chalk paint berbeda dengan chalkboard paint yang biasanya digunakan untuk mengecat pada papan tulis. Chalk paint memang cat kapur namun khusus untuk furniture atau sejenisnya. Kenapa cat tersebut disebut dengan cat kapur? Sebab, tampilan akhir cat ini memberikan kesan permukaan media yang terlapisinya seperti terlapisi kapur.

Apakah chalk paint dapat bertahan lama mengingat kesan kapur mudah dihapus? Meskipun mudah dihapus hanya dengan air, chalk paint justru tahan lama karena tanpa mengalami penguapan. Maka dari itu, kehadiran pertama kali chalk paint dalam bidang finishing menarik perhatian dan dengan cepat populer di kalangan penghobi ataupun aplikator pro finishing. Kebutuhan chalk paint tidak hanya dapat digunakan untuk finishing segala hal furniture agar lebih antik saja melainkan juga dapat digunakan untuk mainan anak-anak.

Sedangkan untuk kebutuhan finishing antik maka Anda juga membutuhkan lapisan cat lain seperti cat glaze. Cat tersebut bertujuan untuk memberikan sentuhan klasik natural pada furniture. Lalu kenapa harus menggunakan chalk paint? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa chalk paint merupakan cat yang mudah dihapus dan memerlukan persiapan yang sedikit sehingga akan memudahkan Anda mendapatkan tampilan antik dengan cepat.

Sayangnya, chalk paint cukup sulit ditemukan di Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan chalk paint maka Anda harus membeli merk dagang dari luar negeri tentu saja harus mengimportnya. Selain memakan banyak waktu karena proses pengirimannya yang lama, harganya pun dapat melambung tinggi. Maka dari itu, cukup sulit dapat memenuhi konsumen atau keinginan proyek DIY dengan chalk paint. Namun, kini telah hadir chalk paint lokal yang kualitasnya seperti import yakni BioDuco Chalk Paint. Kehadirannya di Indonesia memberi angin segar bagi yang hobi finishing atau pengusaha mebeling. Selain mudah didapatkan, harganya juga lebih jauh murah dibandingkan merk dagang asal luar negeri.

BioDuco Chalk Paint berkualitas import karena bahan-bahan diformulasikan sesuai dengan standar regulasi internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga penggunaan bahan-bahan kimia serta kandungan VOC sangat ditekankan agar tidak mencemari lingkungan atau berdampak buruk pada kesehatan. Disisi lain, chalk paint ini juga dilengkapi berbagai keunggulan seperti daya rekat film yang kuat, transparansi yang bagus, keras namun elastis sehingga dapat menyesuaikan kontur kayu apabila mengalami pemuaian atau penyusutan dan berbagai kelebihan lainnya.

Teknik Finishing Antik

  • Pastikan media yang digunakan sudah diamplas sehingga furniture lama ataupun media yang digunakan sudah benar-benar bersih. Noda pada furniture akan mempengaruhi hasil warna finishing.
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu dan kemudian tunggu hingga kering setidaknya selama 1 jam.

Setelah kering, lakukan pengamplasan pertama menggunakan kertas amplas no. 180. Kemudian lakukan pengamplasan kedua menggunakan kertas amplas no. 320

  • Aplikasikan BioDuco Topcoat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu agar dapat mengunci coating sebelumnya
  • Aplikasikan Biovarnish Glaze warna Brown. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 1 bahan: 1 air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu lalu tunggu selama 5 menit. Apabila sudah 5 menit, lap permukaan kayu tersebut menggunakan kain katun yang bersih
  • Aplikasikan BioDuco Topcoat Kembali. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara menyeluruh sehingga furniture tersebut dapat digunakan dan menghasilkan finishing yang estetik

Cara Pemesanan

Hubungi kontak hotline yang sudah tertera pada website ini untuk memesan produk-produk finishing ramah lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi melalui email: [email protected]

Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

CS Biovarnish

Proyek DIY: Finishing Chalk Paint Untuk Finishing Furniture Kekinian

Chalk paint merupakan salah satu produk finishing yang sangat cocok untuk proyek DIY. Karena Anda mengkreasikan berbagai tampilan menarik hanya dengan chalk paint.

Apa sih yang dimaksud dengan chalk paint? Sebagian orang mungkin masih asing dengan chalk paint atau Anda justru salah paham jika chalk paint adalah chalkboard paint? Bukan. Chalk paint berbeda dengan chalkboard paint yang selama ini Anda ketahui. Chalk paint merupakan cat dengan pigmen warna solid dan hasil finishing cenderung matte seperti tampak terlapisi kapur. Namun, media yang sudah terlapisi chalk paint tidak dapat digunakan untuk menulis dengan kapur, justru ketika digoreskan kapur akan merusak lapisan cat.

Chalk paint berawal dari merk dagang asal luar negeri yang berdiri tahun 1990. Cat tersebut muncul dengan latar belakang banyaknya cat yang harus diaplikasikan dengan berbagai persiapan yang cukup rumit sehingga memakan banyak waktu dan tenaga. Berbeda dengan chalk paint yang justru lebih sederhana dan cepat karena cat tersebut terbuat dari air dan latex. Dengan formula yang ringan membuat cat tersebut mudah diaplikasikan dan memberikan efek yang berkarakter pada permukaan kayu. Terlebih jika Anda mengaplikasikan chalk paint menggunakan kuas bulu nylon yang halus.

Ketika pertama muncul, chalk paint ini menjadi pusat perhatian dan langsung digemari oleh banyak orang. Sayangnya, di Indonesia untuk menggunakan chalk paint cukup sulit atau Anda harus membelinya dari luar negeri. Tentu saja untuk proyek DIY hal tersebut dirasa mahal dan tidak efisien waktu. Kenapa harus menggunakan chalk paint bukan cat duco pada umumnya saja?

Cat duco memang sudah banyak dijumpai di Indonesia namun efek yang diberikan cat tersebut tidak sama dengan chalk paint. Keunikan dari chalk paint sendiri lah yang membuat banyak para penghobi kayu ingin mengkreasikan diri dengan berbagai tampilan menggunakan chalk paint. Tidak hanya untuk tampilan solid opaque saja, menggunakan chalk paint juga dapat untuk menciptakan tampilan klasik yang selama ini banyak diolah oleh para aplikator profesional. Dengan menggunakan chalk paint maka Anda lebih mudah untuk mendapatkan tampilan klasik atau antik. Sebab, cat ini lebih mudah dihapus atau dikikis apabila menginginkan hasil tampilan yang usang pada furniture.

Kenapa Harus Memilih Chalk Paint untuk Finishing DIY?

Contoh Kayu Olahan yang Dimanfaatkan untuk Mebel dan Finishingny

Bagi orang yang sudah berkecimpung dalam dunia finishing, chalk paint sudah tidak familiar lagi. Namun, berbeda pada masyarakat pada umumnya yang notabene tidak mengikuti perkembangan dan tren finishing. Faktanya, untuk mendapatkan tampilan solid opaque banyak yang mengira menggunakan cat duco saja. Namun, secara tampilan akan cukup rumit agar mendapatkan hasil yang lebih antik.

Jika Anda merasa ragu memiliki chalk paint karena harganya yang masih mahal dan harus import dari luar negeri, kini chalk paint telah hadir di Indonesia. Harga chalk paint lebih terjangkau dan mudah untuk diaplikasikan. BioDuco Chalk Paint adalah varian produk BioDuco dari Bio Industries untuk tampilan solid opaque. Berbeda dengan cat duco, meskipun termasuk ke dalam varian produk cat duco namun BioDuco Chalk Paint memberikan hasil finishing layaknya chalk paint dari merk luar negeri.

Pilihan Bahan

Bahan yang digunakan untuk BioDuco Chalk Paint berbeda dengan cat duco pada umumnya. Chalk paint lebih menggunakan bahan dari air dan latex sehingga lebih mudah diaplikasikan dan memberikan efek seperti kapur apabila tanpa dilapisi lapisan cat lain diatasnya.

Tahan Lama

Meskipun chalk paint merupakan cat kapur yang terbuat dari air dan latex justru cat tersebut dapat bertahan lama. Terlebih jika dilapisi poles kayu atau topcoat diatasnya

Daya Rekat Yang Kuat

Chalk Paint sangat kuat ketika melapisi media diatasnya bahkan Anda tidak perlu pengamplasan yang terlalu kuat dan halus. Hanya dengan mengamplas secara ringan maka Anda sudah cukup.

