Harga Plitur Terbaik 2020 di Indonesia Sering Berbeda Dikarenakan Ini

1416

Plitur difungsikan untuk memperindah serta merawat furniture. Harga plitur terbaik 2020 yang beragam akan memudahkan Anda untuk memilih dan memilah plitur yang tepat.

Apakah Anda sering menggunakan plitur untuk finishing furniture atau komponen rumah Anda? Tahu nggak sih apa perbedaan plitur dengan pernis? Kedua cat kayu ini sering digunakan namun cukup dibedakan bahkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan plitur dan pernis. Plitur merupakan cat kayu yang memiliki pigmen dan biasanya digunakan untuk finishing indoor atau outdoor. Sedangkan pernis merupakan cat kayu yang cenderung transparan alias tidak berwarna dan biasanya digunakan hanya untuk finishing indoor. Sebab, komponen plitur dan pernis berbeda sehingga ketahanan kedua cat tersebut pun juga berbeda. Maka dari itu, perhatikan kembali cat kayu yang akan Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan finishing yang akan Anda lakukan.

Disini akan membahas lebih spesifik mengenai plitur. Plitur sendiri memiliki fungsi untuk melapisi permukaan kayu atau media finishing  lainnya agar tampak natural dengan tampilan serat yang masih terlihat. Selain itu juga dapat merawat kayu dari serangan jamur, lumut atau serangga berbahaya seperti rayap. Di Indonesia, pengrajin biasanya sering menggunakan plitur pada tahap akhir finishing furniture agar serta-serat kayu tetap terlihat. Plitur juga dapat digunakan pada furniture lama Anda, bahkan dapat Anda aplikasikan sendiri di rumah.

CS Biovarnish

Dahulu, plitur cukup rumit digunakan karena bentuknya yang masih bertekstur serbuk serlak. Untuk mengencerkan serbuk serlak yang siap digunakan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga finishing biasanya dilakukan hingga berhari-hari. Terlebih, plitur dengan shellac gum tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengeringan terutama jika musim penghujan. Pasalnya, plitur tersebut akan lebih cepat jika dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Hal tersebut dikarenakan plitur mengandung minyak sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengeringannya.

Saat ini, plitur kayu lebih simpel diaplikasikan karena teksturnya liquid atau cair. Meskipun teksturnya yang liquid namun tetap membutuhkan pelarut seperti thinner atau spiritus. Karena teksturnya yang cair membuat plitur lebih mudah digunakan dan lebih cepat. Di Indonesia, plitur sudah banyak dijumpai dipasaran sehingga Anda tidak cukup kesulitan untuk mencari plitur. Dengan berbagai merk dan keunggulan yang ditawarkan akan mempermudah Anda dalam finishing. Namun, untuk mengetahui plitur tersebut berkualitas atau tidak maka dibutuhkan percobaan, bukan?

Jika harus mencoba satu persatu produk plitur tentu tidak efektif dan menghabiskan banyak waktu. Namun, akan lebih mudah jika Anda membandingkan antar cat water based dan cat solvent based. Cat water based memang tergolong baru di Indonesia sehingga keberadaannya masih belum banyak. Meskipun demikian, kualitas cat water based juga tidak kalah dengan cat solvent based. Nah, tergantung apa kebutuhan yang sedang Anda cari mulai dari tampilan, proses pengerjaan atau bahkan dampak bahan cat tersebut.

Sebelum Anda membeli plitur, sebaiknya memperhatikan plitur yang baik untuk digunakan. Plitur yang baik memiliki daya serap yang cepat dan baik, menampilkan serat-serat kayu dengan bagus, mudah untuk diaplikasikan dan tahan lama. Jika Anda merasa bingung memilih plitur di pasaran. Kenapa harga berbeda dan berubah? Ada beberapa alasan yang mempengaruhi harga setiap merk berbeda berubah,

Pertama, bahan yang digunakan.

Kedua, kualitas bahan saat produksi.

Ketiga, brand merk cat yang dikenal di pasaran.

Keempat, yang mempengaruhi harga berbeda dan tidak sesuai adalah tempat penjualan, biasanya setiap kota-kota besar menjual dengan harga yang lebih tinggi. Dengan penjelasan harga plitur 2020, semoga mampu menjadi patokan list harga sebelum Anda menentukan pilihan plitur.

Perhatikan! Maka Anda Dapatkan Harga Plitur Terbaik 2020 Sesuai Dengan Kebutuhan Anda.

