Trik Aplikasi Plitur Kayu Pakai Kuas untuk Proyek Refinsihing Pintu Jati di Rumah

12
plitur kayu pakai kuas pada pintu

Memiliki proyek refinishing pintu kayu? Anda bisa mengandalkan plitur kayu pakai kuas untuk memperoleh hasil finishing halus dan awet.

Sebelum adanya kompresor dan spray gun, pengrajin kayu zaman dulu menggunakan kain kemudian kuas dalam hal finishing. Kedua alat ini bisa menghasilkan finishing halus dan mengkilap jika tekniknya benar. 

Contohnya, seperti french polish yang memanfaatkan kain buatan sendiri untuk tampilan high gloss hanya dengan plitur. Anda juga bisa mencapai hasil sama dengan kuas, ada beberapa trik yang bisa diikuti, yuk langsung saja cek. 

7 Trik Plitur Kayu Pakai Kuas pada Pintu Rumah

pintu kayu yang sudah difinishing dengan plitur
pagar tampil baru dengan Orchid
CS Biovarnish

Pintu rumah merupakan bagian struktur penting dalam menjaga keamanan sekaligus memperindah tampilan. Khusus pintu Anda tidak bisa mengaplikasikan finishing layaknya furniture indoor karena perlindungan yang diberikan harus lebih kuat. 

Permukaan pintu kayu harus lebih kuat ketika ditempa oleh panas matahari berlebih maupun kelembaban saat musim hujan. Oleh karena itu finishing gloss dengan tampilan flat lebih baik untuk dipilih. 

Alasannya karena finishing tersebut lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan finishing lain seperti rustic atau vintage. Demi memperoleh hasil finishing tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa trik berikut ini:

1. Jenis Plitur yang Sebaiknya Digunakan 

Plitur konvensional yang sering digunakan adalah shellac. Sayangnya, shellac yang berbentuk kepingan perlu bahan pelarut alkohol yang mahal. Teknik melarutkannya tergolong rumit bagi pemula dan mengeluarkan bau yang keras. 

Dibandingkan shellac Anda lebih baik menggunakan plitur kayu berpelarut air. Plitur ini lebih mudah digunakan karena cukup dicampurkan dengan air. Lapisannya cepat kering tanpa dijemur dan mudah diaplikasikan dengan kuas. 

Baca Juga:  Tampilan Varnish Jati Tepat Jika Perhatikan Langkah Finishing Ini

Anda hanya perlu bekal kuas berbulu nilon untuk keseluruhan finishing. Anda bisa memilih tingkat kilap dari plitur water based sesuai dengan kebutuhan. 

2. Kuas dengan Kualitas Terbaik 

Selain produk plitur, Anda juga harus mempersiapkan alat berupa kuas berkualitas. Aplikasi plitur kayu pakai kuas membutuhkan kuas yang kompatibel dan pasti kualitasnya. Harga kuas yang tidak terlalu mahal tentu tidak akan membuat Anda tekor. 

Tinggal persiapkan saja kuas berbulu nilon jika Anda menggunakan produk plitur berpelarut air. Cek apakah bulu kuasnya cukup halus dan jika ingin aman selalu gunakan kuas baru. Kuas yang belum pernah digunakan akan menjamin hasil warna lebih transparan. 

Semahal-mahalnya harga kuas masih akan tetap terjangkau demi hasil finishing pintu yang lebih halus serta mengkilap. 

3. Selalu Bekerja dalam Keadaan Bersih 

Rahasia utama cara plitur pintu hasil terbaik adalah selalu dalam keadaan yang bersih, baik ruangan, alat, juga material pintu yang akan difinishing. Debu adalah masalah utama yang harus dihindari dan kuas juga dalam kondisi prima atau baru sehingga tidak ada bulu yang terlepas. 

Diperlukan inspeksi setiap kali hendak finishing, tahapan pengeringan sampai lapisan coating mengering. Jika terjadi penumpukan debu, Anda bisa menanganinya dengan pengampelasan ringan kemudian aplikasi plitur kembali. 

Tips agar tetap bersih adalah menggunakan mesin vakum setiap usai mengampelas. Tunggu selama beberapa menit agar debu menghilang lalu lakukan plitur kembali. 

4. Lepaskan Pintu dari Kusen 

Posisi pintu turut menentukan tingkat kehalusan aplikasi plitur kayu pakai kuas. Arah horizontal adalah cara paling mudah untuk membuat hasil paling halus. Hasil trik ini akan membuat hasil finishing bebas dari sagging.  