Tidak Fokus Tampilan Sempurna

Ketika Anda menggunakan chalk paint maka Anda tidak perlu fokus terhadap tampilan yang sempurna dan optimal. Chalk paint bertujuan untuk menciptakan tampilan yang senatural mungkin. Sehingga ketika disapukan ke permukaan kayu, Anda tidak perlu ragu untuk hasil akhirnya

Dapat Dikreasikan

Bagi Anda yang suka finishing, chalk paint adalah produk finishing yang tepat. Dengan chalk paint maka Anda dapat mengkreasikan tampilan yang diinginkan seperti tampilan antik. Nah, untuk mendapatkan tampilan antik maka Anda dapat memanfaatkan kuas bulu nylon.

Cepat Kering

Chalk paint terbuat dari air dan latex sehingga setelah diaplikasikan ke permukaan media finishing maka akan lebih cepat kering. Dalam sehari, Anda sudah mendapatkan tampilan finishing yang Anda butuhkan.

Finishing DIY Dengan BioDuco Chalk Paint

Untuk mendapatkan tampilan yang unik dan memiliki karakter seperti halnya tampilan antik maka dibutuhkan berbagai tampilan dan teknik finishing yang benar. Namun, untuk hasil finishing yang sederhana maka Anda dapat memanfaatkan BioDuco Chalk Paint dan Biopolish Linseed Oil. Biopolish Linseed Oil adalah poles kayu yang dapat digunakan sebagai bahan finishing atau perawatan furniture. Dengan linseed oil dan beberapa kandungan bahan alami didalamnya membuat kayu dapat terjaga dengan baik dan lebih tahan lama.

Pengamplasan

Pastikan media finishing seperti kayu sudah siap untuk diaplikasikan cat. Sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut hingga benar-benar halus dan bersih dari berbagai noda.

BioDuco Wood Putty

Pengaplikasikan BioDuco Wood Putty sebenarnya fleksibel. Anda dapat menggunakan wood putty sesuai dengan diperlukan. Namun, apabila dirasa tidak membutuhkan wood putty seperti untuk menyamarkan cacat pada kayu atau menutup pori-pori maka Anda dapat melewati tahap pengaplikasian ini

BioDuco Chalk Paint

Larutkan terlebih dahulu BioDuco Chalk Paint dan air dengan takaran 2 chalk paint : 1 air lalu aduk hingga homogen. Tunggu hingga kering kurang lebih selama 1 jam dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Lalu amplas ambang menggunakan grit amplas no. 320 atau 400. Kemudian bersihkan sisa debu pengamplasan dari permukaan kayu tersebut

Biopolish Linseed Oil

Aplikasikan Biopolish Linseed Oil cukup dengan kain katun yang bersih ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit. Gosok permukaan kayu yang sudah terlapisi Biopolish Linseed Oil tersebut menggunakan kain atau hand sander.

Cara Pemesanan

BioDuco dan Biopolish Linseed Oil merupakan produk finishing yang diproduksi oleh Bio Industries. Produk-produk finishing tersebut merupakan produk ramah lingkungan yang sudah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional dari regulasi US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

Untuk mendapatkan berbagai tips finishing atau pembelian produk, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda juga melakukan pembelian melalui marketplace Bio Industries di Tokopedia: Biopaint

Atau Bukalapak: Cat Kayu Besi Waterbased

Atau Anda juga dapat melakukan pemesanan offline serta mengetahui berbagai tips finishing secara langsung dengan mengunjungi Bio Office dan Cabang di beberapa daerah yakni di Yogyakarta yakni di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jepara di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah atau di Cirebon yakni Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Bio Industries tidak hanya menyediakan berbagai kebutuhan produk finishing saja melainkan juga treatment kayu mulai dari obat anti jamur/anti serangga, bahan bleaching kayu dan lain sebagainya. Semua produk yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri ini merupakan produk-produk yang ramah lingkungan dan aman digunakan.

CS Biovarnish

Kesan Klasik Pada Meja TV Cukup Dengan Finishing Chalk Paint

Anda menyukai tampilan klasik seperti warna cat yang termakan usia? Saatnya Anda mengaplikasikan chalk paint pada furniture Anda dengan mudah dan sederhana.

Untuk membeli furniture klasik tentu membutuhkan uang hingga ratusan juta. Begitu pula untuk furniture dengan teknik finishing antik, juga tidak kalah membutuhkan uang yang cukup banyak. Namun, sebenarnya Anda bisa menciptakan tampilan klasik dengan tangan Anda sendiri apabila mengetahui cara dan teknik finishing klasik yang tepat. Saat ini, teknik finishing klasik tentu saja dapat dilakukan siapa saja karena sudah tersedia video online dengan berbagai konten tutorial finishing yang ditawarkan.

Meskipun banyak konten tutorial finishing yang disajikan di video online, apabila Anda tidak mengetahui dasar teknik finishing tentu akan mengalami kesulitan. Hal yang tidak kalah penting ketika memutuskan finishing secara diy adalah cat kayu yang akan Anda gunakan. Pasalnya, produk cat saat ini begitu beragam sehingga cukup sulit ketika harus memilih dan menyesuaikan finishing yang akan Anda gunakan.

Jika Anda menginginkan hasil finishing natural kayu yang klasik maka tidak terlepas dari tampilan warna coklat, bukan? Menariknya adalah Anda dapat menggunakan tampilan klasik yang lebih unik dan berkarakter yakni dengan mengaplikasikan chalk paint. Perlu diketahui bahwa chalk paint merupakan cat yang muncul pad atahun 1990. Tentu saja chalk paint berbeda dengan chalkboard paint. Chalk paint digunakan khusus untuk finishing pada furniture terlebih untuk finishing tampilan klasik seperti warna patina atau warna natural kayu klasik.

Chalk paint atau cat kapur belum cukup umum di Indonesia sehingga masih banyak orang belum menyadari berbagai manfaat penggunaan chalk paint. Namun, bagi Anda yang selalu mengikuti tren furniture ataupun finishing furniture, pengaplikasian chalk paint sudah umum dan familiar. Sayangnya, di Indonesia masih sangat langka dan bahkan Anda harus mengimpor dari luar negeri untuk mendapatkan chalk paint.

Memilih Chalk Paint Untuk Finishing Meja TV Agar Terkesan Klasik

Anda memiliki meja tv yang yang ingin dirubah tampilannya terkesan lebih klasik? Pengaplikasian chalk paint adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kesan klasik pada meja tv. Berbeda dengan cat duco atau cat kayu pada umumnya, chalk paint diformulasikan khusus untuk proses yang lebih sederhana dan tidak cukup ribet. Bahkan jika Anda melakukan kesalahan selama proses finishing. Hal tersebut sering terjadi pada seorang pemula ketika mengaplikasikan cat sehingga hasilnya tidak halus da optimal. Namun, penggunaan chalk paint tidak bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan optimal namun senaturl mungkin. Sehingga chalk paint ini sangat cocok bagi Anda yang pemula, seseorang yang suka mengkreasikan finishing ataupun aplikator profesional untuk hasil yang artistik.

Chalk paint merupakan cat kapur yang terbuat dari air dan latex sehingga apabila Anda melakukan kesalahan maka Anda dapat menghapus bagian yang salah tersebut menggunakan air. Biasanya, ketika melakukan kesalahan pada saat proses finishing berlangsung maka Anda harus menghapusnya dengan thinner namun hasil finishing tidak akan sama ketika Anda melakukan secara benar. Penggunaan chalk paint pada umumnya akan memberikan kesan permukaan media seperti terlapisi kapur. Sehingga bagi Anda yang menginginkan kesan matte natural maka menggunakan chalk paint adalah pilihan yang tepat. Lalu bagaimana jika digunakan untuk mendapatkan tampilan natural kayu klasik pada meja tv?

Untuk menciptakan tampilan natural kayu klasik maka Anda tidak perlu menggunakan plitur agar memberikan kesan coklat kayu pada permukaan media finishing. Anda dapat menggunakan cat glaze yang sengaja digunakan untuk memberikan kesan klasik pada furniture. Karena media finishingnya adalah meja tv lama Anda maka akan lebih baik jika permukaan meja tv tersebut diamplas terlebih dahulu sehingga akan mempermudah proses finishing berlangsung.

