Mana yang Terbaik Untuk Dapur, Rak Terbuka Atau Lemari Tertutup?

8
Contoh Kayu Olahan yang Dimanfaatkan untuk Mebel dan Finishingny

Untuk mempercantik dapur membutuhkan beberapa tata ruang yang tepat sehingga menghasilkan estetika dapur sesuai keinginan. Antara menerapkan rak terbuka atau lemari tertutup pada dapur, mana yang sebaiknya dipilih?

Dapur merupakan salah satu ruangan yang banyak digunakan oleh penghuni rumah. Bagian ini selalu digunakan sehari-hari, karena banyak kebutuhan ada di dapur seperti snack, minum, makanan dan lain sebagainya.

Dapur juga memiliki perabotan dan perkakas yang dibutuhkan untuk tempat bumbu dapur, makanan ataupun alat makan, sehingga banyak barang yang harus ditata dengan rapi agar bagian ini tetap nyaman di pandang.

CS Biovarnish

Dengan penataan yang bagus, dapur akan terlihat lebih rapi dan mudah untuk dibersihkan. Bagi ibu-ibu di rumah pasti akan merasa sangat senang ketika melihat dapurnya tertata dan berbagai barang atau perkakas dapat tersimpan di tempat yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan Rak Terbuka dan Lemari Tutup Untuk Dapur

Untuk menyimpan berbagai perabotan dan kebutuhan dapur maka dibutuhkan tempat yang tepat, sehingga dapur terkesan lebih rapi dan lega ketika Anda memasak atau melakukan aktivitas lain di dapur.

Jenis Kayu Ringan untuk Furniture Dapur

Ada dua pilihan tempat penyimpanan yang dapat Anda pilih yakni rak terbuka atau lemari tertutup. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan rak terbuka dan lemari tertutup pada dapur? Berikut ulasannya!

  1. Lemari Tertutup

Lemari yang tertutup merupakan elemen dapur yang paling banyak diterapkan oleh sebuah hunian. Lemari ini umumnya terdiri dari beberapa sekat atau panjang sesuai dari dapur itu sendiri. Panjang lemari ini biasanya disesuaikan dengan dimensi ruang dapur itu sendiri. Lemari dapur yang tertutup ini sangat cocok dengan konsep tradisional.

Kelebihan:

  • Anda dapat memilih warna, model pintu dan gagang pintu sesuai dengan selera Anda
  • Perabotan dan berbagai perkakas dapur dapat tertata rapi
  • Membuat dapur lebih terasa lebih rapi karena perabotan yang tersimpan tidak terlihat langsung

Kekurangan:

  • Memakan tempat yang cukup banyak
  • Mengeluarkan biaya yang cukup banyak mulai dari material hingga pemasangan

2. Rak Terbuka

Bagi Anda yang menyukai konsep yang lebih modern dan trendi pada dapur maka Anda dapat menerapkan rak dapur terbuka. Rak ini dapat di pasang sesuai dengan selera Anda dan pastinya sesuaikan dengan penempatan yang tepat sehingga akan memberikan kesan yang menarik. Untuk menarik kesan dapur yang lebih estetik, Anda dapat memberikan sedikit ornamen hiasan pada rak tersebut.

Kelebihan:

  • Dapat di pasang di tempat-tempat yang Anda inginkan
  • Lebih terkesan trendi karena di padukan dengan pemasangan ornamen sebagai hiasan
  • Harganya yang lebih terjangkau dan dapat di pasang sendiri

Kekurangan:

  • Memerlukan ketelitian karena dapat terkesan berantakan jika penataan kurang tepat
  • Pada rak dinding, tidak dapat digunakan untuk menempatkan barang atau perkakas yang berat

Jadi, Anda lebih memilih rak terbuka atau lemari tertutup untuk bagian dapur? Cukup sulit, bukan? Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan Anda sesuaikan dengan selera Anda dan kebutuhan dapur. Jika Anda ingin yang lebih praktis maka Anda dapat menggunakan lemari tertutup. Namun, jika Anda menginginkan yang lebih eksplore dan trendi maka dapat menerapkan rak terbuka tersebut.

Finishing Yang Bagus Untuk Rak Terbuka Atau Lemari Tertutup

Rak terbuka atau lemari tertutup umumnya menggunakan material dari kayu meskipun tidak sedikit pula yang memilih dari alumunium atau upvc. Jika rak atau lemari dapur yang Anda gunakan terbuat dari kayu maka dibutuhkan lapisan cat.

Pengecatan ini dapat Anda lakukan sendiri ketika rak atau lemari dapur tersebut sudah terkesan lusuh, kusam atau mengalami berbagai cacat seperti warna memudar karena cairan atau bahkan cat retak karena usia. Jika sudah demikian, rak atau lemari tersebut harus refinishing atau di cat kembali.

Jika membahas tentang tampilan pada rak atau lemari dapur maka akan terlintas dua pilihan yakni warna natural kayu dan warna solid. Nah, warna natural kayu adalah yang paling umum karena warna ini dapat masuk ke berbagai konsep. Warna natural kayu tersebut sangat cocok di terapkan pada lemari kayu karena mengusung konsep tradisional.

Meskipun lemari dapur tersebut menerapkan warna natural kayu, ada pula penghuni rumah yang cenderung lebih suka warna solid seperti warna putih, hijau atau merah. Hal tersebut kembali pada nuansa yang akan dimunculkan.

Jika Anda memilih warna solid maka Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint. Berikut teknik finishing yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Bersihkan dahulu sisa cat yang masih menempel pada rak atau lemari dapur Anda dengan cara diampelas. Jika cat lama sudah memudar dan tidak terdapat kotoran lagi maka bersihkan sisa debu pengampelas tersebut.
  2. Pilih warna cat yang Anda inginkan untuk rak atau lemari dapur Anda.
  3. Campurkan air pada cat Orchid Enamel Paint secukupnya kemudian aduk hingga larutan cat bercampur merata
  4. Aplikasikan menggunakan kuas. Sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun untuk menghindari brush mark dan warna cat dapat merata
  5. Diamkan cat hingga benar-benar kering
  6. Apabila warna cat masih terlalu terang maka Anda dapat mengulanginya beberapa layer cat atau hingga serat kayu benar-benar tertutup.
  7. Tunggu hingga kering dan rak atau lemari dapur siap untuk digunakan.

Orchid Enamel Paint merupakan cat untuk warna solid yang sangat efisien pengaplikasiannya. Karena cat ini sudah terkandung topcoat di dalamnya sehingga Anda tidak perlu melakukan finishing dengan mengaplikasikan topcoat.

Untuk mendapatkan cat Oechid Enamel Paint, Anda dapat order langsung melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Dan untuk pemesanan yang lebih cepat dan praktis, Anda dapat memesan melalui marketplace kesayangan Anda yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here