Tips Aplikasi Plitur Kayu yang Bagus untuk Tempat Tidur 

2
tips menggunakan plitur kayu yang bagus

Tidak perlu membeli tempat tidur yang baru jika Anda bisa mengecatnya ulang. Memanfaatkan plitur kayu yang bagus Anda bisa mendapatkan penampilan baru dari tempat tidur di rumah. Hasilnya bisa lebih luar biasa, layaknya membeli furniture baru. 

Pitur kayu menjadi bahan yang paling sederhana, murah dan mudah untuk didapatkan di Indonesia. Hanya saja untuk memperoleh hasil halus layaknya profesional membutuhkan effort cukup besar. 

Tingkat kehalusan finishing diperoleh dari keterampilan menguas atau menyemprotkan cat dengan latihan bertahun-tahun. Lalu bagaimana Anda yang baru saja mencoba bisa mendapatkan hasil serupa?

Tips Aplikasi Plitur Kayu yang Bagus pada Tempat Tidur 

tempat tidur kayu dengan plitur
CS Biovarnish

Muncul bekas sapuan kuas, cat menjadi sagging atau warna tidak merata adalah masalah umum yang terjadi saat aplikasi plitur bagi Anda para pemula. Anda mungkin saja bisa melihat tutorial di Youtube atau sosial media dalam hal mengecat, tapi hasil belum tentu sama. 

Apa yang menyebabkan hal tersebut? Jam terbang dalam hal mengecat adalah asalah yang harus Anda perhatikan. Anda yang sudah menggunakan plitur kayu yang bagus haruslah tahu seperti apa teknik mengecat yang benar. 

Demi menunjang hasil terbaik, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan Hasil Finishing yang Diinginkan 

Mulailah dengan menentukan hasil akhir seperti apa dari tempat tidur yang diharapkan. Plitur tidak hanya menghasilkan warna transparan saja, tetapi juga bisa untuk finishing rustic, vintage atau bahkan shabby chick. 

Beragam warna plitur kayu yang bagus pun juga tersedia, Anda tinggal memilih sesuai konsep yang diinginkan. Mulai dari sini Anda akan tahu apa saja tahapan finishing yang diperlukan dan bagaimana cara menerapkannya. 

Misalnya, untuk finishing rustic, Anda hanya perlu sanding sealer, stain dan terakhir plitur kayu. Berbeda dengan hasil finishing halus yang perlu diawali dengan wood filler. Konsep wajib ditentukan sejak awal sehingga tidak salah finishing.

 2. Sesuaikan Alat Aplikasi sesuai dengan Produk 

Tidak semua plitur bisa diaplikasikan dengan semua jenis alat aplikasi. Beberapa produk plitur kayu yang bagus dirancang khusus untuk diaplikasikan dengan satu alat saja. Misalnya plitur khusus aplikasi semprot, kuas atau dengan menyeka saja. 

Soal alat ini, sebagai pemula Anda bisa memilih produk dengan aplikasi kuas atau menyeka yang lebih sederhana. Kecuali sebelumnya Anda sudah belajar menggunakan spray gun, maka tidak masalah jika harus menggunakannya. 

Soal pemilihan alat ini, bisa Anda cek pada kemasan kaleng plitur. Anda bisa membaca informasi alat apa yang sebaiknya dipilih. 

3. Warna Mirip Kayu Asli untuk Finishing Transparan

Jika menginginkan hasil akhir warna transparan, tidak bisa hanya menggunakan plitur kayu saja. Tetap diperlukan lapisan stain di bawah plitur untuk mempertajam warna kayu aslinya. 

Misalnya, Anda memiliki tempat tidur dari kayu jati, maka carilah stain dengan warna sama. Kemudian pilih plitur yang bagus buat kayu jati agar hasil warnanya jauh lebih tajam dan awet. 

Pemilihan warna ini bisa dilakukan dengan mengecek katalog warna atau mencoba produk secara langsung pada tempat tidur. Cobalah untuk aplikasi di bagian yang tidak terlalu terlihat, tunggu kering agar warnanya terlihat jelas. 