Penggunaan plitur akan terus digunakan oleh pengguna ataupun produsen mebel/kerajinan tangan untuk menampilkan serat kayu furniture agar tampil lebih apik dan mengesankan. Untuk mengaplikasikan plitur, alangkah baiknya mengaplikasikan amplas terlebih dulu agar permukaan lebih rata dan tidak tertinggal bekas cat atau kotoran. Selanjutnya, Anda bisa aplikasikan plitur. Berikut harga plitur kayu 2020 yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

Produk Harga/satuan
Mowilex Rp.65.000,-/1can
Propan Rp. 63.000,-/1can
Alina Rp. 55.000,-/1can
Belazio Rp. 60.000,-/1can
Aqua politur Rp. 63.000,-/1can
Ultran Yunior P-05 Rp. 45.000,-/1can
Ultran Politur P-03 UV Rp. 63.000,-/1can
Ultan Politur P-01 Rp. 58.000/1can
Impra Wood Stain WS-162B Rp. 61.000,-/1can
Dulux Wethearshield Gloss Warna Standar Rp. 70.000,-/1can
Dulux Weathershield Gloss Warna Khusus Rp. 80.000,-/1can

Setelah Anda perhatikan harga-harga plitur 2020 tersebut, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Atau Anda dapat memilih untuk menggunakan plitur aman dan ramah lingkungan. Plitur tersebut merupakan salah satu plitur yang dapat menggantikan plitur konvensional.

Jenis Plitur Apakah Yang Aman?

Plitur aman merupakan salah satu pengganti plitur konvensional. Plitur yang berbahan minyak merupakan plitur yang tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka lama karena kandungan kimianya yang tinggi. Sehingga plitur tersebut dapat mengganggu kesehatan Anda. Dampak yang dapat diakibatkan antaranya adalah pusing-pusing, mata pedih, iritasi kulit, gangguan hati, gangguan sistem syaraf, bahkan sampai terserang kanker. Maka dari itu, banyak daerah di luar negeri seperti Amerika dan Eropa menghentikan penggunaan cat solvent based seperti plitur konvensional dalam finishing furniture baik interior ataupun eksterior. Di negara-negara tersebut lebih memilih menggunakan cat water based atau cat berpelarut air sejak belasan tahun lalu karena bahannya yang aman, tidak mencemari lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan manusia. Sedangkan di Indonesia telah menggunakan cat water based sejka 5 tahun terakhir.

Maka dari itu, sangat disarankan menggunkaan cat water based untuk mengaplikasikan berbagai furniture demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan orang sekitar serta tidak mencemari lingkungan sekitar. Cat water based di Indonesia telah berkembang, banyak produsen telah memproduksi dan mengembangkan cat water based karena banyaknya permintaan dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan cat untuk kesehaan manusia. Cat water based yang dapat Anda gunakan adalah Biovarnish. Plitur tersebut merupakan plitur berbahan dasar water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Biovarnish sangat cocok digunakan sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum selain juga memiliki ketahanan yang bagus, cepat kering, tidak berbau dan tidak beracun. Plitur tersebut dijual dengan harga Rp. 81.000,-.

Apakah Anda tertarik menggunakan plitur aman dan ramah lingkungan seperti Biovarnish? Anda cemas jika kesehatan terganggu karena kandungan plitur konvesional? Anda dapat memesan atau menanyakan lebih lanjut Biovarnish ke Customer Service Bio Industries via telp pada kontak hotline yang sudah tertera di website ini.. Produk cat water based Bio Industries merupakan cat water based dengan menggunakan bahan sesuai standarisasi keamanan Internasional seperti  US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Biovarnish tidak hanya plitur saja seperti Biovarnish Liquid Stain atau Biovarnish Wood Stain namun juga produk finishing natural kayu lainnya seperti Biovarnish Wood Filler (dempul), Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze. Produk-produk finishing tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan finishing yang akan Anda lakukan. Nah, untuk finishing natural kayu menggunakan Biovarnish maka perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan media finishing yang akan digunakan untuk memperhalus permukaan, membersihkan dari berbagai noda dan meratakan permukaan media finishing agar mudah dilapisi cat
  • Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu sekaligus menyamarkan cacat pada media finishing. Caranya, larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aplikasikan dengan pisau palet atau sejenisnya ke permukaan media finishing. Diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan. Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • Gunakan Biovarnish Liquid Stain untuk pewarnaan. Larutkan air terlebih dahulu lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan media finishing menggunakan kuas atau spray gun. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam tampilan coating. Cara pengaplikasian mirip dengan tahap diatas yakni setelah diaplikasikan maka diamkan selama 60 menit. Nah, untuk metode finishing yang digunakan pada tahap sanding sealer ini disarankan dengan cara disemprot karena hasilnya lebih maksimal. Setelah kering sentuh, tinggal amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Tahap akhir, gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan media finishing. Jika sudah diaplikasikan, diamkan selama semalaman hingga furniture tersebut dapat digunakan atau di packing. Ingat ya, setelah finishing furniture bisa langsung digunakan karena tidak mengeluarkan bau menyengat, rendah VOC dan tidak beracun sehingga lebih aman ketika akan digunakan.

Jadi, untuk menampilkan warna transparan agar serat-serat kayu terlihat gunakan plitur dengan warna sesuai dengan kehendak Anda. Pilihan kembali ada di tangan Anda, namun alangkah baiknya menggunakan plitur aman dan ramah lingkungan demi keamanan dan kenyamanan keluarga Anda. Semoga dengan ulasan tentang harga plitur 2020 ini dapat memudahkan Anda untuk memilih plitur yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here