Finishing Dengan Cat Kayu Aman Pada Lemari Dapur Warna Natural Kayu

1134

Lemari memerlukan cat kayu untuk memberikan kesan yang indah, dan akan jauh lebih higienis serta nyaman digunakan jika menggunakan cat kayu aman.

Furniture menjadi pelengkap hunian rumah, salah satunya adalah lemari. Fungsi lemari tentu saja untuk menyimpan barang-barang agar tidak memakan banyak tempat sekaligus barang dapat tertata dengan rapi.

Terdapat banyak jenis lemari yang digunakan oleh suatu hunian seperti lemari pakaian, lemari penyimpanan atau pun lemari dapur. Semua lemari tersebut diletakkan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

CS Biovarnish

Lemari dapur adalah furniture yang paling sering diterapkan untuk area dapur guna menyimpan perkakas dapur dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lemari dapur pun didesain dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun tetap fungsional.

Macam-Macam Model Lemari Dapur

Cat Kayu Aman Pada Lemari Dapur

Hampir semua lemari dapur difungsikan sebagai tempat penyimpanan perkakas dapur atau bahkan juga digunakan untuk menyimpan berbagai makanan atau snack.

Terdapat banyak model lemari dapur yang dapat Anda terapkan di dapur Anda. Tentu saja, sesuaikan dengan dimensi ruangan dapur Anda sehingga lemari dapat terpasang dengan baik.

Berikut beberapa macam model lemari dapur yang dapat Anda terapkan di dapur kesayangan Anda:

  1. Lemari Dapur Gantung

Lemari dapur ini umumnya satu set dengan lemari bawah sehingga buka tutup satu pintu. Namun, lemari ini terdiri dari beberapa sekat sehingga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai kebutuhan dapur Anda.

Lemari gantung dapat dipasang di dapur dengan ukuran yang luas hingga minimalis. Kembali lagi, sesuaikan dengan dimensi dari dapur itu sendiri sehingga lemari dapur dapat terpasang dengan ukuran yang pas.

  1. Lemari Dapur Klasik

Lemari dapur klasik ini umumnya adalah standing dengan penambahan kaca pada bagian atas. Bagian lemari yang menggunakan kaca umumnya digunakan untuk menyimpan makanan agar lebih aman dari serangga.

Sedangkan untuk sekat bagian lainnya difungsikan untuk menyimpan berbagai perkakas dapur dan bahan makanan lainnya. Dan lemari klasik model ini lah yang paling banyak digunakan oleh hunian rumah di Indonesia.

  1. Lemari Dapur Aluminium

Jika lemari dapur klasik umumnya terbuat dari kayu maka ada pula yang terbuat dari aluminium. Lemari dapur ini tergolong lebih minimalis dan lebih murah dibandingkan dengan lemari dapur yang terbuat dari kayu.

Oleh karena itu, lemari dapur aluminium kini juga banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia. Kelemahan dari lemari dapur aluminium adalah model mleyot ketika terbentur benda keras. Selain itu, karena terbuat dari aluminium membuat lantai juga mudah tergores apabila tidak diberikan bantalan yang terbuat dari karet.

  1. Lemari dan Rak Dapur

Jika Anda terbiasa menggunakan barang-barang yang dibutuhkan saja maka sangat cocok jika menerapkan lemari dan rak dapur. Sebab, Anda hanya cukup meletakkan beberapa perkakas dapur saja yakni yang sering digunakan.

Rak dapur juga memberikan kesan estetik di dapur karena tidak hanya difungsikan untuk meletakkan barang yang dibutuhkan saja melainkan Anda juga dapat menghias dengan memberikan aksesoris di rak tersebut.

Karena sudah menggunakan lemari maka rak yang digunakan bukanlah yang model standing melainkan rak gantung. Dengan penggunaan rak dapur akan membuat ruangan dapur menjadi lebih lega.