4. Membersihkan Kayu dari Kotoran dan Serangga 

Khusus proyek reparasi, Anda harus membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Bersihkan kayu dari debu, kotoran atau serangga. Anda bisa membersihkan langsung menggunakan air sabun, tunggu kering dan lap kering. 

Bisa juga cukup dilap saja hingga bersih jika tidak terlalu kotor. Hal yang paling penting adalah untuk menghilangkan semua serangga seperti rayap atau kumbang bubuk. Anda bisa mengandalkan bahan kimia khusus pembasmi serangga seperti BioCide. 

5. Memperbaiki Kerusakan Besar atau Kecil 

Proyek repair atau finishing tempat tidur baru, pasti masih banyak kerusakan atau hal yang perlu diperbaikin dan disesuikan di sana-sini. Hal seperti itu harus diperbaiki terlebih dahulu sehingga tidak semakin parah ke depannya. 

Khusus kerusakan besar seperti lubang bekas paku atau kesalahan produksi, Anda bisa menggunakan teknik dowel atau lem ulang pada bagian sambungan. Untuk kerusakan ringan seperti goresan, Anda bisa menutupnya dengan wood filler terlebih dahulu. 

Jika Anda ingin finishing rustic atau vintage maka perbaikan yang diperlukan hanya pada sambungan tempat tidur saja. Tujuannya agar struktur tempat tidur tetap dalam kondisi yang bagus. 

6. Kombinasikan Kuas dengan Teknik Menyeka 

Anda yang mendambakan hasil plitur halus bisa mengkombinasikan dua alat sekaligus yaitu dengan kuas dan juga kain lap. Cara ini akan menghaluskan sekaligus meratakan warna plitur

Mulailah dengan mengaplikasikan plitur secara merata mengikuti arah serat kayu. Pada langkah selanjutnya sebelum plitur mengering gunakan kain lap untuk menyeka. Arahnya harus sama yaitu sesuai serat kayu dan lakukan dalam satu sekaan. 

Setelah itu biarkan plitur mengering sesuai dengan waktu yang diperlukan. Setelah kering Anda bisa mengamati kembali jika ada bagian yang kurang halus dan perlu diperbaiki kembali. 

7. Mengaplikasikan Sanding Sealer sebelum Plitur 

Hasil warna natural, transparan atau rustic yang bagus membutuhkan lapisan sanding sealer. Menggunakan produk plitur kayu jati yang bagus juga harus didukung dengan lapisan ini. 

Sanding sealear merupakan coating yang bekerja sebagai lapisan intermediate. Selama Anda menggunakan sanding sealer, hasil warna dari plitur akan bertahan lebih lama. 

Produk Plitur Kayu yang Bagus Berpelarut Air 

Tips yang tidak kalah penting dari aplikasi plitur kayu yang bagus adalah menggunakan produk yang berkualitas. Anda bisa menentukan produk ini sesuai dengan pelarutnya. Secara umum, ada dua jenis plitur yang beredar di pasar, yaitu plitur berpelarut air dan solvent. 

Di antara keduanya, plitur berpelarut air jauh lebih mudah digunakan dan hasil lebih halus. Ketahanannya tidak kalah dengan plitur pelarut solvent. Biovarnish Clear Coat merupakan plitur terbaik dengan pelarut air yang aman. 

Tingkat keamanan Biovarnish Clear Coat sangat dibutuhkan pengguna pemula yang ingin menjaga keamanan lingkungan dari bahan kimia seperti cat. Hasil dari Biovarnish Clear Coat pun sangat memuaskan dengan dua tingkat kilap yang ditawarkan yaitu matte dan gloss

Anda bisa aplikasikan satu produk ini baik dengan kuas, alat semprot, kain atau kombinasinya. Biovarnish juga hadir dalam produk lain seperti wood filler, wood stain, dan sanding sealer. 

Jika Anda menginginkan hasil yang bagus, plitur kayu dengan merek dan hasil yang bagus maka jawabannya adalah Biovarnish. Produk plitur berpelarut air ini lebih cepat kering tanpa harus dijemur di bawah sinar matahari langsung. Semua jenis finishing dari rustic sampai halus transparan atau natural bisa menggunakan satu produk ini saja.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here