Pengamplasan ini bertujuan untuk mempermudah cat melekat ke permukaan kayu dengan kuat. Sehingga cat tidak akan mudah mengelupas ketika diaplikasikan. Masalah yang sering terjadi ketika refinishing furniture lama adalah proses pengamplasan yang tidak optimal sehingga ketika cat kayu diaplikasikan justru mudah mengelupas atau tidak dapat merekat dengan baik ketika cat tersebut sudah kering. Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan finishing adalah pengamplasan media finishing tersebut hingga benar-benar bersih dan halus.

Biovarnish Wood Filler

Apabila terdapat bagian furniture yang berlubang atau mengalami masalah cacat pada kayu maka sebaiknya benahi terlebih dahulu bagian yang cacat tersebut hingga benar-benar permukaan kayu rata sehingga kayu dapat terlapisi cat dengan baik.

BioDuco Chalk Paint

Pada tahap selanjutnya, aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint tersebut hingga larutan benar-benar homogen. Gunakan ujung kuas pada sisi permukaan furniture terlebih pada bagian ukiran apabila terdapat ukiran pada furniture. Lakukan dengan tekanan ringan saja sehingga cat tersebut dapat menyatu ke permukaan kayu dengan baik. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan grit amplas no. 320 atau 400

BioDuco Topcoat

Untuk menutup coating chalk paint, aplikasikan BioDuco TopCoat tampilan matte. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata hingga benar-benar terlapisi. Kemudian diamkan saja hingga cat tersebut benar-benar kering

Biovarnish Glaze

Gunakan Biovarnish Glaze warna brown atau coklat dengan perbandingan 1 bahan glae: 1 air lalu aduk hingga larutan tercampur dengan sempurna. Aplikasikan dengan menggunakan kuas secara merata. Lalu diamkan selama 5 menit dan apabila sudah 5 menit, lap cat tersebut menggunakan kain katun yang bersih terutama lap bagian yang ingin terkesan kuno atau cat memudar.

BioDuco Topcoat (lagi)

Aplikasikan kembali BioDuco Topcoat ke seluruh permukaan kayu yang sudah terlapisi cat sebelumnya. Tunggu hingga benar-benar kering dan furniture dapat digunakan.

Jika perlu, Anda dapat mengulangi prosedur finishing diatas untuk hasil yang lebih halus dan sempurna.

Cat yang digunakan diatas adalah produk-produk finishing ramah lingkungan dari Bio Industries yakni perusahan cat lokal yang fokus memproduksi produk kebutuhan perkayuan yang ramah lingkungan seperti cat, poles kayu, obat anti jamur, obat anti serangga, pemutih kayu dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan seluruh produk ramah lingkungan diatas, Anda dapat melakukan pemesanan langsung dengan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat melakukan pembelian melalui marketplace Bio Industries yakni

Tokopedia: Biopaint

Bukalapak: Cat Kayu Besi Waterbased

Untuk layanan service point mulai dari tips finishing atau pembelian secara offline, Anda dapat mengunjungi kantor pusat ataupun kantor cabang Bio Industries di Yogyakarta yakni di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jepara di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah atau di Cirebon yakni Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Demikian teknik finishing natural kayu klasik yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari chalk paint berkualitas. Bio Industries menyediakan chalk paint berkualitas layaknya merk chalk paint dari luar negeri dan bahkan sudah disesuaikan dengan regulasi US EPA dan ECHA-Reach. Yuk, gunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

CS Biovarnish

Kombinasi Chalk Paint dan Wax Menciptakan Tampilan Furniture Makin Artistik

Anda sedang mengadakan proyek DIY? Tidak ada salahnya untuk mencoba finishing menggunakan chalk paint dan wax agar mendapatkan hasil yang menarik.

Proyek DIY apa yang sedang Anda kerjakan saat ini? Biasanya, seorang laki-laki gemar mengotak-atik suatu benda dan menjadi sebuah keahlian sendiri. Bukan berarti hal tersebut dilakukan oleh laki-laki saja bahkan perempuan pun juga tidak kalah ahli dalam hal tersebut. Terlepas dari hal tersebut, untuk mendapatkan hasil yang bagus maka dibutuhkan ketelitian dan polesan cat yang bagus. Adakalanya seseorang akan memilih tampilan yang cerah dan menarik untuk dilihat sehingga membuat ruangan terkesan lebih hidup.

Warna solid adalah warna yang juga banyak digemari oleh masyarakat di dunia. Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan proek DIY tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai hal finishing begitu pula untuk tampilan solid opaque. Sayangnya, untuk menciptakan solid opaque membutuhkan banyak persiapan dan bahkan memakan banyak waktu dan tenaga. Bagi seorang yang tengah melakukan proyek DIY tentu hal tersebut kurang nyaman dilakukan.

Pada umumnya, untuk hasil warna solid opaque yang bagus dan optimal membutuhkan banyak persiapan seperti pengaplikasian primer coat dan proses pengamplasan yang halus dan hati-hati. Tidak jarang pula, proses pengeringan juga menjadi salah satu keluhan para aplikator. Sehingga proyek DIY yang dilakukan membutuhkan waktu berhari-hari agar mendapatkan hasil yang bagus dan optimal.

Untuk mempermudah proses finishing dan tidak membutuhkan banyak persiapan, kini telah hadir chalk paint. Apa yang dimaksud dengan chalk paint? Bagi seorang yang sudah berkecimpung dalam bidang finishing, chalk paint sudah dianggap biasa namun cukup sulit didapatkan di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan tampilan menggunakan chalk paint maka harus membeli cat tersebut dari luar negeri. Tentu saja hal tersebut akan mengeluarkan banyak biaya, padahal ketika Anda ingin melakukan proyek DIY sebisa mungkin dapat memangkas biaya pengeluaran namun mendapatkan hasil yang memuaskan, bukan?

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Finishing Chalk Paint

Untuk memberikan hasil yang bagus dan menarik maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengaplikasikan chalk paint. Sebelum membahas apa saja yang harus diperhatikan, akan lebih baik jika mengenal apa yang disebut dengan chalk paint.

Biasanya orang-orang akan salah mengartikan antara chalk paint/cat kapur dengan chalkboard paint. Tentu saja keduanya berbeda, chalk pain memang dikhususkan untuk finishing tampilan permukaan media layaknya terlapisi kapur. Sedangkan chalkboard paint pada umumnya memang digunakan untuk melapisi papan untuk menulis dengan kapur. Nah, chalk paint sendiri lebih sederhana diaplikasikan dan tidak membutuhkan persiapan yang banyak. Maka dari itu, chalk paint kini sangat populer di kalangan aplikator finishing furniture.

Tampilan apa saja yang dapat menggunakan chalk paint? Untuk segi tampilan, Anda dapat memberikan kesan matte pada permukaan kayu sehingga terkesan tanpa terlapisi cat terlebih jika menggunakan chalk paint yang benar-benar terlihat seperti kapur.

  • Tampilan Solid Opaque

Chalk paint dapat Anda gunakan untuk tampilan furniture agar terkesan lebih modern seperti untuk finishing furniture minimalis modern yang notabene menggunakan tampilan solid opaque. Caranya adalah dengan mengaplikasikan dua kali chalk paint pada permukaan kayu.

  • Kombinasi Dua Warna

Bagi Anda yang suka tampilan klasik seperti warna cat yang terkikis sehingga menampakkan dua atau lebih warna cat maka Anda dapat menyapukan chalk paint dengan dua macam warna. Tampilan tersebut bisa dikenal dengan tampilan patina dan banyak furniture yang menerapkan tampilan tersebut, pada umumnya digunakan untuk rumah-rumah dengan konsep industrial. Untuk menciptakan kombinasi warna yang menarik tersebut maka sebaiknya lapisan pertama adalah menggunakan cat dengan warna yang lebih tua kemudian dilanjutkan dengan menyapukan lapisan cat yang lebih terang

  • Tampilan Mengkilap

Nah, pada dasarnya chalk paint adalah cat dengan tampilan matte sehingga untuk mendapatkan tampilan yang sedikit mengkilap atau satin maka Anda dapat mengaplikasikan wax setelah media finishing diaplikasikan chalk paint. Jika menginginkan hasil yang lebih mengkilap lagi maka Anda dapat mengaplikasikan chalk paint kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan topcoat tampilan gloss.