  1. Lemari Dapur Mix Granit

Jika Anda memiliki ruang dapur yang cukup luas dan menginginkan kesan yang mewah maka tidak ada salahnya menerapkan lemari dapur yang di mix dengan material granit.

Kitchenette yang menggunakan granit memang terlihat mewah selain itu juga mudah untuk dibersihkan. Karena terbuat dari granit maka tidak mudah untuk dipindahkan Sehingga pastikan untuk memilih secara matang ketika Anda ingin menggunakan lemari dapur yang dikombinasikan dengan material granit.

Lemari dapur memiliki fungsi yang sangat penting guna membuat barang dapat tertata dengan rapi dan praktis. Nah, dari sekian model lemari dapur yang ada, model mana kah yang sesuai dengan selera Anda?

Finishing Lemari Dapur Dengan cat Kayu Aman

Lemari dapur merupakan salah satu furniture yang sering bersinggungan dengan makanan, bahkan tidak jarang lemari tersebut sebagai tempat penyimpanan makanan. Untuk lebih nyaman digunakan, maka dalam proses finishing perlu menggunakan cat kayu yang kandungan bahannya yang tidak berbahaya.

Proses finishing di sini lebih mengacu pada material yang terbuat dari kayu. Sehingga gunakan cat khusus kayu sehingga memberikan tampilan yang tajam namun tetap aman sehingga makanan dan bumbu dapur tetap bersih dan higienis.

Cat kayu aman yang bagus digunakan untuk finishing lemari dapur adalah cat water based. walaupun baru berkembang di Indonesia, namun keamanan cat kayu ini jauh lebih terpercaya daripada cat kayu lainnya.

Cat kayu yang banyak digunakan di Indonesia sampai saat ini adalah cat solvent based, cat ini sangat berbahaya dan berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Untuk itu, berkembang cat kayu dengan kandungan bahan yang aman yaitu cat water based.

Cat kayu aman ini tidak berdampak buruk pada kesehatan atau pun lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Seperti Biovarnish, cat ini justru lebih aman sebab kandungan bahannya telah diseuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US EPA ECHA. Untuk mempermudah finishing, berikut teknis aplikasi Biovarnish yang perlu Anda perhatikan:

  1. Ampelas permukaan furniture agar lebih rata dan halus sehingga mudah untuk diaplikasikan cat
  2. Untuk mengatasi masalah pada kayu maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan atau bagian kayu yang cacat. Kemudian diamkan selama 20-30 menit lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 320.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu guna memberikan pewarnaan pada lemari dapur. Tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas ambang dengan halus menggunakan kertas ampelas no. 400.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear Coat lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir maksimal.
  5. Setelah cat benar-benar kering, lemari dapur sudah dapat diletakkan di dapur kesayangan Anda.

Biovarnish merupakan cat kayu aman yang diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based seperti pelitur atau pernis, sehingga sangat bagus jika digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu.

Cat tersebut sangat cocok untuk finishing dapur karena tidak membuat bahan makanan terkontaminasi bahan kimia berbahaya. Sehingga makanan yang ada di dapur Anda tetap aman dikonsumsi dan higienis.

Nah, apabila terdapat perabotan yang selalu bersinggungan langsung dengan makanan seperti mangkuk, sendok, garpu dll yang terbuat kayu maka Anda dapat mengoleskan Biopolish Beeswax sebagai perawatan rutinnya sehingga tampilannya akan tetap tajam namun aman bagi makanan.

Masih tetap menggunakan produk finishing yang berbau menyengat dan harus diangin-anginkan terlebih dahulu di luar ruangan? Eits, hati-hati loh, bisa jadi produk finishing tersebut mengandung racun. Solusi paling aman adalah gunakan Biovarnish yang rendah VOC dan bahkan aman jika bersinggungan langsung dengan makanan.

Di mana bisa mendapatkan produk finishing yang aman untuk lemari dapur tersebut? Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli produk finishing lebih cepat dan praktis, dapat order langsung melalui marketplace kesayangan Anda yakni

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here