Finishing Dengan Cat Natural Kayu Jati Pada Tempat Tidur Minimalis

1285

Tempat tidur minimalis dapat menampilkan kesan yang hangat dan nyaman meskipun hanya finishing dengan cat natural kayu jati.

Furniture interior seperti tempat tidur minimalis dengan tampilan warna natural kayu sampai saat ini banyak yang meminati. Justru hampir semua orang menggunakan tempat tidur yang terbuat dari kayu.

Sedangkan jenis kayu yang banyak dipilih sebagai material furniture termasuk tempat tidur adalah kayu jati. Indonesia adalah salah satu negara yang mudah menghasilkan kayu jati.

CS Biovarnish

Sayangnya, semakin banyak minat terhadap kayu jati membuat kayu tersebut kini cukup langka. Adapun hasil panen kayu jati yang digunakan untuk furniture rata-rata usia 15-25 tahun.

Faktanya, untuk kualitas kayu jati yang bagus sebagai material furniture atau bahkan untuk konstruksi bangunan maka panen bisa dilakukan saat usia kayu jati 25-50 tahun. Semakin tua kayu jati maka semakin mahal pula harga yang akan ditawarkan.

Kenapa orang banyak memilih kayu jati? Kayu jati memiliki tingkat keawetan dan ketahanan kelas I dan II. Bahkan orang awam pun terpesona dengan kayu jati karena keawetan serta tampilannya yang halus dan indah.

Ketahanan yang dimiliki oleh karakter kayu jati ini tergolong sangat baik karena kayu jati tidak mudah memuai atau menyusut, tahan terhadap jamur atau pun rayap serta tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca.

Wajar saja jika harga jual kayu jati tergolong tinggi dibandingkan dengan kayu sekelasnya ataupun kayu lainnya. Karena kayu ini sudah memiliki tampilan yang apik maka finishing cat yang dipilih umumnya adalah warna natural kayu.

Terlebih warna natural kayu justru akan memberikan kesan hangat pada ruangan. Warna natural kayu bukan berarti hanya menggunakan cat berwarna coklat saja melainkan warna kayu dan transparan.

Tampilan transparan yang ditampilkan oleh cat tersebut akan membuat serat kayu jati terlihat. Dengan demikian, lapisan cat akan menampakkan serat kayu terlihat semakin tajam dan indah.

Selain itu, tampilan natural kayu dapat menyesuaikan media yang melapisinya. Misalkan pada furniture minimalis, cat lapisan warna natural kayu tetap menghasilkan nuansa yang minimalis dan menarik.

Maka dari itu, tampilan natural kayu bisa dikatakan cocok untuk segala jenis nuansa pada ruangan termasuk kamar. Untuk mendapatkan tampilan natura kayu maka Anda bisa menggunakan plitur.

Plitur adalah cat kayu yang sangat mudah diaplikasikan dan bahkan bisa Anda dapatkan di toko-toko bangunan atau pun khusus cat. Cat ini sudah umum digunakan oleh masyarakat.

Namun, ketika Anda menggunakan plitur yang ada di pasaran maka Anda harus menyiapkan thinner atau spiritus untuk melarutkan cat. Apabila langsung diaplikasikan plitur tanpa dilarutkan maka hasilnya terlalu gelap dan kental.

Cat yang terlalu gelap dan kental justru membuat Anda sulit mengaplikasikannya di permukaan kayu. Apabila menggunakan kuas, justru cat akan lengket dan tidak menutup kemungkinan menimbulkan bekas kuas.

Bekas kuas tentu saja akan memperburuk tampilan karena permukaan kayu terlihat tidak rata dan kurang rapi. Maka dari itu, pastikan untuk melarutkan cat hingga kekentalan tertentu. Anda dapat melihat petunjuk penggunaan pada kemasan plitur tersebut.

Jika cat terlalu kental juga dapat menyebabkan cat mudah mengelupas. Sehingga sangat disarankan untuk melarutkan cat agar cat lebih encer dan intensitas warnanya turun.

Lapisan cat dengan daya rekat film yang kuat akan membuat cat dapat melekat dengan baik dan tidak mengelupas. Selain itu, cat tersebut juga akan memberikan proteksi kayu dengan bagus. Maka dari itu, pilih cat kayu jati yang tepat dan berkualitas.

Finishing Tempat Tidur Minimali Dengan Warna Natural Kayu

Tampilan natural kayu sudah tidak asing lagi dijumpai di Indonesia bahkan warna ini masih mendominasi furniture-furniture hunian rumah di Indonesia. Sampai saat ini pun warna natural kayu masih menjadi warna favorit bagi yang menyukai furniture.

Semakin meningkatnya kebutuhan dan keinginan macam warna kayu yang diinginkan, kini telah banyak Anda jumpai cat kayu dengan beragam macam warna.

Warna cat kayu tidak hanya sekedar coklat saja melainkan terdapat beberapa jenis cat. Mengingat tampilan kayu sendiri juga beragam seperti kayu jati, mahoni, sonokeling, ramin dll.

Cat kayu di Indonesia pun memiliki varian yang banyak dengan keunggulan masing-masing. Maka dari itu, sebaiknya lebih selektif sebelum membeli cat kayu yang terdapat di pasaran.