Finishing Chalk Paint dan Wax Untuk Menciptakan Tampilan Satin

Pernah kah Anda menyangka bahwa tampilan satin dapat Anda ciptakan dengan tangan Anda sendiri? Warna satin merupakan tampilan yang sedikit mengkilap namun tidak memberikan efek seperti kaca. Tampilan ini cukup jarang sehingga menjadi sebuah karya seni yang artistik dan mengesankan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan chalk paint, maka tidak perlu khawatir lagi. Kini Anda dapat mendapatkannya dengan mudah di Indonesia, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Yakni BioDuco Chalk Paint. Chalk paint yang terbuat dari air dan latex asli Indonesia dengan kualitas merk chalk paint luar negeri. Formula bahan-bahan yang digunakan pada chalk paint ini telah disesuaikan dengan standar regulasi US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga chalk paint tersebut benar-benar aman dan nyaman untuk digunakan.

Periapan Pra Finishing

  • Media finishing

Pastikan media finishing yang akan digunakan yakni kayu telah siap untuk digunakan. Sebaiknya gunakan kayu yang memiliki tingkat kekeringan MC <15% dan sudah diamplas sehingga permukaannya lebih halus. Pengamplasan tersebut juga berlaku untuk media yang akan di refinishing menggunakan chalk paint.

  • Pengamplasan

Untuk pengamplasan berbeda ketika Anda menggunakannya pada saat finishing menggunakan cat duco atau cat kayu lainnya. Ketika menggunakan chalk paint maka Anda hanya butuh pengamplasan yang lebih ringan dan halus. Anda dapat menggunakan grit amplas no. 400 untuk grit amplas yang paling halus agar permukaan lebih natural.

  • Metode Finishing

Untuk metode finishing menggunakan chalk paint maka disarankan untuk menggunakan metode finishing kuas. Dengan menggunakan kuas justru memberikan hasil finishing yang unik dan berkarakter. Anda tidak perlu melapisinya dengan kain, melainkan gunakan ujung kuas untuk menyapukan chalk paint pada permukaan media finishing.

Teknik Finishing Dengan Chalk Paint

  • Setelah media finishing tersebut siap diaplikasikan maka aplikasikan terlebih dahulu BioDuco Wood Putty untuk meratakan tampilan warna permukaan kayu sekaligus menyamarkan cacat pada kayu
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint

Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen.

Sapukan cat tersebut menggunakan kuas memanjang ke seluruh permukaan kayu. Anda tidak perlu khawatir apabila tampilan terlalu tebal, Anda menyapukan kembali ke permukaan kayu dengan tekanan ringan. Pada tahap ini, tidak membutuhkan tampilan yang kuat dan sempurna melainkan tampilan yang natural.

Setelah diapliakasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam. Pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang bersih dan memiliki kelembaban yang tepat

Setelah kering, amplas ambang secara ringan menggunakan kertas amplas no. 400

  • Aplikasikan Bioploish Beeswax

Setelah permukaan media finishing diaplikasikan coating. Anda dapat mengunci tampilan coating dan memberikan kesan sedikit mengkilap dengan mengaplikasikan Biopolish Beeswax. Cukup dioleskan saja menggunakan kain bersih ke permukaan kayu secara keseluruhan.

Pemesanan

Untuk mendapatkan produk-produk diatas yakni BioDuco Chalk Paint, BioDuco Wood Putty, Biopolish Beeswax ataupun produk finishing ramah lingkungan lainnya, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries.

Untuk konsultasi finishing atau pembelian offline, Anda dapat langsung mengunjungi Bio Service Point di

Yogyakarta: Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Via Telp/Fax 0274 388301

Cirebon: Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Via Telp/Fax 0231 320759

Jepara: Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Via Telp/Fax 0291 598992

CS Biovarnish

Warna Mainan Menarik dan Disukai Anak-Anak Dengan Aplikasi Chalk Paint

Mainan anak-anak saat ini banyak dipilih dari material kayu karena dipandang lebih ramah lingkungan. Untuk menarik perhatian anak-anak, warna yang berwarna-warni menjadi anak-anak lebih menyukai mainan tersebut.

Kayu merupakan salah satu material yang saat ini digunakan untuk mainan anak-anak. Bahkan beberapa taman bermain di luar negeri lebih mengusung konsep ramah lingkungan dengan berbagai mainan yang terbuat dari kayu. Hal ini mengurangi dampak buruk pada kesehatan dan memberikan kenyamanan bagi anak saat bermain. Anak-anak sangat suka barang-barang yang berwarna-warni begitu pula dengan mainan. Maka dari itu, untuk menambah kesan menarik pada mainan dibutuhkan lapisan cat kayu.

Anda dapat menggunakan chalk paint yang saat ini mulai populer di kalangan penghobi kayu. Chalk paint memberikan kesan matte pada permukaan kayu dengan tampilan warna yang cerah dan lembut. Cat kayu ini sudah terdapat sekitar tahun 1990 untuk memberikan kesan menarik pada furniture bahkan juga sering digunakan untuk finishing tampilan antik. Anda dapat menggunakan metode distress untuk mendapatkan kesan antik pada saat finishing menggunakan chalk paint.

Apa sih sebenernya chalk paint tersebut? Chalk paint merupakan primer coat yang terbuat dari air dan latex. Karena prosesnya yang sederhana, cepat dan mudah membuat chalk paint mudah populer di kalangan penghobi kayu ketika awal kali muncul. Sayangnya, keberadaan chalk paint di Indonesia masih sangat jarang sehingga penghobi kayu atau Anda yang ingin melakukan proyek DIY untuk hasil permukaan furniture seperti kapur sedikit mengalami kendala.

Kenapa harus memilih chalk paint untuk finishing mainan anak? Chalk paint terbuat dari air sehingga lebih ramah lingkungan. Terlebih bagi Anda yang menginginkan proses finishing yang lebih sederhana dan tidak ribet. Chalk paint memang memberikan permukaan kayu seperti kapur namun bukan berarti chalk paint sama seperti dengan chalkboard paint. Kedua cat tersebut sangat berbeda, jika chalkboard paint digunakan untuk mengecat papan untuk menulis kapur berbeda dengan chalk paint yang sengaja digunakan untuk finishing furniture atau mainan anak-anak.

Chalk paint diformulasikan khusus dengan daya rekat film yang kuat sehingga tidak masalah jika tanpa pengamplasan sekalipun. Apakah hasilnya akan optimal? Tentu saja. Karena memang dikhususkan untuk finishing yang sederhana dan tanpa persiapan yang ribet maka chalk paint akan melekat kuat pada permukaan kayu.

Chalk Paint Untuk Finishing Mainan Anak-anak Yang Warna-Warni

Waspadai Zat Berbahaya Pada Finishing Mainan Kayu

Siapa sih yang tidak suka melihat mainan anak yang warna-warni menarik dilihat? Pasti semua menyukainya terlebih anak-anak yang lebih condong terhadap apapun yang berwarna. Bagi Anda yang ingin menciptakan mainan sendiri, pasti cukup sulit mencari cat yang cocok untuk mainan anak-anak. Cat yang bagus adalah cat kayu yang memiliki tampilan yang kuat dan aman digunakan oleh anak-anak. Chalk paint adalah solusi terbaik untuk finishing mainan anak-anak karena cat tersebut ramah lingkungan dan bahkan memiliki tampilan warna yang disukai anak-anak.

Jika selama ini Anda kesulitan mencari chalk paint, saat ini Anda tidak perlu khawatir harus beli import dari luar negeri. Di Indonesia kini telah hadir chalk paint yang berkualitas layaknya import yakni BioDuco Chalk Paint. Diformulasikan khusus dengan berbagai fitur untuk mempermudah proses finishing diantaranya adalah daya rekat yang kuat, cepat kering, dapat diaplikasikan dengan kuas atau semprot dan terdiri dari 20 varian warna pastel yang indah.

Tidak hanya cocok untuk finishing mainan anak-anak saja, loh. Chalk paint sangat cocok untuk finishing furniture apapun bahkan untuk tampilan antik. Nah, latar belakang terciptanya chalk paint adalah karena cat yang selama ini terdapat di pasaran cukup rumit diaplikasikan terlebih untuk finishing tampilan antik. Dengan chalk paint Anda bisa mengkombinasikan warna lain dengan cara distress atau menggunakan warna cat glaze untuk memberikan kesan warna natural kayu yang terkikis usia.