Baca Juga:  Tips Menjaga Tampilan Natural Kayu Dengan Cat Untuk Sangkar Burung

Cara paling mudah untuk menerapkan trik ini adalah dengan melepaskan daun pintu dari kusen. Anda membutuhkan peralatan khusus untuk melepaskannya dan simpan semua baut serta engsel untuk memudahkan pemasangan setelah kering nanti. 

Anda bisa meletakkan daun pintu di atas meja agar lebih mudah untuk menjangkau seluruh bagiannya. Lakukan aplikasi mulai di area paling pinggir lalu ke bagian tengah daun pintu. 

5. Hindari Membuat Satu Sapuan Terlalu Panjang

Kesalahan utama yang kerap dilakukan adalah membuat satu sapuan panjang bahkan sampai satu baris sesuai panjang daun pintu. Cara ini justru akan memperlihatkan warna overlap dengan baris sapuan yang ada di bawahnya. 

Anda seharusnya hanya perlu membuat satu sapuan pendek kemudian beralih pada baris kedua. Triknya adalah dengan membuat satu sapuan ketika kuas sekali dicelupkan dari larutan plitur saja. 

Setelah satu sapuan, Anda bisa beralih ke baris kedua baru tumpuk lagi dengan satu sapuan kuas hanya bagian ujung bulu kuas saja di bagian overlap. Trik ini akan membuat hasil jadi lebih halus. 

6. Trik Menguas Bagian Vertikal 

Tidak semua daun pintu bisa dicat dengan arah horizontal. Beberapa bagian harus dicat dengan arah vertikal sesuai dengan seratnya. Bagaimana mengatasinya agar cat tidak sagging dan hasil rapi? 

Anda bisa mulai menguaskan secara horizontal atau melawan arah serat kayu terlebih dahulu. Kemudian ketika seluruh permukaan pintu tertutupi coating Anda bisa ulangi aplikasi secara vertikal pada bagian ujung kuas. 

Kunci agar hasil bagus adalah pada lapisan coating kedua Anda harus pastikan lapisan pertama belum kering. Tujuannya untuk menghindari masalah bekas sapuan kuas yang kerap muncul. 

7. Memberikan Dua Lapisan Plitur 

Meskipun produk plitur menjanjikan waktu kering lebih cepat, namun hasil terbaik tetap membutuhkan waktu. Khusus untuk pintu Anda harus bersiap setidaknya aplikasi dilakukan selama dua hari. 

Baca Juga:  Intip Tren Rumah Di Era Pandemi

Tujuannya agar lapisan coating benar-benar kering dan mampu memberikan perlindungan terbaiknya. Anda bisa aplikasikan plitur kayu pakai kuas untuk lapisan pertama kemudian biarkan kering selama semalaman. 

Daun pintu yang sudah kering kemudian bisa dilapisi ulang dengan plitur baru dan diamkan kembali selama satu malam. Baru Anda bisa memasang kembali daun pintu pada kusen setelah cat mengering sempurna. 

Terapkan ketujuh trik cara plitur kayu supaya mengkilap ini hanya memanfaatkan alat berupa kuas. Jangan lupa untuk memilih produk plitur terbaik demi hasil lebih memuaskan lagi. 

Rekomendasi Plitur Kayu untuk Pintu dengan Aplikasi Kuas 

Finishing pintu dengan plitur pakai kuas Biovarnish

Tidak semua plitur dapat diaplikasikan dengan kuas, kebanyakan disarankan menggunakan spray gun saja. Namun Biovarnish clear coat memberikan terobosan berbeda yaitu memanfaatkan kuas untuk aplikasinya. 

Plitur kayu berpelarut Biovarnish mampu memberikan tampilan kilap gloss hanya dengan kuas saja. Cara aplikasinya pun semakin mudah karena bahan pelarutnya adalah air. Plitur Biovarnish juga mudah untuk dilarutkan dan coating cepat kering tanpa harus dijemur. 

Anda yang ingin pintu rumah memiliki warna natural awet bisa memilih Biovarnish Clear Coat. Sebagai bahan finishing lain yang membentuk coating pelindung Biovarnish juga tersedia untuk wood filler, liquid stain dan sanding sealer. 

Cara plitur pintu pakai kuas pun tidak jauh berbeda dengan plitur solvent. Anda tinggal melarutkan plitur, menguaskan sesuai trik di atas dan tunggu kering. Hasilnya sudah sangat memuaskan. 

sambut ramadhan bersama biovarnish
beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here