Model-Model Pintu Yang Cocok Untuk Rumah Pribadi

6
model pintu rumah minimalis

Menentukan model pintu terlebih dahulu Anda harus mengetahui macam-macamnya.

Pintu utama merupakan salah satu komponen rumah yang sangat penting. Terlepas dari fungsinya sebagai jalur masuk-keluar penghuni rumah, faktanya pintu juga memiliki andil penting dalam menciptakan nuansa rumah.

Apabila pemilihan model pintu tidak sesuai dengan tema rumah Anda maka rumah tersebut akan terkesan tidak menarik dan membosankan.

CS Biovarnish

Maka dari itu, penting sekali untuk memilih model pintu utama sesuai dengan tema dan gaya rumah yang Anda usung. Bukan hanya sekadar memperhatikan modelnya saja tetapi juga dimensi lain pada pintu dan rumah.

Model-model Pintu Untuk Rumah Pribadi

Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang Halus

Seperti umum diketahui bahwa model pintu tidak hanya satu macam saja. Anda dapat melihat berbagai model pintu di toko bangunan atau home ware. Tentu cukup sulit memilih jenis pintu yang sesuai dengan rumah.

Dalam memilih pintu maka Anda harus memperhatikan ukuran, warna, motif, material dan model dari pintu tersebut agar pintu tersebut bisa selaras dengan rumah Anda baik dengan gaya minimalis, modern, kontemporer ataupun klasik.

Model-model Pintu

  • Pintu Single atau Double Wing Aluminium

Pintu single/double wing menggunakan material aluminium umumnya dikombinasikan dengan kaca. Model pintu ini banyak diterapkan pada rumah-rumah dengan konsep minimalis dan modern. Kaca yang digunakan umumnya adalah kaca bening atau tempered yang cenderung transparan dan menonjolkan isi rumah yang sederhana dan nyaman.

Material aluminium juga tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu. Kendala terbesarnya mungkin hanya akan ada di saat pemasangan, karena membutuhkan banyak perlengkapan khusus.

  • Model Double Wing Modern

Pintu dua sisi jenis ini biasanya menggunakan material kayu dan kaca. Kesan modern pada pintu double wing modern tampak dengan gayanya yang sederhana namun terdapat beberapa lubang yang dihiasi dengan kaca sehingga menampilkan kesan elegan.

  • Model Pintu Tradisional

Baik satu sisi ataupun dua sisi, pintu tradisional umumnya fokus pada corak atau motifnya yang lebih beragam dan rumit. Tidak sedikit pula pintu tradisional menerapkan ukiran-ukiran sehingga menampilkan kesan yang benar-benar tradisional.

  • Model Pintu Double Wing Minimalis

Seperti halnya model modern, pintu double wing minimalis umumnya menggunakan sudut simetris. Ada dua macam tipe pintu double yakni dengan ukuran yang sama dan pintu dengan ukuran satu sisi lebih lebar.

Umumnya, pintu minimalis ini juga mencolok pada bagian kaca yang diterapkan pada pintu tersebut sehingga memberikan kesan sederhana dan elegan.

  • Pintu Minimalis Putih atau Hitam

Jika rumah Anda dibentuk dengan konsep minimalis maka tidak ada salahnya menggunakan pintu minimalis warna putih atau hitam. Tentu saja warna yang dipilih harus sesuai dengan tema warna rumah Anda. Jika menginginkan kesan yang hangat maka gunakan warna yang gelap (hitam). Namun, jika menginginkan kesan yang ramah dan bersih maka gunakan warna putih.

  • Model Pintu Double Wing Klasik

Perbedaan klasik dan tradisional adalah kesan yang dimunculkan. Umumnya, kesan tradisional sangat melekat dengan nuansa Indonesia seperti Jawa atau Bali. Sedangkan nuansa klasik lebih menonjolkan tampilan ala Amerika atau Eropa era pertengahan.

Untuk rumah yang berukuran besar, dapat juga menggunakan pintu dengan model klasik yang notabene fokus pada garis lengkung pada sisi atasnya.

Nah, dari sekian model pintu di atas, yang manakah pintu yang cocok dengan hunian rumah Anda? Perlu diingat bahwa ketika memilih pintu yang cocok, dimensi dan ukuran pintu adalah hal terakhir yang harus disesuaikan. Jangan sampai memilih pintu yang sesuai dengan tema rumah namun tidak dapat terpasang karena pintu terlalu besar atau lebar.

Finishing Warna Solid Pada Pintu Kayu

Untuk memilih cat kayu pada pintu terutama pintu utama maka dibutuhkan cat yang dilengkapi dengan keunggulan weather resistance. Sebab, pintu utama merupakan bagian pintu yang lebih cepat mendapat pengaruh perubahan cuaca.

Misalkan saja, pintu yang terbuat dari kayu, apabila bagian kayu ini tidak terlapisi dengan cat yang tepat maka akan terjadi beberapa hal, di antaranya:

  • Cat akan cepat mengelupas (flacking)
  • Cat akan cepat memudar
  • Kayu mudah terserang jamur atau rayap
  • Kayu cepat keropos
  • Kayu berubah warna sedikit keabuan

Masalah-masalah tersebut sering terjadi pada komponen rumah eksterior ataupun furniture eksterior jika dicat ulang. Maka dari itu, penting untuk selalu merawat bagian komponen rumah yang terbuat dari kayu sekalipun komponen tersebut sudah dilapisi cat.

Bagi Anda yang sedang memilih pintu kayu maka tidak ada salahnya untuk mengecat sendiri pintu menggunakan cat pilihan Anda. Disarankan untuk menggunakan cat water based sebab cat ini tergolong cat yang ramah lingkungan. Dengan demikian, Anda telah ikut berpartisipasi mengurangi dampak dari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya yang biasanya terkandung pada barang keseharian seperti cat konvensional, pengharum ruangan, AC dll.

Untuk menciptakan tampilan putih, hitam atau warna solid pada pintu, Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel. Cat ini dikhususkan untuk finishing dengan resisten cuaca yang cukup ekstrem seperti perubahan cuaca secara tiba-tiba yang menyebabkan kelembaban dan suhu udara berubah.

Untuk tahap finishing, berikut tata cara finishing cat Orchid Enamel paint pada pintu utama dari kayu:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu sehingga lebih rata dan bersih sehingga cat siap diaplikasikan ke permukaan pintu kayu. Setelah diampelas, bersihkan sisa debu pengampelasan dengan kain.
  • Aplikasikan BioDuco Primer Coat untuk menutup pori-pori sehingga cat akan cepat meresap. Anda dapat menggunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikannya. Diamkan selama satu jam, kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Aplikasikan Orchid Enamel Paint yang sebelumnya sudah diencerkan dengan air. Kuaskan ke seluruh permukaan pintu kayu searah dengan serat kayu. Diamkan selama satu jam, apabila warna belum sesuai dengan keinginan atau serat kayu belum tertutup sempurna maka aplikasikan kembali cat Orchid Enamel.
  • Diamkan hingga benar-benar kering dan pintu siap digunakan.

Untuk tahap akhir, tidak perlu diaplikasikan top coat sebab pada cat Orchid Enamel Paint sudah terkandung top coat di dalamnya.

Cara Pemesanan Orchid Enamel Paint

Di mana bisa pesan cat Orchid Enamel Paint? Anda dapat langsung memesan cat Orchid Enamel Paint melalui kontak yang tercantum pada website ini. Atau dapat juga melalui marketplace di bawah ini.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here