Untuk mendapatkan tampilan baik tampilan antik ataupun solid opaque maka Anda harus memperhatikan teknik finishing. Karena teknik finishing yang tepat akan memberikan hasil yang optimal. Nah, jika dengan chalk paint Anda bisa mengkreasikan karya sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena chalk paint merupakan cat yang menonjolkan karakter furniture bukan tentang kesempurnaan tampilan furniture yang selama ini banyak digemari.

Maka dari itu, chalk paint sangat cocok bagi Anda yang suka berkreasi dalam hal finishing. Berani mengekspresikan warna yang Anda inginkan untuk memberikan karakter yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Begitu pula pada mainan anak-anak, Anda dapat mengkreasikan berbagai tampilan yang diinginkan. Yang terpenting untuk mainan anak-anak adalah tampilan furniture tersebut disukai oleh buah hati Anda.

Finishing Warna Solid Opaque Pada Mainan Anak-anak Dengan Chalk Paint

Nah bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan proyek DIY pastinya akan lebih mudah dan familiar tentang kreasi furniture atau perabotan dari kayu. Namun, bagaimana jika Anda adalah seorang yang masih pemula terlebih dalam hal finishing? Untuk menciptakan mainan anak-anak yang sederhana, Anda dapat menggunakan cara kuas menggunakan kuas bulu nylon. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan semprot terlebih dahulu meskipun lebih cepat karena jika salah dilakukan harus mengulang dan memperhitungkan dengan baik.

Bagi Anda yang masih pemula, gunakan kuas bulu nylon yang halus untuk mengaplikasikan chalk paint. Anda tidak perlu ragu atau khawatir mengalami kendala ketika mengaplikasikan chalk paint karena cat ini dapat dihapus menggunakan air tanpa harus menggunakan thinner lagi. Meskipun dapat dihapus dengan air, chalk paint tetap memberikan hasil yang baik ketika diaplikasikan ke permukaan kayu dan btidak mudah memudar. Lakukan langkah-langkah finishing mainan anak-anak yang tepat, diantaranya adalah

Persiapan Media

Media finishing yakni kayu yang akan digunakan sebaiknya dipastikan untuk siap diaplikasikan cat. Sebaiknya, kayu tersebut memiliki tingkat kekeringan yang tepat. Idealnya, tingkat kekeringan kayu MC kurang dari 15%. Selain itu, amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar hasilnya lebih halus dan bersih sehingga tidak berpengaruh pada warna.

Proses Finishing Cat

Langah awal untuk memberikan hasil yang halus adalah dengan mengaplikasikan BioDuco Wood Putty. Pengaplikasian wood putty atau juga dikenal dengan dempul bertujuan untuk menyamarkan cacat pada kayu yang akan digunakan untuk mainan anak-anak

Kedua, aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint dan air dengan takaran 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga benar-benar homogen. Lalu kuaskan ke seluruh permukaan mainan kayu. Jika lapisan permukaan terlalu tebal maka Anda dapat mengaplikasikan sekitarnya secara ambang. Kemudian diamkan selama 60 menit hingga cat mengering lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

Ketiga, aplikasikan BioDuco Topcoat. Setelah dilarutkan dengan air secukupnya kemudian aplikasikan ke seluruh mainan anak-anak.

Keempat, setelah permukaan mainan anak-anak yang sudah terlapisi cat tersebut benar-benar kering maka Anda dapat mengaplikasikan Biopolish Beeswax untuk melindungi permukaan kayu tersebut lebih tahan lama dan aman digunakan.

CS Biovarnish

Bahan Pelapis Natural Kayu untuk Meja Makan Minimalis Yang Bagus

Agar warna natural kayu lebih tajam sebaiknya gunakan bahan pelapis natural kayu untuk meja makan minimalis yang memiliki daya rekat film yang kuat.

Warna natural kayu menjadi salah satu tampilan furniture yang paling banyak diterapkan. Bukan hanya karena bernilai estetik, warna natural kayu juga dapat disesuaikan dengan berbagai nuansa dalam ruangan. Hingga saat ini pun, warna natural kayu masih banyak digunakan untuk berbagai model furniture seperti furniture minimalis. Untuk menciptakan warna kayu pada furniture harus dilakukan dengan cara yang tepat agar hasilnya lebih tajam.

Meskipun cara aplikasi warna natural kayu tersebut terlihat mudah akan tetapi apabila dilakukan dengan cara yang kurang tepat hasilnya tidak rapi. Kesalahan-kesalahan selama finishing warna kayu pun sering dilakukan oleh orang-orang yang diy atau sedang belajar mengecat. Diantara kesalahan tersebut adalah cara aplikasi menggunakan kuas yang terlalu ditekan, nggak diamplas terlebih dahulu ataupun penggunaan cat yang salah.

Banyaknya merk cat kayu membuat kemudahan bagi masyarakat untuk memilih cat yang sesuai dengan kebuutuhan. Namun, Anda harus lebih selektif ketika memilih cat kayu untuk finishing meja makan minimalis. Maka dari itu, pentingnya untuk komparasi antara cat kayu yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil warna sesuai dengan yang diinginkan. Perlu diingat bahwa ketika digunakan untuk finishing meja makan maka cat kayu tersebut  tidak menyebabkan kontaminasi sehingga makanan, minuman atau bahan makan di dekat meja makan lebih higienis.

Disarankan untuk menggunakan cat kayu dengan bahan dasar air untuk finishing meja makan. Sebab, cat water based lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based. Cat tersebut rendah VOC sehingga meminimalisir adanya kontaminasi senyawa kimia pada makanan atau minuman sekitar meja makan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengenal dengan cat water based sehingga kepercayaan terhadap hasil finishingnya pun diragukan. Faktanya, kualitas dari cat water based hampir sama dengan cat solvent based.

Cat Kayu Bahan Pelapis Natural Kayu untuk Meja Makan Minimalis

Cat water based merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan air dan pelarut yang digunakan pun adalah air. Pelarut air tersebut disarankan menggunakan air yang bersih atau memiliki pH 7 atau netral agar tidak mengganggu tampilan warna. Cat kayu berpelarut air tersebut juga sudah populer di berbagai negara di dunia, salah satunya adalah di Amerika. Kenapa cat water based saat ini sangat populer dibandingkan cat solvent based?

Tren penggunaan cat water based bukan hanya sekedar tren lalu viral melainkan cat kayu ini memiliki kandungan VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Dengan kandungan yang aman tersebut menyebabkan cat water based mampu mengurangi adanya polusi ataupun mencegah terjadinya gangguan kesehatan.  Pasalnya, cat solvent based telah banyak menyebabkan berbagai masalah lingkungan ataupun kesehatan sehingga terdapat beberapa negara yang mulai melarang atau membatasi penggunaan cat solvent based.

Cat kayu water based mengalami berbagai perkembangan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat finishing. Begitu pula cat water based yang sudah Anda jumpai di Indonesia, meskipun masih baru namun perkembangan cat kayu tersebut justru lebih cepat dibandingkan cat solvent based. Salah satu cat kayu berpelarut air yang direkomendasikan untuk finishing natural kayu adalah Biovarnish.

Kualitas dari Biovarnish tidak kalah dengan kualitas cat water based dari luar negeri, pasalnya cat tersebut menggunakan bahan yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional. Regulasi yang menjadi rujukan untuk batas bahan kimia dan VOC pada suatu produk finishing adalah US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Bahkan, karena kandungan bahan Biovarnish yang membuat cat kayu ini juga aman untuk finishing furniture bayi ataupun mainan anak-anak, loh.

Finishing Natural Kayu Pada Meja Makan Menggunakan Biovarnish

Karena cat kayu Biovarnish sudah sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional tentunya juga aman ketika digunakan untuk finishing meja makan. Cat kayu yang aman tersebut sangat penting untuk menjaga higienitas dari makanan yang terdapat disekitarnya. Pasalnya, cat kayu konvensional pada umumnya justru mengeluarkan racun dan membuat makanan terkontaminasi zat kimia berbahaya.