Alangkah baiknya memilih kayu tidak hanya terfokus pada kualitasnya saja. Cat kayu yang berkualitas baik pastinya akan memberikan hasil warna yang baik pul. Namun, untuk membeli cat yang berkualitas bagus maka Anda harus bersiap-siap merogoh kantong lebih dalam.

Saat ini, banyak merk cat yang bisa Anda gunakan terlebih warna yang dihasilkan pun tergolong bagus. Selain memperhatikan tampilan warna kayu yang dihasilkan sebaiknya perhatikan pula keamanan bahan yang terkandung dalam cat.

Kini hadir cat yang mudah diaplikasikan, hemat dan ramah lingkungan sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan yakni cat water based. Cat tersebut seperti cat kayu pada umumnya namun menggunakan pelarut dari air.

Cat ini umumnya memang lebih mahal dari cat konvensional namun lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli pelarut seperti thinner, spiritus atau pelarut organik lainnya.

Meskipun penggunaan pelarut dengan air, cat ini justru tahan air dibandingkan cat konvensional. Jika cat konvensional umumnya akan lebih cepat memudar ketika terkena air namun tidak terhadap cat water based.

Cat kayu jati berbahan dasar air yang aman dan memiliki kualitas yang bagus adalah Biovarnish. Cat kayu ini hadir sebagai wadah baru dalam dunia finishing di Indonesia.

Pasalnya masih banyak masyarakat yang awam terhadap cat water based. Kehadiran Biovarnish menjadi angin segar terutama para pelaku finishing. Sebab, kebanyakan di luar negeri telah menggunakan cat water based.

Biovarnish merupakan produk lokal dengan kualitas import yang memberikan hasil apik dan tajam. Biovarnish sendiri terdiri dari 20 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memberikan kemudahan kepada aplikator karena minimnya cat water based yang terdapat di pasaran saat ini. Biovarnish hadir dengan berbagai jenis cat mulai dari dempul, sanding sealer, wood stain hingga topcoat.

Dengan demikian, Anda tidak perlu mencampur penggunaan cat water based dengan cat konvesional dengan alasan jenis cat tertentu yang sulit di cari. Biovarnish menawarkan produk finishing yang lengkap dan dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan cat water based, Biovarnish juga terdapat dalam ukuran kecil (mini can) yakni 500gr. Hasilnya pun tidak kalah apik dan tajam dengan cat konvensional pada umumnya.

Bagaimana cat aplikasi Biovarnish? Sangat sederhana dan bahkan mirip dengan cat konvensional. Namun, sebelum melakukan finishing sebaiknya perhatikan media finishing yang dilapisi cat water based tersebut.

Alangkah baiknya untuk mengamplas terlebih dahulu permukaan media finishing misalkan kayu yang akan digunakan sebagai material tempat tidur tersebut.

Pengamplasan ini dilakukan bertujuan agar permukaan kayu lebih rata, bersih dan tidak kasar sehingga ketika diaplikasikan cat pada permukaannya akan menampilkan hasil yang rapi dan tajam.

Setelah diamplas keseluruhan permukaan kayu tersebut, bersihkan debu-debu sisa pengamplasan. Agar cat dapat melekat dengan baik pada permukaan kayu dan hasil warna tetap tajam.

Berikut langkah finishing tampat tidur kayu jati menggunakan kayu jati:

  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler sebagai dempul untuk menyamarkan cacat pada kayu atau menutup pori-pori kayu apabila menginginkan hasil close pore. Gunakan pisau palet ketika mengaplikasikan ke permukaan kayu. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas grit 320.
  2. Pilih warna cat kayu yang diinginkan. Kemudian larutkan Biovarnish Wood Stain menggunakan air kemudian aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan sempurna. Diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang menggunakan kertas amplas grit 400.
  3. Untuk menciptakan tampilan akhir yakni matte atau gloss maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 24 jam atau semalaman hingga cat benar-benar kering dan siap untuk dipacking.

Cat Kayu Jati Yang Aman Digunakan

Biovarnish merupakan cat untuk kayu jati dengan bahan water based acrylic yang diformulasikan khusus sebagai pengganti cat kayu solvent seperti plitur atau pernis.

Bahan pada cat kayu jati Biovarnish juga aman  sebab bahan tersebut telah disesuaikan dengan standar regilasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA, sehingga tidak berbahaya, tidak beracun dan tidak berabau.

Dimana bisa membeli Biovarnish?

Segera hubungi kontak hotline yang telah tercantum pada website ini untuk pemesanan ataupun konsultasi mengenai finishing kayu. Atau Anda juga dapat mengirimkan via email yakni [email protected]

Apabila menginginkan pembelian secara cepat, Anda dapat langsung memesan via marketplace kesayangan Anda. Kini telah hadir di berbagai daerah pada agen-agen Bio Industries namun apabila ingin membeli di pusat, silahkan klik dibawah ini

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Sedangkan jika Anda ingin pembelian secara offline, silahkan kunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Atau di agen-agen Bio Industries di daerah terdekat dengan Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here