Selain kandungan bahannya yang aman, Biovarnish dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan mempermudah proses finishing yakni memiliki daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang tajam, good-levelling, mudah diamplas, mudah diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot, dan cepat kering. Dan hasil warna kayu pun tetap optimal meskipun diaplikasikan pada material lainnya seperti rotan, bambu ataupun material kerajinan lainnya. Penggunaan cat water based tentu lebih menguntungkan karena lebih efisien waktu dan tidak boros karena cukup menggunakan pelarut air.

Tahap Finishing Natural Kayu

  • Amplas terlebih dahulu meja makan hingga bersih dan permukaannya lebih halus sehingga akan mempermudah cat melekat dengan optimal
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk mengisi pori-pori kayu agar ketika diaplikasikan cat maka warnanya lebih cepat keluar. Setelah diaplikasikan, diamkan kurang lebih 30 menit dalam suhu ruangan. Lalu amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240 apabila sudah kering
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Satain untuk pewarnaan ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara kuas atau semprot. Lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Nah, rahasia finishing tampilan optimal, rapi dan permukaannya yang halus adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Cat kayu ini akan mempertajam tampilan coating dan membuat cat kayu lebih bertahan lebih lama. Caranya, setelah dilarutkan dengan air lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat tampilan matte atau gloss untuk hasil akhir yang lebih optimal. Setelah diaplikasikan Biovarnish, diamkan kurang lebih semalaman atau meja makan benar-benar kering.

Setelah finishing, meja makan sudah dapat diletakkan kembali ke dalam ruangan. Anda tidak perlu khawatir karena cat kayu tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun. Perlu diingat bahwa selama proses finishing, Anda tidak perlu mengeringkan cat di bawah sinar matahari langsung melainkan hanya cukup didiamkan saja dalam suhu ruangan. Karena ketika dikeringkan dibawah sinar matahari justru hasil finishing tidak akan optimal.

Sebagai perawatan, Anda dapat mengaplikasikan poles kayu Biopolish Beeswax. Pastikan untuk selalu merawat meja makan secara rutin agar debu tidak membandel. Jika debu terlanjur melekat bahkan dalam kurun waktu yang lama justru lebih sulit dibersihkan meskipun menggunakan lap dari kain setengah basah.

CS Biovarnish

Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu Tanpa Flacking

Flacking sering terjadi pada furniture karena proses oksidasi. Untuk mencegah terjadinya flacking lebih cepat maka dibutuhkan lapisan cat outdoor terbaik untuk kursi teras kayu.

Furniture outdoor seperti kursi teras kayu rawan rusak akibat flacking, perubahan cuaca, perbedaan kelembaban udara ataupun serangan jamur dan rayap. Flacking atau lapisan cat kayu yang retak membuat kayu cepat rusak dan keropos. Flacking ini terjadi karena adanya proses oksidasi dan biasanya cat sudah melekat terlalu lama dan selalu terpapar cahaya matahari atau air hujan. Jika elastisitas cat kayu yang digunakan pada kursi teras kayu tidak bagus maka cat akan lebih cepat flacking. Maka dari itu, pentingnya untuk memastikan dan mengetahui cat outdoor sebelum diaplikasikan pada permukaan kursi teras kayu.

Terjadinya lapisan cat retak atau mengelupas ini sering terjadi jadi harus segera mungkin untuk refinishing. Sebab, lapisan cat yang retak tersebut akan mengurangi perlindungan terhadap kayu. Sednagkan kayu yang tidak terlindungi dengan optimal maka kayu akan mudah keropos ataupun terserang rayap. Tentu tidak ingin kursi teras kayu di rumah Anda terbuang percuma karena terlambat di refinishing, bukan? Pastikan untuk memilih lapisan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat sehingga cat tidak mudah mengelupas. Caranya adalah dengan mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada cat tersebut.

Pentingnya untuk mengkomparasikan antara merk cat yang satu dengan yang lain bertujuan untuk mendapatkan kualitas cat yang terbaik. Sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan kayu akan terlihat lebih tajam, halus dan rapi. Tentunya untuk menciptakan hasil finishing natural yang optimal membutuhkan tahap finishing yang benar dan tepat. Pasalnya, masih banyak orang yang hanya mengaplikasikan dengan cara yang asal sehingga hasilnya pun terlihat kasar dan kurang rapi. Kesalahan yang sering dilakukan pada umumnya adalah mengaplikasikan cat dengan tekanan kuas yang kuat dan hanya menggunakan satu jenis cat kayu saja.

Meskipun menggunakan plitur dan topcoat sebagai lapisan kursi teras kayu sudah memberikan hasil yang bagus namun ketahanannya kurang baik. Cat tersebut akan lebih cepat memudar dan apabila menginginkan hasil  yang optimal maka aplikasikan sanding sealer sebagai lapisan cat kayu. Sebab, cat kayu ini berfungsi untuk memperkuat cat kayu sebelumnya. Bagaimana kah sanding sealer yang berkualitas bagus?

Sanding Sealer Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu

Lapisan Cat Outdoor Terbaik Untuk Kursi Teras Kayu

Sanding sealer merupakan cat kayu (maincoat) khusus untuk tampilan transparan kayu berfungsi sebagai memperhalus tekstur permukaan kayu. Sandinng sealer juga dapat berfungsi untuk menutup pori-pori pada kayu. Fungsi tersebut hampir mirip dengan filler kayu yang paling jelas membedakan adalah sanding sealer digunakan untuk menutup pori-pori halus pada kayu yang ukurannya cenderung kecil sedangkan filler kayu digunakan untuk menutup pori serat kayu yang besar dan kasar.  Jika digunakan untuk menutup pori-pori kayu dan memotong bulu-bulu halus biasanya digunakan sebagai lapisan dasar atau lapisan cat sebelum colouring (wood stain). Sedangkan jika berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam coating pada umumnya diaplikasikan setelah wood stain.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu pada kursi teras kayu memang cukup sederhana untuk hasil yang optimal. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sanding sealer yang terbuat dari bahan dasar air. Sebab, cat kayu tersebut lebih cepat kering sehingga akan mempermudah serta mempercepat proses finishing. Cat berbahan dasar air atau cat water based cukup dibanderol dengan harga yang tinggi karena kelangkaan dan masih sedikitnya produsen cat yang mengembangkan cat tersebut. Hal tersebut yang menjadi keraguan ketika harus menggunakan cat water based. Disisi lain, bagi seorang yang masih awam tentu kepercayaan hasil finishing menjadi faktor lain yang dipertimbangkan.

Biovarnish menjadi salah satu cat kayu water based yang direkomendasikan dan harganya pun terjangkau. Anda tidak perlu menggunakan pelarut thinner atau pelarut organik lainnya namun hanya cukup menggunakan air ketika untuk mengencerkan cat. Tentu penggunaan pelarut air lebih hemat dibandingkan menggunakan pelarut organik yang harus membeli setiap kalengnya, bukan? Selain itu, cat kayu water based juga lebih cepat dibandingkan cat kayu konvensional. Untuk Biovarnish, proses pengeringan cat seperti sanding sealer hanya memakan waktu kurang lebih 60 menit lalu dapat dilanjutkan dengan aplikasi cat kayu lainnya.

Finishing Natural Kayu Pada Kursi Teras Menggunakan Biovarnish

Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing natural kayu yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Dengan produk finishing yang lengkap tersebut akan mempermudah proses finishing Anda karena Anda tidak perlu bingung dalam menentukan jenis cat kayu yang akan digunakan di setiap tahapnya. Biovarnish sangat cocok untuk finishing yang dilakukan oleh aplikator profesional atau bahkan yang masih belajar finishing sekalipun. Sebab, Biovarnish mudah diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot. Nah, catatan bagi Anda yang sedang belajar finishing maka sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi dengan kain untuk menghidari terjadinya brush mark atau bekas kuas.

Cat kayu ini juga tergolong cat yang aman dan ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Hal ini dibuktikan dengan bahan-bahan Biovarnish yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia dan VOC Internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Karena sudah disesuaikan dengan regulasi internasional ini lah membuat Biovarnish tidak kalah berkualitas dengan cat kayu water based dari luar negeri.

Untuk kursi teras kayu yang harus di cat ulang juga cocok menggunakan Biovarnish karena ketahanannya yang baik. Berikut tahap finishing natural kayu pada kursi teras menggunakan Biovarnish:

  1. Sebaiknya kursi teras diamplas terlebih dahulu sebelum kayu dilapisi cat. Penamplasan bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa cat kayu lama yang masih menempel. Sebab, cat kayu lama akan mengganggu daya rekat cat sekaligus membuat warna tidak sama rata.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler apabila terdapat bagian yang cacat.
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna yang diinginkan. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan baik. Pastikan cat kayu sudah diaplikasikan merata, kemudian diamkan kurang lebih 60 menit dalam suhu ruangan. Setelah kering sentuh, amplas permukaan kursi teras tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam tampilan cat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lalu diamkan kurang lebih 60 menit hingga cat tersebut kering sentuh. Setelah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  5. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss pada permukaan kayu sebagai tahap akhir. Lalu diamkan selama semalam atau lapisan cat pada kursi teras benar-benar kering. Setelah kering, kursi teras sudah dapat digunakan.

Nah, itulah lapisan cat kayu yang mampu mempertahankan tampilan kayu pada outdoor menggunakan Biovarnish. Perlu diingat bahwa ketika setelah finishing pada furniture interior ataupun eksterior, furniture tersebut dapat langsung digunakan tanpa harus diangin-anginkan terlebih dahulu. Sebab, Biovarnish tidak mengalami penguapan, tidak mengeluarkan bau dan tidak beracun sehingga aman untuk digunakan.

CS Biovarnish

Cat Kayu Bagus untuk Menutup Pori Serat Refinishing Meja Makan Kayu

Untuk menutup pori serat refinishing meja maka kayu sebaiknya gunakan cat kayu yang mampu melapisi dengan kuat dan tahan air

Warna cat pada meja makan kayu memang rawan memudar karena terkena air atau cairan lainnya. Meskipun meja makan kayu sudah dilapisi dengan kaca, kemungkinan kayu tersentuh cairan pun juga terjadi. Maka dari itu, dibutuhkan cat kayu yang tepat agar tidak mudah memudar. Masalah yang sering terjadi pada meja makan kayu adalah warna akan memudar ketika terkena cairan terutama jika cairan tersebut tidak segera dibersihkan. Warna belang diakibatkan oleh cairan tentu akan mengganggu tampilan.

Cat kayu yang mudah memudar biasanya mengandung minyak yang sebenarnya cukup berbahaya jika bersentuhan dengan makanan. Cat kayu yang terbuat dari minyak mengandung senyawa kimia berbahaya yang dapat mengkontaminasi makanan disekitarnya. Maka dari itu, apabila refinishing disarankan untuk menggunakan cat kayu yang ramah lingkunga. Cat kayu ramah lingkungan berbeda dengan cat kayu yang mengandung minyak. Cat kayu ramah lingkungan tersebut terbuat dari bahan dasar air dan kandungan bahan kimianya yang aman.

Di Amerika, penggunaan cat kayu berbahan dasar air sudah mulai digalakkan bahkan 80% pasarnya dikuasai oleh cat berbahan dasar air. Tidak jarang pula terdapat negara yang melarang produk finishing yang mengandung VOC yang tinggi. Sebab, kandungan VOC yang tinggi bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan. VOC (Vehicle Organic Compounds) merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun. Keamanan pada suatu produk finishing saat ini juga tidak luput perhatian oleh buyer mancanegara. Jadi, bagi Anda yang memiliki usaha kerajinan ataupun mebeling pasti membutuhkan cat berbahan dasar air untuk finishing. Pasalnya, jika ingin menembus pasar internasional maka cat kayu tersebut harus benar-benar aman dan rendah VOC sehingga tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Cat kayu berbahan dasar air memang sudah digunakan di berbagai negara maju namun untuk negara seperti Indonesia, cat kayu jenis ini masih tergolong baru. Tentunya, cat kayu jenis ini sedang dikembangkan agar sesuai dengan standar baik kualitas finishing dan keamanannya. Nah, salah satu cat kayu berbahan dasar air di Indonesia yang sudah dijamin kualitas dan keamanannya adalah Biovarnish. Kualitas cat kayu ini tidak kalah dengan cat berbahan dasar air yang berasal dari luar negeri sebab bahan-bahan yang digunakan pada Biovarnish sudah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Biovarnish Pelapis Cat Kayu untuk Menutup Pori Serat Refinishing Meja Makan Kayu

Sebelum mengenal lebih dekat tentang Biovarnish, sudah berapa tahu kah Anda tentang cat berbahan dasar air atau cat water based? Pasalnya, jenis cat kayu ini masih sangat baru dan hanya beberapa merk cat yang sudah dipasarkan. Wajar saja, jika masyarakat masih awam tentang cat berbahan dasar air. Jika Anda familiar cat air untuk melukis tentu berbeda dengan cat kayu berbahan dasar air. Cat kayu pada umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus untuk finishing pada media finishing seperti kayu, rotan, bambu atau pun serat alam lainnya.

Cat berbahan dasar air merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dasar air dan pelarut yang digunakan pun juga air. Berbeda dengan cat kayu pada umumnya yang harus dilarutkan dengan pelarut thinner atau pelarut organik lainnya. Sehinngga cat kayu berbahan dasar air ini pun tidak mengeluarkan bau menyengat diakibatkan oleh pelarut air. Jika menggunakan pelarut thinner atau pelarut organik lainnya cenderung mengeluarkan bau yang cukup menyengat sehingga tidak disarankan untuk finishing furniture interior. Akan lebih baik menggunakan cat kayu yang tidak menngeluarkan bau menyengat jika digunakan untuk furniture interior.

Cat kayu yang mengandung senyawa kimia berbahaya akan membuat makanan atau bahan makanan di dapur terkontaminasi. Tentu hal tersebut tidak higienis, bukan? Biovarnish menjadi salah satu pelopor cat berbahan dasar air yang direkomendasikan sebagai finishing. Selain sudah disesuaikan dengan standar regulasi internasional, cat kayu ini selalu dikembangkan agar menghasilkan finishing yang optimal.

Biovarnish memiliki transparansi warna yang tajam sehingga tidak hanya menciptakan tampilan natural kayu yang optimal pada media kayu saja melainkan juga dapat diaplikasikan pada bambu, rotan atau serat alam lainnya dengan hasil yang tidak kalah bagus. Cat ini juga terdapat fitur daya rekat film yang kuat, good-levelling dan mudah diaplikasikan sehingga akan mempermudah proses finishing.

Refinishing Natural Kayu dengan Biovarnish Pada Meja Makan Kayu

Biovarnish juga cocok digunakan untuk refinishing atau pengecatan kembali sebab cat kayu ini dapat bertahan lama dan mengembalikan tampilan natural kayu seperti baru. Tidak hanya sekedar meremajakan tampilan pada furniture, Biovarnish dapat melindungi permukaan kayu secara optimal sehingga permukaan kayu tidak mudah rusak. Untuk proses finishing tentu saja membutuhkan beberapa lapisan cat jika menginginkan hasil finishing yang baik.

Refinishing menggunakan Biovarnish juga dapat dilakukan di rumah karena prosesnya yang cenderung cepat. Bahkan Anda tidak harus mengeringkan cat kayu dibawah sinar matahari langsung sebab Biovarnish hanya cukup dikeringkan dalam suhu ruangan. Tentu saja, hal tersebut akan lebih efisien waktu dan menguntungkan terutama bagi pengrajin ataupun industri mebelling. Dengan daya rekat filmnya yang kuat membuat cat kayu ini dengan mudah merekat dan menghasilkan tampilan coating hanya dalam satu olesan.

Bagi Anda yang awam dalam refinishing atau mengecat, perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Untuk menghilangkan cat lama yang masih menempel pada permukaan kayu, amplas seluruh meja maka hingga cat lama terkelupas dan hilang
  2. Jika tidak terdapat cacat pada kayu, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperhalus permukaan kayu. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Jika sudah diaplikasikan secara merata, diamkan kurang lebih 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Sebagai pewarnaan, aplikasikan Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna yang diinginkan. Cukup dikeringkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no.400
  4. Sebagai tahap akhir agar menciptakan tampilan matte atau gloss pada meja makan maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah cat kayu ini diaplikasikan ke seluruh permukaan meja makan, diamkan kurang lebih semalaman untuk hasil optimal.

Kadang kala, furniture yang sudah difinishing tidak dirawat dengan baik sehingga mempercepat tampilan furniture kusam dan memudar. Akan lebih baik jika membersihkan debu secara rutin sebab debu yang membandel dan tebal justru akan sulit dibersihkan meskipun di lap pakai kain setengah basah. Agar tampilan kayu selalu tajam maka Anda bisa mengaplikasikan poles kayu. Untuk poles kayu yang digunakan pada meja makan atau perabotan kayu yang bersinggungan dengan bahan maka disarankan untuk menggunakan poles kayu food grade.

Demikian ulasan singkat mengenai cat kayu berbahan dasar air dan cara refinishing pada furniture dapur. Semoga bermanfaat dan pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

CS Biovarnish

Bahan Pelapis Cat Bagus untuk Furniture Kayu Jati Belanda Bagus

Dengan mengaplikasikan bahan pelpais cat bagus untuk furniture kayu jati belanda berkualitas bagus membuat kayu terlihat rapi dan menarik.

Kayu pinus atau juga disebut sebagai kayu jati belanda merupakan salah satu jenis kayu yang saat ini mulai gemar dipakai untuk furniture. Seratnya yang lurus dan halus membuat kayu jenis ini mudah diproses finishing terlebih finishing natural kayu. Kelebihan lain dari kayu jati belanda adalah warnanya yang terang membuat kayu dapat diaplikasikan dengan tampilan apapun. Sayangnya, masalah yang sering terjadi pada kayu jati belanda adalah kantong minyak dan mata kayu. Biasanya bagian kantong minyak dan mata kayu memiliki permukaan yang kasar dan keras sehingga ketika diaplikasikan cat kayu warna natural tidak mudah menyerap membuat warna menjadi tidak sama rata.

Selain itu,  kayu jati belanda ini memiliki ketahanan  yang kurang baik sehingga sangat mudah untuk diserang jamur. Jamur yang sering kali menyerang kayu jati belanda disebut dengan blue stain. Dan, kayu jati belanda tidak tahan terhadap perubahan cuaca ataupun kelembaban udara. Akan lebih baik jika pasca penebangan, kayu jati belanda langsung dilakukan pengeringan. Alasan proses dilakukan secara cepat pasca penebangakn karena setelah penebangan karena kayu jati belanda memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga rawan terserang jamur (blue stain).

Meskipun banyak memiliki berbagai hal yang harus dipertimbangkan, kayu jati belanda menjadi salah satu kayu favorit saat ini. Pasalnya, tampilannya yang cerah dan tampilan seratnya yang indah membuat kayu jati belanda cocok untuk furniture minimalis modern. Pada umumnya, kayu jati belanda ketika digunakan sebagai material furniture dalam bentuk papan atau palet kayu. Tentu sudah tidak asing lagi dengan palet kayu jati belanda sebab palet biasanya digunakan untuk bantalan pengiriman barang. Karena furniture dengan palet dipandang unik dan memiliki nilai seni membuat kayu palet banyak digemari. Bahkan palet kayu banyak digunakan untuk furniture atau hiasan pada restaurant ataupun butik/distro.

Pasti sudah tidak asing lagi ketika melihat distro atau butik menggunakan palet kayu sebagai hiasan dalam outlet-nya. Biasanya, furniture atau hiasan kayu palet ini akan terlihat lebih artisitik dengan hiasan lampu hias berwarna kekuningan. Kesan hangat dan modern hiasan tersebut membuat banyak orang lebih tertarik untuk datang. Nah, cara ini juga bisa Anda ciptakan sendiri untuk ruangan atau kamar Anda, loh.Sedangkan untuk finishing, kayu jati belanda harus memerlukan lapisan cat karena dasarnya kayu jati belanda memiliki ketahanan yang kurang baik.

Cat  Kayu yang Tepat untuk Kayu Jati Belanda Sebagai Furniture

Bahan Pelapis Cat Bagus untuk Furniture Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda memerlukan lapisan cat kayu untuk melindungi bagian luar kayu dari berbagai kerusakan yang sering terjadi pada furniture kayu. Terlebih dengan tampilan kayu jati belanda yang cerah kekuningan membuat kayu tersebut dapat dilapisi dengan warna cat apapun. Namun, untuk memberikan kesan minimalis modern maka Anda bisa menggunakan warna dasar dari kayu jati belanda tersebut.

Adakalah cat kayu yang mirip dengan tampilan kayu jati belanda? Nah, jika menginginkan hasil transparan kayu jati belanda maka Anda bisa menggunakan pernis. Atau Anda dapat mengaplikasikan langsung cat kayu seperti sanding sealer dan topcoat. Fungsi dan kegunaan dari sanding sealer disini adalah memperhalus tekstur permukaan kayu jati belanda. Sanding sealer tidak hanya memperhalus tekstur saja melainkan juga dapat memperkuat coating setelahnya. Sehingga, cat kayu ini sangat efektif jika digunakan untuk tampilan transparan kayu jati belanda.

Meskipun kayu jati belanda sudah diaplikasikan wood stain ataupun hanya topcoat saja justru tampilan cat tersebut akan lebih cepat pudar. Dengan mengaplikasikan sanding sealer maka cat kayu dapat merekat dengan optimal, tahan lama dan tidak pudar. Terlebih jika cat kayu yang digunakan adalah cat berbahan dasar air. Sebab, cat kayu tersebut biasanya tidak akan mudah memudar karena tidak mengalami penguapan. Cat yang menguap pada umumnya akan lebih cepat pudar dan biasanya cat tersebut adalah cat yang memiliki kandungan minyak didalamnya.

Biovarnish Sanding Sealer menjadi pilihan tepat untuk finishing kayu jati belanda sebab kayu ini memiliki transparansi warna yang baik dan tajam. Berbeda dengan sanding sealer konvensional yang membutuhkan waktu yang lama ketika proses pengeringan, Biovarnish justru lebih cepat. Jika sanding sealer konvensional memakan waktu seharian atau bahkan beberapa apabila tidak terdapat sinar matahari, Biovarnish hanya cukup didiamkan kurang lebih 60 menit dan tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Finishing Furniture Transparan Kayu Jati Belanda dengan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang berkualitas dan teruji aman karena telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA)  Reach. Dengan mengaplikasikan Biovarnish, pasca finishing cat tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan bahkan tidak beracun. Hal tersebut karena bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan diatas. Karena kandungan bahannya yang aman, furniture yang dilapisi Biovarnish akan lebih nyaman sebab tidak mengeluarkan bahan kimia berbahaya sehingga tidak hanya aman untuk furniture pada umumnya saja melainkan juga pada furniture bayi ataupun mainan anak-anak.

Lapisan intermediate cat kayu dengan Biovarnish Sanding Sealer akan membuat tampilan lebih tajam dan kuat. Cara aplikasinya pun sederhana dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya karena Anda hanya cukup menggunakan pelarut air dan bisa diaplikasikan dengan cara kuas atau semprot. Namun, khusus untuk sanding sealer Biovarnish disarankan untuk menggunakan cara semprot apabila menginginkan hasil optimal. Meskipun, cat kayu tersebut juga bisa menggunakan cara kuas.

Teknik Finishing Transparan Kayu

  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk mengisi pori-pori kayu sekaligus memperhalus tekstur permukaan kayu jati belanda

Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot, apabila menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun. Apabila sudah terlapisi secara merata, diamkan kurang lebih 60 menit. Ketika sudah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu jati belanda menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400

  • Aplikasikan kembali Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat dan mempertajam coating sebelumnya. Lakukan cara finishing seperti halnya dengan tahapan awal Biovarnish Sanding Sealer diatas
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF untuk menciptakan tampilan matte atau gloss sekaligus melindungi kayu dari serangan jamur.

Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air, sebaiknya pakai BioCide SPF hanya beberapa tetes saja karena sudah cukup melindungi kayu. Setelah larutan tersebut tercampur dengan baik, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Untuk 30 menit awal setelah diaplikasikan larutan cat tersebut, perhatikan tampilan yang terlihat. Apabila belum sesuai dengan yang diharapkan, amplas terlebih dahulu lalu aplikasikan cat tersebut. Namun, apabila sudah mendapatkan tampilan yang diinginkan maka diamkan selama semalaman atau benar-benar furniture kayu jati belanda tersebut kering dan siap digunakan.

Demikian pembahasan mengenai cat kayu warna transparan untuk furniture kayu jati belanda. Sebaiknya untuk selalu menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan demi kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar Anda.

CS Biovarnish

Populer Post